CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK)
LATIHAN PRAMUKA
Satuan Pendidikan : SMP Merah Putih
Kelas/Semester : VII/1
Golongan :
Penggalang Ramu
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Syarat-syarat
Kecakapan Umum (SKU):
1.
Menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang.
2.
Mengucapkan
Salam Pramuka, Motto, dan
menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
3.
Menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara
menggunakan bendera merah putih.
A. Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK):
1.
Mengucapkan isi Dasa Dharma dan Tri Satya dengan hafal dan
lancar.
- Mengucapkan salam Pramukadan motto Gerakan Pramuka.
- Menjelaskan maksud serta penggunaan salam.
- Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
- Menjelaskansejarah bendera kebangsaan Indonesia.
- Menjelaskan cara menggunakan bendera kebangsaan Indonesia.
- Menjelaskanmakna kiasan warna merah putih pada bendera Indonesia.
B. Indikator
1. Mengucapkan isi Tri satya tanpa menggunakan
teks (hafal).
2. Menunjukkan contoh pengamalan isi Tri
Satyadalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengucapkan isi Dasa Darma tanpa
menggunakan teks (hafal).
4. Menunjukkan contoh pengamalan Dasa
Darma dalam kehidupan sehari-hari.
5. Mengucapkan salam pramuka.
6. Menjelaskan motto Gerakan Pramuka.
7. Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
8. Menceritakan sejarah bendera Indonesia.
9. Menjelaskan makna warna merah putih pada bendera Indonesia.
10. Menjelaskan cara menggunakan bendera.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan, kerja kelompok, dan
praktik, peserta didik dapat:
1. Menjelaskan isi Tri satya, Dasa
Dharma, dan Pancasila
2. Menunjukkan contoh pengamalan isi Tri
Satya, Dasa Dharma, dan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengucapkan salam pramuka, motto Gerakan Pramuka, dan penggunaannya.
4. Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
5. Menceritakan sejarah, makna warna bendera Indonesia, dan cara menggunakan
bendera.
D. Materi
Ajar
1.
Pengenalan Kode Kehormatan
Pramuka.
Kode
Kehormatan adalah suatu norma atau nilai-nilai luhur dalam kehidupan para
anggota Pramuka yang merupakan ukuran atau Standar tingkah laku anggota
GerakanPramuka.
Kode
kehormata digolongan penggalang ada 2, yaitu: Janji yang berupa Tri Satya dan ketentuan Moral (darma) berupa Dasa Darma.
2. Contoh-contoh
penerapan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari.
3. Salam
Pramuka, motto, lambing Gerakan Pramuka.
4. Bendera
Kebangsaan Indonesia:
a. Sejarah
bendera Indonesia
b. Makna
warna bendera
c. Cara
penggunaan bendera.
E. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. Diskusi
3. Game
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Upacara penggalang dan mengecek kehadiran, serta kesiapan peserta didik
untuk mengikuti latihan.
b. Menyampaikan tujuan kegiatan latihan pada pertemuan hari itu.
2. Kegiatan
inti (Waktu: 50 menit)
a. Peserta didik membaca teks Tri Satya dan Dasa Dharma.
b. Melakukan tanya jawab tentang makna isi dari Tri Satya dan Dasa
Dharma, contoh-contoh pengamalan Tri
Satya dan Dasa Dharma dalam
kehidupan sehari-hari.
c. Membentuk kelompok yang terdiri atas 10 orang anggota.
d. Setiap anggota memilih nomor dari Tri Satya dan Dasa Dharma untuk dihafal selama 10 menit.
e. Meminta
setiap regu berbaris dengan ketua regu di depan barisan, dan diberi garis start. Jika pembina membunyikan peluit
maka anggota regu yang berada di paling depan berlari menuju garis finish dan mengucapkan isi dasa darma
yang pertama kemudian kembali ke barisannya, langsung disusul barisan yang
menempati urut kedua mengucapkan isi Dasa
dharma yang kedua, dan seterusnya. Regu yang paling cepat selesai dan tidak
salah dalam pengucapan akan memenangkan lomba.
f. Melakukan
hal yang sama (lomba menghafal) untuk kode kehormatan Tri Satya.
g. Peserta
didik mendengarkan kalimat salam pramuka, dan motto Gerakan Pramuka.
h. Tanya
jawab tenatang makna dan penggunaan salam.
i. Peserta didik secara berpasangan bergantian mengucapkan salam dan motto
Gerakan Pramuka. Pengucapan secara bergantian dilakukan berulang-ulang hingga
hafal.
j. Peserta didik secara berkelompok
diminta mengamati lambang Gerakan Pramuka,
k. Mendiskusikan makna kiasan lambang dan menuliskannya di bawah gambar
lambang Gerakan Pramuka.
l. Peserta didik menempelkan gambar lambang dan hasil rumusan makna kiasan
lambang Gerakan Pramuka di dinding kelas atau di tempat yang dapat dipajangkan
hasil kerja mereka.
m. Meminta peserta didik mengamati bendera merah putih, kemudian membaca teks
tentang sejarah bendera kebangsaan Indonesia.
n. Diskusi tentang makna warna merah putih dan sejarah bendera dan menemukan
nilai-nilai di balik sejarah tersebut.
o. Peserta didik difasilitasi pembina untuk mempraktikkan cara penggunaan
bendera merah putih, antara lain cara penggunaan dalam memasang, melepas, dan
menyimpan bendera.
p. Pembina mengklarifikasi aktifitas siswa dan memberi penguatan.
3. Kegiatan Penutup
(Waktu : 15 menit)
a. Pembina dan peserta didik
menyimpulkan materi latihan hari itu.
b. Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang renungan/refleksi
manfaat yang telah diperoleh pada
kegiatan latihan hari itu.
c. Pembina melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan secara lisan,
yaitu mengucapkan Ttri Satya dan Dasa Dharma
tanpa bantuan teks.
d. Menugaskan peserta didik untuk
menulisTri satya dan Dasa darmapada selembar
kertas dan ditempel di dinding kamar untuk mengingatkan.
e. Pembina memberi pesan moral untuk
tetap menjunjung tinggi kode etik Penggalang.
f. Upacara penutupan.
E. Sumber Belajar
1. Buku Saku Pramuka
2. Lingkungan/lapangan
3. Pluit.
4. Teks Dasa Dharma dan Tri Satya.
5. Gambar lambang Gerakan pramuka.
6. Bendera merah putih.
7. Teks sejarah bendera merah putih.
F. Penilaian
Penilaian sikap selama
proses latihan
Penilaian Kinerja
Tes Uraian
Menyetujui : Nabire,
..............2014
Ka. MABIGUS Pembina Gugus Depan
___________ _____________
Lampiran
1. Penilaian Sikap.
Rubrik Penilaian Sikap
No.
|
Nama Peserta didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Kedisiplinan
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Aspek
Kedisiplinan
Skor 3 = mengerjakan
tugas sesuai prosedur dan tepat waktu
2 = mengerjakan
tugas sesuai prosedur/tepat waktu
1 = tidak mengerjakan tugas sesuai prosedur dan
tidak tepat waktu
Aspek Keaktifan
Skor 3 = melakukan
pengamatan, pencatatan dan urun
pendapat/solusi
2 = melakukan pengamatan/pencatatan/urun
pendapat atau solusi
1 = tidak melakukan pengamatan, pencatatan dan
tidak urun pendapat/solusi
Aspek
Kerjasama:
Skor 3
=melakukan pengamatan, pencatatan dan penyelesaian tugas secara bersama
2=melakukan
pengamatan/pencatatan/penyelesaian tugas secara bersama
Predikat Nilai
|
Skor Maksimum
adalah 3 x 3 = 9
2. Penilaian Kinerja
Rubrik Penilaian Kinerja Mengucapkan Kode Etik
Penggalang
No.
|
Nama Peserta didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan isi Dasa Dharma
|
Ketepatan
isi Tri Satya
|
Keberanian
|
Nada dan suara
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Ketepatan
Isi Dasa Dharma
Skor 3 =Mengucapkan
seluruh isi Dasa Dharma dengan benar
2=Mengucapkan
sebagian lebih isi Dasa Dharma
1=Mengucapkan
kurang dari separuh isi Dasa Dharma.
Ketepatan
Isi Tri Satya
Skor 3 =Mengucapkan
seluruh isi Tri Satya dengan benar
2=Mengucapkan
dua isi Tri Satya
1=Mengucapkan
satu atau saalah semu dari separuh isi Tri
Satya
Keberanian:
Skor 3 =Berani
menatap teman dan percaya diri
2 =Berani menatap teman tetapi kurang
percaya diri
1 =Tidak berani menatap teman dan tidak
percaya diri
Nada
dan suara
Skor 3 =Jelas, tegas, dan keras
2 =Jelas,
tegas, tetapi suara kurang keras/lemah
1 =Kurang jelas, tidak tegas, dan suara
lemah
Predikat Nilai
|
Skor Maksimum adalah 3 x 4 = 12
3. Tes lisan:
Ucapkan isi Dasa Dharma tanpa bantuan teks! (skor
10)
Ucapkan isi Tri Satya tanpa bantuan teks. (Skor 3)
Predikat Nilai
|
Belum ada tanggapan untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN [RPK] LATIHAN PRAMUKA"
Post a Comment