RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental
Kelas/Semester : XI / 1(Satu)
Materi Pokok : Sauce (turunan
sauce)
Alokasi Waktu :
6 x 2 Pertemuan @45 menit
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual dan prosedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1.
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui berbagai keterampilan
mengolah dan menyajikan makanan Kontinental sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang
dianutnya
2.1.
Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengolah dan
menyajikan makanan continental
2.2.
Menunjukkan
perilaku ilmiah (jujur,disiplin,tanggung jawab, peduli,santun,ramah lingkungan,
gotong royong ) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap profesional
2.3.
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari –hari sebagai wuju dimplementasi sikap kerja
3.2.
Membedakan sauce dan turunannya
4.2.
Membuat dan menyajikan sauce dan turunannya
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1.
Menunjukkan sikap taat menjalankan ajaran agama
2.1.1.
Menunjukkan sikap rasa ingin
tahu dalam pembuatan sauce
2.2.1.
Menunjukkan sikap jujur dalam pembuatan sauce
2.2.2.
Menunjukkan sikap teliti dan cermat dalam pembuatan
sauce
2.2.3.
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam pembuatan sauce
2.2.4.
Menunjukkan sikap peduli dalam pembuatan sauce
2.2.5.
Menunjukkan sikap ramah lingkungan dalam pembuatan
sauce
2.2.6.
Menunjukkan sikap dapat bekerjasama dalam pembuatan sauce
3.2.1.
Mendeskripsikan pengertian sauce
3.2.2.
Menjelaskan fungsi sauce
3.2.3.
Menjelaskan jenis-jenis sauce dasar
3.2.4.
Menjelaskan karakteristik setiap jenis sauce dasar
3.2.5.
Menjelaskan pengertian turunan sauce
3.2.6.
Menguraikan turunan sauce dasar
3.2.7.
Memilih jenis sauce yang sesuai dengan jenis
hidangan
4.6.1.
Menyiapkan bahan untuk membuat berbagai macam sauce dan turunannya
4.6.2.
Menyiapkan alat untuk membuat berbagai macam
sauce dan turunannya
4.6.3.
Membuat berbagai macam sauce dan turunannya sesuai
kriteria hasil
4.6.4.
Menyajikan berbagai macam
sauce dan turunannya
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah kegiatan diskusi dan mencoba
melalui kerjasama, toleransi, dan tanggung jawab , siswa dapat :
1. Menjelaskan 1
pengertian turunan sauce
2. Menguraikan
jenis-jenis turunan sauce dengan santun
3. Memilih jenis
sauce yang sesuai dengan jenis hidangan
4. Menjelaskan 2
bahan pokok untuk pembuatan turunan sauce
5. Menjelaskan
fungsi dari bahan pokok untuk pembutan turunan sauce
6. Mendeskripsikan
mutu dari bahan pokok untuk pembuatan turunan sauce
7. Menyiapkan bahan untuk membuat berbagai macam
turunan sauce
8. Menjelaskan 3
jenis alat utama untuk pembutan turunan sauce
9. Menjelaskan
fungsi dari alat utama untuk membuat turunan sauce
10. Menyiapkan alat
untuk membuat berbagai macam turunan sauce
11. Menjelaskan
cara membuat turunan sauce
12. Membuat berbagai macam turunan sauce sesuai teknik
pengolahan, kriteria hasil dan aspek sanitasi dan hygiene
13. Menjelaskan 3
persyaratan peyajian turunan sauce
14. Menyajikan berbagai macam turunan sauce sesuai
dengan standar porsi, suhu penyajian dan teknik penyajian
15. Menerangkan
cara penyimpanan turunan sauce
16. Menyimpan
turunan sauce
E.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
turunan sauce
2. Bahan dan alat
pembuatan berbagai macam turunan sauce
3. Cara pembuatan
berbagai macamturunan sauce
4. Proses yang
terjadi selama proses pengolahan turunan sauce
5. Kriteria hasil
pengolahan turunan sauce
6. Penyimpanan turunan
sauce
F.
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN KE 1 :
Kegiatan
|
Metode Pembelajaran : Inquiry
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1. Guru mengucapkan salam pada
siswa.
2. Guru meminta pada siswa untuk
mengecek kebersihan kelas .
3. Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin berdoa sesuai
dengan agama dan keyakinan masing-masing.
4. Guru mengabsen kehadiran siswa
5. Guru meminta siswa menceritakan apa yang
sudah dipelajari dipertemuan sebelumnya
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, siswa menyimak dan mencatatnya.
7. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa
untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
8. Guru mengkondisikan kelas dan
siswa untuk diskusi kelompok.
|
25 menit
|
Inti
|
Orientasi masalah
Pengumpulan data dan verifikasi
Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi
Analisis proses inquiry
|
1.
Mengamati
·
Siswa diberi
berbagai topik yang berbeda di setiap kelompok
-
Pengertian sauce
-
Jenis-jenis sauce
-
Mengenali karakteristik setiap jenis sauce
-
Turunan sauce
-
Bahan dan alat untuk pembuatan berbagai macam sauce
-
Pembuatan berbagai macam sauce
-
Proses yang terjadi selama proses pengolahan
-
Kriteria hasil pengeolahan sauce
-
Penyimpanan sauce dan turunannya
2.
Menanya
·
Siswa
membuat berbagai pertanyaan terkait topik yang telah diberikan
3.
Mengumpulkan Data
·
Siswa mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengumpulkan data terkait dengan topik kelompok yang ditentukan, lalu melakukan analisis dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah
dibuatnya.
·
Siswa mencatat
data hasil diskusi kelompok
·
Selama kegiatan
berlangsung guru melakukan pengamatan sikap terkait dengan kedisiplinan,
tanggungjawab, kerjasama, dan prakarsa siswa, serta mencatat semua hal
/peristiwa yang terjadi di kelas.
4.
Mengasosiasi
·
Setiap kelompok melakukan analisis hasil diskusi kelompok tentang topik yang telah ditentukan
·
Setiap kelompok mengkoreksi hasil diskusi
kelompok sebelum dipresentasikan di depan kelas.
5.
Mengkomunikasikan
·
Semua kelompok mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil
diskusinya.
·
Guru mengingatkan aturan yang
harus dipatuhi oleh masing-masing kelompok saat presentasi dilakukan, dan
mengingatkan pentingnya toleransi, peduli, dan sikap santun saat menjawab dan
mengajukan pertanyaan`
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·
Guru menyimak presentasi dari masing-masing kelompok sambil menilai
hasil kerja siswa.
·
Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir diskusi.
|
270 menit
|
Penutup
|
|
1. Guru meminta siswa membuat
rangkuman atau kesimpulan hasil diskusi dari kelompok lain
2. Guru memberi umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Guru menyampaikan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok, yaitu mencari resep berbagai sauce sesuai dengan
klasifikasi yang telah dipelajari
4. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
20 menit
|
PERTEMUAN KE 2 :
Kegiatan
|
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1. Guru mengucapkan salam pada
siswa.
2. Guru meminta pada siswa untuk
mengecek kebersihan kelas .
3. Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin berdoa sesuai dengan
agama dan keyakinan masing-masing.
4. Guru mengabsen kehadiran siswa
5. Sebagai appersepsi, perwakilan
siswa di minta untuk menceritakan apa yang telah di pelajari pada pertemuan
sebelumnya.
6. Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa
untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
7. Guru mengkondisikan kelas dan
siswa untuk menyiapkan alat dan
bahan untuk praktik membuat macam-macam sauce.
|
25 menit
|
Inti
|
Orientasi masalah
Pengumpulan data dan verifikasi
Pengorganisasian dan formulasi
eksplanasi
Analisis proses inquiry
|
1.
Mengamati
·
Setiap kelompok mengamati contoh gambar/
photo yang telah dibawa
oleh masing-masing
kelompok.
·
Selain
gambar dan foto siswa juga melakukan pengamatan dari video tentang cara
membuat lipatan daun
·
Diharapkan
dengan mengamati tayangan tersebut siswa dapat menemukan bentuk lipatan daun
yang berbeda
2.
Menanya
·
Masing-masing
kelompok saling berdiskusi berkaitan dengan cara membuat berbagai macam sauce
·
Siswa membuat
pertanyaan tentang mengolah
berbagai macam sauce
3.
Mengumpulkan Data
· Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengolah berbagai macam
sauce hasil pengamatan dan diskusi
kelompok
· Siswa mengolah berbagai macam sauce yang ditemukan untuk setiap kelompok
4.
Mengasosiasi
· Masing-masing kelompok menganalisis hasil olahan sauce pada
masing-masing kelompok
· Kelompok menyiapkan hasil analisinya untuk
dipresentasikan
5.
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan hasil sauce yang telah dibuat
|
270 menit
|
Penutup
|
|
1.
Guru
memberikan penguatan dari hasil pembelajaran pada pertemuan itu
2.
Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman
atau kesimpulan hasil diskusi.
3.
Guru memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
4.
Guru menutup
pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
20 menit
|
G.
Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat : Peralatan
pengolahan makanan
Bahan :
Bahan makanan sesuai dengan bahan yang digunakan dalam
pengolaha sauce
Media : video dan gambar berbagai pengolahan sauce
Sumber :
H. Penilaian
NO.
|
ASPEK
|
JENIS/TEKNIK
|
INSTRUMEN
|
1.
|
Sikap
|
Non tes :
· Observasi
· Jurnal
|
·
Observasi
·
Form
jurnal
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes
· Tertulis
Non Tes
· Penugasan
|
· Soal tes tertulis
· Lembar tugas
· Lembar penilaian tugas
|
3.
|
Ketrampilan
|
Non Tes
·
Unjuk
kerja
Tes
· Tes tertulis
|
· Lembar penilaian unjuk kerja
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : P2M
Kontinental
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Materi Pelajaran :
Sauce
FORMAT PENILAIAN
SIKAP
|
|||||||||||||||||||||
MATA PELAJARAN
|
: P2M
Kontinental
|
||||||||||||||||||||
KELAS/ SEMESTER
|
: XI JASA BOGA / 1
|
||||||||||||||||||||
MATERI PELAJARAN
|
: Sauce
|
||||||||||||||||||||
NO
|
NAMA
|
SIKAP YANG
DIAMATI
|
|||||||||||||||||||
DISIPLIN
|
KERJASAMA
|
KREATIFITAS
|
TANGGUNG
JAWAB
|
TELITI
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
1.
|
DISIPLIN
|
1. Hadir di kelas tepat waktu
2. Mengikuti tatap muka dari awal hingga akhir
3. Rapih berpakaian sesuai ketentuan yang berlaku
4. Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
|
2.
|
KERJASAMA
|
1. Tidak mendominasi di dalam kelas
2. Menerima pendapat orang lain
3. Berbagi informasi dengan teman lain
4. Bersikap toleran kepada teman lain
|
|
|
4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
|
3.
|
PRAKARSA
|
1. Mengajukan saran/gagasan dalam kelas/kelompok
2. Mengajukan pernyataan yang mersangkut paut
dengan materi
3. Kreatif dalam belajar
4. Memberikan respon perkembangan kelompok
|
|
|
4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
|
4.
|
TANGGUNG JAWAB
|
1. Melakukan tugas
2. Komitmen terhadap tugas
3. Konsekwen terhadap tindakan yang dilakukan
4. Peduli terhadap tugas
|
|
|
4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN PRAKTIK
Mata Pelajaran : P2M
Kontinental
Kelas/Semester : XI/1
Waktu Pengamatan :
NO
|
NAMA SISWA
|
Komponen/Sub
komponen yang dinilai
|
NILAI AKHIR
|
|||||
Persiapan alat
|
Persiapan bahan
|
Proses
|
Hasil
|
Sikap kerja
|
Waktu
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KRITERIA PENILAIAN
tes Praktik/ unjuk
kerja
No.
|
Komponen/Subkomponen Penilaian
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I.
|
Persiapan Kerja
|
||
1.1 Menyiapkan peralatan
|
Lengkap sesuai kebutuhan pada resep yang akan dibuat
|
4
|
|
Peralatan kurang 2 macam
|
3
|
||
Peralatan kurang 3 macam
|
2
|
||
Peralatan kurang 4 macam
|
1
|
||
Tidak melakukan persiapan alat
|
0
|
||
1.2 Menyiapkan
Bahan
|
Lengkap sesuai resep yang akan di buat
|
4
|
|
Bahan kurang 1
|
3
|
||
Bahan kurang 2
|
2
|
||
Bahan kurang 3
|
1
|
||
Tidak melakukan persiapan bahan 0Ti
|
0
|
||
II
|
Proses
(Sistematika dan CaraKerja)
|
||
|
Teknik
penggunaan alat benar, penanganan bahan benar sistimatika benar dan
menerapkan K3 selama bekerja
|
4
|
|
Satu indikator tidak terpenuhi
|
3
|
||
Dua indikator tidak terpenuhi
|
2
|
||
Tiga indikator tidak terpenuhi
|
1
|
||
Tidak melakukan seluruh kriteria yang ditentukan
|
0
|
||
III
|
Hasil Kerja
|
||
|
Sangat Baik
|
4
|
|
|
|
Baik
|
3
|
Cukup Baik
|
2
|
||
Kurang Baik
|
1
|
||
Tidak Baik
|
0
|
||
|
|
||
IV
|
Sikap Kerja
|
||
4.1 Penggunaan
alat
|
Semua kriteria persyaratan terpenuhi
|
4
|
|
Satu persyaratan tidak terpenuhi
|
3
|
||
Dua persyaratan tidak terpenuhi
|
2
|
||
Lebih dari dua persyaratan tidak terpenuhi
|
1
|
||
Tidak sesuai dengan persyaratan
|
0
|
||
4.2 Keselamatan
kerja
|
Semua kriteria persyaratan terpenuhi
|
4
|
|
Satu persyaratan tidak terpenuhi
|
3
|
||
Dua persyaratan tidak terpenuhi
|
2
|
||
Lebih dari dua persyaratan tidak terpenuhi
|
1
|
||
Tidak sesuai dengan persyaratan
|
0
|
||
V
|
Waktu
|
||
5.1 Waktu
penyelesaian
|
25% lebih
cepat
|
4
|
|
15% lebih
cepat
|
3
|
||
Tepat Waktu
|
2
|
||
Tidak selesai tepat waktu
|
1
|
||
Tidak
selesai
|
0
|
Tes Tertulis
No
|
Soal
|
Kunci
jawaban
|
Skor
|
1
|
Sebutkan Pengertian sauce
|
cairan yang biasanya dikentalkan dengan salah satu bahan pengental, sehingga
menjadi menjadi setengah cair (semi liquid), dan
disajikan bersama daging, ikan
atau kue-kue manis dengan maksud untuk
mempertinggi kualitas makanan tersebut
|
10
|
2
|
Jelaskan fungsi sauce
|
1. Menambah rasa
dan kelezatan suatu masakan
2. Memberi cairan pada makanan, sehingga memberikan
kelembaban.
3. Mempertinggi aroma makanan.
4. Meningkatkan penampilan dalam warna dan kilau.
5. Mempertinggi nilai gizi.
|
20
|
3
|
Sebutkan 2 macam turunan dari veloute sauce
|
1. Aurora sauce
2. Hungarian sauce
|
10
|
4
|
Sebutkan 3 macam pengelompokan bahan yang digunakan
dalam pengolahan sauce
|
1.
Bahan cair
2.
Bahan Pengental
3.
Bahan pengaroma dan bumbu
|
10
|
SOAL TES TERTULIS
UNTUK KETERAMPILAN
|
|||
7
|
Jelaskan Kriteria persiapan alat dan bahan dalam pembuatan sauce
|
1.
Bahan
Bahan yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik
serta mengenal karakteristik setiap bahan yang digunakan karena akan
berpengaruh pada sauce yang dihasilkan
2.
Alat
Alat yang digunakan memiliki kualitas yang baik hal ini
ditunjukkan dengan alat tersebut dapat bekerja sesuai dengan fungsinya
masing-masing
|
25
|
8
|
Sebutkan cara penyimpanan sauce dasar roux
|
Saus dasar roux disimpan dengan
cara
a. Au’bain marie
b. Ditutup dengan kertas roti yang dialas mentega
c. Bila terlalu kental dicairkan
dengan susu/stock, bila terlalu cair dikentalkan dengan bahan pengental.
|
25
|
Jumlah
|
100
|
|
|
|
|
|
|
Belum ada tanggapan untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan SMK Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Kelas/Semester XI / 1(Satu) Materi Pokok Sauce (turunan sauce) "
Post a Comment