Lampiran 1
REKAPITULASI PENSKORAN PENGUKURAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Spiritual dan Sosial
|
Skor
|
Deskripsi
|
||||||||||
Tekun
|
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
Toleran
|
Kreatifitas
|
Kejujuran
|
Kecermatan
|
Santun
|
Responsif
|
Proaktif
|
Taat menjalankan agama
|
||||
1.
|
|
|
|
|
4
|
|
4
|
|
|
|
|
3
|
3,67
|
Siswa sudah menunjukkan
sikap toleran, jujur, dan taat menjalankan perintah agamanya akan tetapi
ketaatan terhadap perintah agama masih perlu ditingkan.
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENSKORAN
Aspek : Tekun
No.
|
Indikator Tekun
|
Penilaian Tekun
|
1.
|
Menyukai
tantangan
|
Skor 1
jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Giat
dalam belajar dan bekerja
|
Skor 2
jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
|
3.
|
Tidak
mudah menyerah menghadapi kesulitan
|
Skor 3
jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
|
4.
|
Berusaha
menjadi lebih baik
|
Skor 4
jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
|
Aspek : Kerjasama
No.
|
Indikator
Kerjasama
|
Penilaian Kerjasama
|
1.
|
Terlibat
aktif dalam bekerja kelompok
|
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang
konsisten ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan
peserta didik
|
3.
|
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok
yang mengalami kesulitan
|
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan
peserta didik
|
4.
|
Rela berkorban untuk teman lain
|
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan
peserta didik
|
Aspek : Tanggungjawab
No.
|
Indikator Tanggungjawab
|
Penilaian
Tanggungjawab
|
1.
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
Skor 1
jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
|
Skor 2
jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
|
3.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
Skor 3
jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
|
4.
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
Skor 4
jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
|
Aspek : Toleran
No.
|
Indikator
Toleran
|
Penilaian Toleran
|
1.
|
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
|
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang
konsisten ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras,
budaya, dan gender
|
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan
peserta didik
|
3.
|
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya
|
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan
peserta didik
|
4.
|
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
|
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan
peserta didik
|
Aspek : Kreativitas
No.
|
Indikator
Kreativitas
|
Penilaian
Kreativitas
|
1.
|
Dapat menyatakan pendapat dengan jelas (ideational fluency)
|
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
|
2.
|
Dapat menemukan ide baru yang belum dijelaskan
guru (originality)
|
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
|
3.
|
Mengenali masalah yang perlu dipecahkan dan tahu
bagaimana memecahkannya (critical
thinking)
|
Skor 3 jika 4 sampai 5 indikator muncul
|
4.
|
Senang terhadap materi pelajaran dan berusaha
mempelajarinya (enjoyment)
|
Skor 4 jika 6 sampai 7indikator muncul
|
5.
|
Mempunyai rasa seni dalam memecahkan masalah (aesthetics)
|
|
6.
|
Berani mengambil risiko untuk menemukan hal-hal
yang baru
(risk-taking)
|
|
7.
|
Mencoba berulang-ulang untuk menemukan ide yang
terbaik
(cyclical
procedure)
|
|
Aspek : Kejujuran
No.
|
Indikator
Kejujuran
|
Penilaian
Kejujuran
|
1.
|
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
|
2.
|
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya
orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
|
3.
|
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
Skor 3 jika 5 indikator muncul
|
4.
|
Melaporkan barang yang ditemukan
|
Skor 4 jika 6 indikator muncul
|
5.
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
6.
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
Aspek : Kecermatan
No.
|
Indikator
Kecermatan
|
Penilaian
Kecermatan
|
1.
|
Mengerjakan tugas dengan teliti
|
Skor 1 jika 1 indikator muncul
|
2.
|
Berhati-hati dalam menggunakan peralatan
|
Skor 2 jika 2 indikator muncul
|
3.
|
Memperhatikan keselamatan diri
|
Skor 3 jika 3 indikator muncul
|
4.
|
Memperhatikan keselamatan lingkungan
|
Skor 4 jika 4 indikator muncul
|
Aspek :
Santun
No.
|
Indikator Santun
|
Penilaian Santun
|
1.
|
Baik budi bahasanya
(sopan ucapannya)
|
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
|
2.
|
Menggunakan ungkapan yang tepat
|
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
|
3.
|
Mengekspresikan wajah yang cerah
|
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
|
4.
|
Berperilaku sopan
|
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator
|
Aspek :
Responsif
No.
|
Penilaian
Responsif
|
1.
|
Skor 1 jika acuh (tidak merespon)
|
2.
|
Skor 2 jika ragu-ragu/bimbang dalam merespon
|
3.
|
Skor 3 jika lamban memberikan respon/tanggapan
|
4.
|
Skor 4 jika cepat merespon/menanggapi
|
Aspek :
Proaktif
No.
|
Indikator Proaktif
|
Penilaian Proaktif
|
1
|
berinisiatif dalam bertindak
|
Skor 1
jika terpenuhi satu indikator
|
2
|
mampu menggunakan kesempatan
|
Skor 2
jikaterpenuhi dua indikator
|
3
|
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
|
Skor 3
jikaterpenuhi tiga indikator
|
4
|
bertindak dengan penuh tanggung jawab
|
Skor 4
jikaterpenuhi semua indikator
|
Aspek :
Taat menjalankan agama
No.
|
Indikator
Ketaatan Menjalankan Agama
|
Penilaian
Ketaatan Menjalankan Agama
|
1
|
Disiplin (selalu tepat
waktu) dalam menjalankan agamanya
|
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
|
2
|
Teratur dalam menjalankan
agamanya
|
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
|
3
|
Bersungguh-sungguh
menjalankan ajaran agama
|
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
|
4
|
Berakhlak/berperilaku santun
dan menghargai orang lain
|
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator
|
Belum ada tanggapan untuk " PEDOMAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMK BAGIAN 4"
Post a Comment