PEDOMAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMK BAGIAN 4



Lampiran 1
REKAPITULASI PENSKORAN PENGUKURAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL

No
Nama Siswa
Sikap Spiritual dan Sosial
Skor
Deskripsi
Tekun
Kerjasama
Tanggung jawab
Toleran
Kreatifitas
Kejujuran
Kecermatan
Santun
Responsif
Proaktif
Taat menjalankan agama
1.




4

4




3
3,67
Siswa sudah menunjukkan sikap toleran, jujur, dan taat menjalankan perintah agamanya akan tetapi ketaatan terhadap perintah agama masih perlu ditingkan.
2.














3.














4.














5.














6.














7.














8.














9.














10.














11.














12.














13.














14.














15.














16.














17.














18.














19.














20.















RUBRIK PENSKORAN


Aspek  : Tekun
No.
Indikator Tekun
Penilaian Tekun
1.
Menyukai tantangan
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Giat dalam belajar dan bekerja
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Berusaha menjadi lebih baik
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

Aspek  : Kerjasama
No.
Indikator Kerjasama
Penilaian Kerjasama
1.
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Rela berkorban untuk teman lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

Aspek  : Tanggungjawab
No.
Indikator Tanggungjawab
Penilaian Tanggungjawab
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik


Aspek  : Toleran
No.
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
1.
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik









Aspek  : Kreativitas
No.
Indikator Kreativitas
Penilaian Kreativitas
1.
Dapat menyatakan pendapat dengan jelas (ideational fluency)
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
2.
Dapat menemukan ide baru yang belum dijelaskan guru (originality)
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
3.
Mengenali masalah yang perlu dipecahkan dan tahu bagaimana memecahkannya (critical thinking)
Skor 3 jika 4 sampai 5 indikator muncul
4.
Senang terhadap materi pelajaran dan berusaha mempelajarinya (enjoyment)
Skor 4 jika 6 sampai 7indikator muncul
5.
Mempunyai rasa seni dalam memecahkan masalah (aesthetics)

6.
Berani mengambil risiko untuk menemukan hal-hal yang baru
(risk-taking)

7.
Mencoba berulang-ulang untuk menemukan ide yang terbaik
(cyclical procedure)


Aspek  : Kejujuran
No.
Indikator Kejujuran
Penilaian Kejujuran
1.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
3.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
Skor 3 jika 5 indikator muncul
4.
Melaporkan barang yang ditemukan
Skor 4 jika 6 indikator muncul
5.
Melaporkan data atau informasi apa adanya

6.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki


Aspek  : Kecermatan
No.
Indikator Kecermatan
Penilaian Kecermatan
1.
Mengerjakan tugas dengan teliti
Skor 1 jika 1 indikator muncul
2.
Berhati-hati dalam menggunakan peralatan
Skor 2 jika 2 indikator muncul
3.
Memperhatikan keselamatan diri
Skor 3 jika 3 indikator muncul
4.
Memperhatikan keselamatan lingkungan
Skor 4 jika 4 indikator muncul

Aspek  : Santun
No.
Indikator Santun
Penilaian Santun
1.
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Menggunakan ungkapan yang tepat
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengekspresikan wajah yang cerah
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Berperilaku sopan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator








Aspek  : Responsif
No.
Penilaian Responsif
1.
Skor 1 jika acuh (tidak merespon)
2.
Skor 2 jika ragu-ragu/bimbang dalam merespon
3.
Skor 3 jika lamban memberikan respon/tanggapan
4.
Skor 4 jika cepat merespon/menanggapi

Aspek  : Proaktif
No.
Indikator Proaktif
Penilaian Proaktif
1
berinisiatif dalam bertindak
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
mampu menggunakan kesempatan
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
bertindak dengan penuh tanggung jawab
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator

Aspek  : Taat menjalankan agama
No.
Indikator Ketaatan Menjalankan Agama
Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama
1
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
Teratur dalam menjalankan agamanya
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain

Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator














Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " PEDOMAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMK BAGIAN 4"

Post a Comment