RPP Kewirausahaan Program Keahlian Jasa Boga Kelas XI

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
     ( RPP )


                                    Satuan  Pendidikan                SMK 
                                    Mata Pelajaran                       Kewirausahaan
                                    Program Keahlian                  Jasa  Boga
                                    Kelas / Semester                      XI   3
                                    Alokasi Waktu                       :     45 Menit


A.  Standar Kompetensi
      Melakukan  Pengelolaan  Usaha  Boga
B.  Kompetensi   Dasar
Merencanakan  Pemasaran
C.  Indikator  Penilaian
1.      Mampu mendefinisikan  pengertian pemasaran.
2.      Mampu menjabarkan strategi dari pemasaran.
3.      Mampu menentukan azas pemasaran.
4.      Mampu menentukan sifat, mental, karakter dan sosial penjual / bagian pemasaran.
5.      Mampu menyebutkan cara mengadakan kontak dengan calon pembeli atau pelanggan.
6.      Mampu menguraikan cara menghadapi pembeli / pelanggan.
7.      Mampu menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjualan.
8.      Mampu mengemukakan teknik mendorong untuk membeli.
9.      Mampu menjelaskan teknik mengendalikan keberatan pembeli.
10.  Mampu menjelaskan teknik menutup pembicaraan.
11.  Mampu mensimulasikan /  bermain peran sebagai seorang penjual yang profesional.
D.  Tujuan Pembelajaran
       Mampu merencanakan pemasaran.
E.   Materi Pembelajaran
1.      Pengertian  pemasaran.
2.      Strategi pemasaran.
3.      Azas  pemasaran.
4.      Sifat, mental, karakter dan sosial penjual.
5.      Cara mengadakan kontak dengan calon pembeli / pelanggan.
6.      Cara menghadapi pembeli / pelanggan.
7.      Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjualan.
8.      Teknik mendorong untuk membeli.
9.      Teknik mengendalikan keberatan pembeli.
10.  Teknik menutup pembicaraan

F.   Metoda  Pembelajaran
1.      Model  Pembelajaran               CBSA
2.      Metode Pembelajaran              Ceramah
                                                         Pemberian Tugas
   Tanya Jawab
   Pengamatan

G.  Skenario Pembelajaran / Langkah-langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
-          Appersepsi
Penjual mempunyai peranan yang paling penting dalam pemasaran, karena menjadi tulang  punggung kegiatan mencapai pasar yang dituju. Penjualan juga merupakan sumber pendapatan yang diperlukan untuk menutup ongkos-ongkos produksi dengan harapan bisa  mendapatkan laba.
-          Motivasi
Siswa  ditugaskan untuk melakukan  observasi dengan melakukan pengamatan kepada beberapa orang penjual. Bagaimana mereka melayani pembeli , kemudian ditugaskan untuk mengomentari.
b.      Kegiatan  Inti
§  Cek kehadiran siswa
§  Appersepsi
§  Memberikan materi
§  Mengadakan tanya jawab
§  Post Test
§  Pemberian Tugas
§  Presentasi
§  Evaluasi hasil
c.       Kegiatan  Akhir
Refleksi
Menegaskan dan menyimpulkan materi yang dipelajari , memberikan evaluasi, memeriksa hasil evaluasi, menganalisa hasil evaluasi dan mengadakan tindak lanjut.
Koreksi
Memberikan penjelasan tentang hal-hal yang belum dikuasai oleh siswa.

H.  Sumber Belajar
      Literatur
1.      Dr. H. Ating Tedjasutisna, Memahami  Kewirausahaan.
2.      Media informasi dan Komunikasi, Penjual dan Pembeli yang Sebenarnya.
Media
§  Rumus Harga Pokok dan Harga Jual


I.    Penilaian  Hasil  Belajar
1.      Metoda             Lisan dan  tulisan
2.      Bentuk                         Essay
                                 Pilihan Ganda
                           Presentasi
                           Pengamatan

Instrumen
1.      Apakah yang dimaksud dengan pemasaran !
2.      Sebutkan 4  strategi pemasaran !
3.      Sebutkan 2 azas pemasaran !
4.      Sebutkan minimal 4 sifat, mental, karakter dan sosial penjual !
5.      Uraikan secara singkat bagaimana cara mengadakan kontak dengan calon pembeli !
6.      Jelaskan secara singkat bagaimana cara menghadapi pembeli !
7.      Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjualan !
8.      Jelaskan bagaimana teknik mendorong untuk membeli !
9.      Bagaimana teknik mengendalikan keberatan pelanggan ?
10.  Jelaskan bagaimana teknik menutup pembicaraan !
11.  Coba anda peragakan :
a.       Cara berbicara melalui  telepon
-          Sebagai penerima.
-          Sebagai penelepon.
b.      Memberikan perhatian yang wajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan ( Di toko Kue ).
c.       Cara pendekatan terhadap pembeli
1.      ………..                      2.   ……………………          3…………………
d.      Teknik mengendalikan keberatan pembeli.
Contoh : Bantahan yang diperhalus

Kunci Jawaban
1.      Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli yang potensial.
2.      Strategi pemasaran
a.       Produckt ( Produk )
Artinya produk apa yang akan kita jual, kualitasnya, warnanya dan ukurannya. Apabila kita bergerak dalam bidang jasa, maka jasa apa yang akan kita sediakan misalnya jasa dalam bidang dekorasi ruang, pramusaji atau konsultan gizi.

b.      Price ( harga )
Harga adalah nilai uang yang akan kita kenakan kepada pelanggan untuk produk kita. Harga mencakup potongan yang akan kita berikan . Syarat-syarat pembayaran tunai atau kredit.
c.       Place ( tempat )
-          Tempat atau lokasi dekat dengan pelanggan.
-          Harus dekat dengan pemasok bahan.
-          Kemudahan untuk pendistribusian produk ( untuk Pabrikan )
-          Sewa tempat yang murah.
d.      Promotion ( Promosi )
Promosi adalah memberikan informasi kepada pelanggan dan menarik mereka agar mau membeli produk kita. Ada tiga macam cara promosi yang dapat kita gunakan :
1).  Iklan
 Memasang iklan di surat kabar atau di radio.
 Membuat poster, pamplet, kartu nama.
2).  Desiminasi
Promosi bebas melalui artikel  tentang usaha baru di surat kabar atau majalah setempat.
3).  Promosi penjualan.
Misalnya melalui peragaan,  mengadakan demonstrasi , kompetisi dan memberikan sampel.
3.      Azas-azas pemasaran
A.    Pengetahuan tentang diri sendiri.
Sebelum mengenal para pembeli, seorang penjual terlebih dahulu harus mengenal dirinya sendiri. Usaha ini dapat dilakukan  dengan mengjukan beberapa pertanyaan dan harus dijawab dengan jujur.
Contoh :
Termasuk tipe manusia yang bagaimana saya ini
1).  Orang yang ramah atau sebaliknya.
2).  Orang yang selalu bergembira atau sebaliknya.
3).  Orang yang lekas marah atau sebaliknya.
4).  Orang yang suka bergaul atau sebaliknya.
5).  Orang yang mau melayani atau sebaliknya.
6).  Orang yang lekas bosan atau sebaliknya.
B.  Pengetahuan tentang barang yang akan dijual.
Seorang penjual yang pandai  harus dapat mengetahui secara mendalam mengenai barang-barang yang akan dijualnya terutama kualitasnya, kekuatannya, modelnya, cara penggunaannya dan sebagainya.

A.    Pengetahuan tentang Calon Pembeli
Hal  yang paling penting bagi seorang penjual adalah harus mengetahui sinpa calon pembeli. Dari golongan pembeli apa, bagaimana sifatnya, tabiatnya, karakternya. Sebagai seorang penjual harus dapat mengenal segala hal yang berkaitan dengan ribuan orang yang berbeda-beda kemauannya.
4.      Sifat, mental, karakter dan sosial penjual
Sifat
Mental
Karakter
Sosial
·     Penuh inisiatif
·     Penuh perhatian
·     Tidak putus asa
·     Ketajaman  ingatan
·     Mudah bergaul
·     Selalu gembira
·     Periang
·     Lurus hati
·     Disiplin
·     Sopan santun
·     Bijaksana
·     Jujur
·     Mempunyai daya imajinasi
·     Berinisiatif
·     Percaya diri
·     Mempunyai keahlian
·     Bertanggung jawab
·     Berani
·     Simpatik
·     Optimis
·     Kontrol
·      Patuh
·      Tepat waktu
·      Sungguh-sungguh
·      Kesetiaan
·      Rajin
·      Teliti
·      Tulus hati
·      Hati-hati
·     Tenang dan tabah
·     Sikap mau bekerja
·     Simpatik
·     Toleransi
·     Pandai bergaul
·     Lancar berbicara
·     Sopan santun
·     Bijaksana
·     Halus budi pekertinya.

5.      Cara mengadakan kontak dengan pembeli
-          Datang sendiri memperkenalkan diri.
-          Dengan perantara orang lain.
-          Dengan perantara surat.
-          Dengan perantara telepon.
-          Dengan melalui organisasi / perkumpulan.
6.      Cara menghadapi pembeli
a.       Ciptakan suasana yang menyenangkan.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan :
-          Buatlah suasana persahabatan yang intim.
-          Besarkan perasaan hati pembeli agar merasa dirinya yang paling penting.
-          Tanamkan kepercayaan pada dirinya agar ia mempunyai ilham atau imajinasi atau pikiran.
-          Berikan jalan untuk mempermudah pembeli dalam menentukan keputusan.
b.      Mengadakan pendekatan kepada pembeli
-          Memberi salam
-          Menunggu sejenak
-          Pendekatan dagang
-          Manaruh perhatian
7.      Teknik mendorong untuk membeli
Penjual harus mengetahui dasar-dasar kejiwaan. Diantara mereka bergantung pada faktor pendapatan, status, pendidikan sehingga ada  yang mengerti, ada yang membutuhkan persetujuan kita atau perlu didesak agar ia perlu segera membeli.

8.      Hal-hal yang diperhatikan dalam melakukan penjualan
-          Jangan membicarakan soal politik atau agama ketika sedang melakukan pembicaraan dagang.
-          Jangan masuk kantor sambil merokok.
-          Jangan ngobrol terlalu lama sampai menjemukan orang yang mendengarnya.
-          Jangan mengetuk pintu keras-keras ketika akan menemui calon pembeli.
-          Jangan menawarkan barang dengan keadaan pakaian ketat, kotor dan tidak tersusun rapi.
-          Jangan memuji barang sendiri setinggi langit dan mencela barang saingan di hadapan pembeli.
-          Untuk barang yang mahal jangan sebut harga lebih dahulu sebelum mengemukakan kualitasnya. Untuk barang yang murah, sebutlah harganya lebih dahulu, sebelum mengemukakan kualitas barang,
-          Jangan mengirim barang yang tidak sesuai baik kualitasnya maupun bentuknya.
9.      Teknik mengendalikan keberatan pelanggan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi persoalan tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Penjual harus mengetahui lebih dahulu, berupa apa saja keberatan yang diajukan pembeli. Penjual harus cepat menangkap apakah keberatannya terletak pada ukuran, harga, modelnya, bentuknya atau kualitasnya. Jika sudah jelas permasalahannya baru penjual mencarikan jalan keluarnya.
b.      Dengarkan baik-baik segala keberatan yang diajukan dan jangan memotong pembicaraan. Calon pembeli, jauhkan diri dari pertengkaran walaupun calon pembeli itu mencela dagangan.
c.       Ulangilah keberatan calon pembeli itu secara perlahan-lahan, tetapi yakin bahwa segala keberatan itu dapat diatasi. Tugas penjual di sini ialah membantu calon pembeli dan mengarahkan dia menuju titik klimaks yang memuaskan sehingga kelak menjadi langganan yang baik.
10.  Teknik menutup pembicaraan
Seorang penjual perlu mengetahui bagaimana menutup transaksi penjualan barang dan jasa. Hal-hal yang harus diperhatikan :
-          Pelajari proses dalam menutup penjualan.
-          Mempelajari kebiasaan-kebiasaan cara membeli barang.
-          Melayani pertanyaan atau keberatan-keberatan dari calon pembeli.
-          Melaksanakan demonstrasi dan menjelaskan manfaat barang dan jasa.
-          Penyelesaian transaksi jual beli.
-          Mengucapkan kata-kata penutup.

11.  A. Cara berbicara melelalui Telepon
-          Penerima
Sebagai penerima telepon begitu mengangkat telepon bordering langsung memperkenalkan diri. Kemudian mengucapkan  salam sesuai dengan waktu misalnya “ 233071 Merdeka Catering, Selamat Pagi “. Maksud dari memperkenalkan diri adalah supaya penelepon langsung mengetahui, apakah benar nomor yang dikehendakinya. Penelepon seebelum menyampaikan  maksudnya hendaknya menjawab ucapan salam misalnya :
“ PT. Sari Pangan  : bagian marketing, Selamat Pagi “
Penelepon :
“ Selamat pagi, dapatkah saya berbicara dengan Ibu Omas Maswati ? “
Yang harus dilakukan oleh penerima telepon :
1).  Mencatat
 Nama penelepon
 Nomor telepon / alamat
 Untuk siapa pesan ditujukan
 Pesan dicatat dengan cermat
 Tanggal, waktu
2).  Mengulang pesan-pesan yang telah dicatat
3) Penelepon jangan lupa mengucapkan terima kasih. Nada suara hendaknya  mengandung keramahan dan nada ingin membantu.
B.  Memberi perhatian yang wajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
Contoh di Toko Sepatu
-          Ada yang bisa kami bantu Pak / Bu
-          Silahkan lihat-lihat
-          Biasa menggunakan ukuran berapa
-          Tersedia 4 warna sesuai contoh
-          Boleh dicoba
-          Sempit / tidak
-          Coba-coba duanya dikenakan
-          Silahkan dicoba untuk berjalan

C. Cara pendekatan terhadap pembeli
1.      Dengan memberi salam
Sebagai kalimat pembuka untuk mendekati pembeli sewaktu masuk ke dalam toko ucapkan “ Selamat Pagi Tuan “ Selamat Siang atau Selamat Sore “
2.      Dengan menunggu sejenak
Setelah teguran yang pertama, tunggulah dalam waktu 4 detik, jangan terus bertanya, tapi sabarlah menunggu reaksi pembeli.
3.      Dengan memberikan pelayanan
Dalam hal ini mencoba membantu dengan menanyakan sesuatu yang dikehendaki, dan jangan tergesa-gesa. Cara ini hanya dapat dijalankan apabila pembeli telah memikirkan sejenak atau melihat-lihat, dari mimiknya ia mengharapkan bantuan kita.
Apabila pembeli telah langsung melihat dan meraba sesuatu barang, lalu memeriksanya, sambut dengan gembira dan coba beri sedikit penjelasan. Barang diperiksa misalnya dengan mengatakan :
“ Nah barang yang Ibu pegang itu baru kemarin tiba, seminggu yang lalu banyak yang menanyakan tapi tidak dapat kami layani. Rupanya Ibu datang tepat pada waktu barang ini ada “.
B.     Teknik mengendalikan keberatan pembeli
Contoh bantahan yang diperhalus
“Pengiriman barang tuan terlambat “.
Diperhalus dengan kalimat :
“Maaf tuan itu bukan kelalaian kami , tapi karena keadaan libur, maka tidak dapat menyampaikannya tepat seperti biasa”.
Contoh lain :
Pembeli                  Maaf saya tidak berminat pada mesin cuci ini.
Penjual             “ Memang tidak mengherankan karena saya belum menjelaskan         bagaimana         efisiensinya dan keuntungan-keuntungannya yang didapat apabila memiliki mesin cuci ini “
Contoh lain :
Pembeli                  :   Harga barang ini terlalu tinggi dari yang lain.
Penjual          : Tuan harap maklum bahwa harga tinggi mutunya dapat diuji, sedangkan harga murah mungkin mutunya rendah.
Contoh lain :
Pembeli            :   Untuk  memiliki barang ini saya harus mengeluarkan uang banyak.
Penjua        Ya memang betul tuan, akan tetapi uang tidak ada artinya bila keselamatan dan kesehatan terganggu.


K.  Penilaian
No Soal
Soal
Bobot
1.
2.
3.
4.
5.

6.
7.

8.
9.
10.
11.
Apakah yang dimaksud dengan pemasaran !
Sebutkan 4  strategi pemasaran !
Sebutkan 2 azas pemasaran !
Sebutkan minimal 4 sifat, mental, karakter dan social penjual !
Uraikan secara singkat bagaimana cara mengadakan kontak dengan calon pembeli !
Jelaskan secara singkat bagaimana cara menghadapi pembeli !
Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjualan !
Jelaskan bagaimana teknik mendorong untuk membeli !
Bagaimana teknik mengendalikan keberatan pelanggan ?
Jelaskan bagaimana teknik menutup pembicaraan !
Coba anda peragakan :
e.       A. Cara berbicara melalui  telepon
-          Sebagai penerima.
-          Sebagai penelepon.
B.     Memberikan perhatian yang wajar dengan mengajukan beberapa       pertanyaan ( Di toko Kue ).
f.       C. Cara pendekatan terhadap pembeli
 1.………..               2.   ……………………        3…………………
g.       D. Teknik mengendalikan keberatan pembeli.
     Contoh : Bantahan yang diperhalus

        NA =  Score perolehan   X   100 %
                       Score Ideal


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RPP Kewirausahaan Program Keahlian Jasa Boga Kelas XI "

Post a Comment