Lembar Penilaian Antar Teman
Nama
Peserta Didik : …………………
Kelas : ………………
Materi
Pokok : …………………..
Tanggal : ………………….
Berilah tanda cek pada kolom pilihan
berikut dengan
4 = selalu
3 = sering
2 = jarang
1
= tidak pernah
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
Tidak nyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
2
|
Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
||||
3
|
Mengemukakan perasaan
terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
4
|
Melaporkan data atau informasi
apa adanya
|
||||
..
|
……………………………………………………..
|
||||
Jumlah
|
Lampiran 3
Lembar Pengamatan Sikap
Nama Peserta Didik : …………………
Kelas :
………………
Materi Pokok : …………………..
Tanggal :
………………….
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
Menghormati
orang yang lebih tua
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
|
|||||
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|||||
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|||||
5
|
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|||||
Jumlah
|
Lampiran 4
Lembar Penilaian Diri
Nama
Peserta Didik : …………………
Kelas : ………………
Materi
Pokok : …………………..
Tanggal : ………………….
PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti
2. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan
sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No
|
KD/Pernyataan
|
Tanggapan
|
Verifikasi Guru
|
||||
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
ya
|
tidak
|
||
1
|
Saya
menyontek pada saat mengerjakan Ulangan
|
||||||
2
|
Saya
menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan
tugas
|
||||||
3
|
Saya
melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
|
||||||
4
|
Saya
berani mengakui kesalahan yang dilakukan
|
||||||
5
|
Saya
mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
TP = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Petunjuk Penyekoran:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan
dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Lampiran 5
Format Kisi-kisi
Penyusunan Soal
Jakarta,
............., 20….
Mapel :
.................................................
Penyusun: 1.
..............ttd...............
Kode : ....................... 2................ttd...............
Bentuk Soal : ........................
Tahun Pelajaran : ........................ Penelaah
: ............ttd.................
|
||||||||
Standar
Kompetensi Lulusan:
Menggunakan alat-alat ukur
|
Buku
Sumber:
|
Proses
Pengetahuan
|
Tingkat
Kesukaran:
|
|||||
Fakta
|
Sangat Mudah
|
|||||||
Penerapan
|
Mudah
|
|||||||
Interpretasi
|
Sedang
|
|||||||
Pemecahan
Masalah
|
Sukar
|
|||||||
Penalaran
|
||||||||
Rumusan
Butir Soal:
Mikrometer Jangka
Sorong
Gb. 1
Hasil pengukuran menggunakan alat ukur Mikrometer
dan jangka sorong pada gb.1 adalah:
|
||||||||
Kemampuan
Yang Diujikan:
Menjelaskan hasil pengukuran dengan alat-alat
ukur
|
||||||||
Materi
Pokok:
Penggunaan alat ukur mekanik
|
||||||||
Indikator Soal:
Disajikan gambar pengukuran, siswa dapat
menentukan hasil pengukuran dengan
alat ukur
|
||||||||
Nomor
Soal
|
1
|
|||||||
Kunci
Jawaban
|
B
|
|||||||
Pembahasan:
Mikrometer : 3mm + 0,50 mm + 0,33 mm = 3,83 mm
Jangka
Sorong : 25 mm + 0,70 mm = 25,70mm
|
||||||||
Lampiran 6
Lembar Penilaian
TES Praktik/PROYEK
Nomor Peserta :
Nama Peserta :
No |
Komponen/Sub komponen Penilaian |
Skor
Max
|
Pencapaian Kompetensi |
||||
Tidak
|
Ya |
||||||
0
|
1
|
2 |
3 |
4 |
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
I
|
Persiapan
Kerja
|
8
|
|||||
1.1.Pengecekan kelengkapan
peralatan
|
|||||||
1.2.Pengecekan spesifikasi
peralatan
|
|||||||
Skor Komponen :
|
|||||||
II
|
Proses
(Sistematika & Cara Kerja)
|
4
|
|||||
2.1. Layer, folder, lay out, skala
|
|||||||
Skor Komponen :
|
|||||||
III
|
Hasil
Kerja
|
16
|
|||||
3.1 Gambar Auto Cad
|
|||||||
3.1.1 Skala Gambar
|
|||||||
3.1.2 Ketebalan garis ( line
weight )
|
|||||||
Dan tipe
garis ( line type )
|
|||||||
3.1.3 Kelengkapan gambar
|
|||||||
3.1.4 Etiket gambar
|
|||||||
Skor Komponen :
|
|||||||
IV
|
Sikap
Kerja
|
8
|
|||||
4.1 Penggunaan alat
|
|||||||
4.2 Keselamatan kerja
|
|||||||
Skor Komponen :
|
|||||||
V
|
Waktu
|
4
|
|||||
5.1 Waktu penyelesaian
|
|||||||
Skor Komponen :
|
Keterangan
:
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan
berdasarkan perolehan skor terendah dari sub komponen penilaian
Perhitungan
nilai praktik/proyek (NP) :
Prosentase Bobot Komponen Penilaian
|
Nilai Praktik
(NP)
|
|||||
Persiapan
|
Proses
|
Sikap Kerja
|
Hasil
|
Waktu
|
∑ NK
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Bobot (%)
|
5
|
30
|
10
|
40
|
15
|
|
Skor Max
|
6
|
3
|
12
|
6
|
3
|
|
Skor Komponen
|
||||||
NK
|
Keterangan:
· Bobot diisi dengan prosentase
setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara
proposional sesuai karakteristik program keahlian.
· NK = Nilai Komponen, Skor Komponen dibagi Skor Max dikali bobot
· NP = penjumlahan dari hasil
perhitungan nilai komponen(NK)
· Jenis komponen penilaian
(persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter
program keahlian.
……………,
………………. 2014
Penilai 1/ Penilai 2 *)
Belum ada tanggapan untuk "Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi Peser Didik SMK Bag 5"
Post a Comment