Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi Peser Didik SMK Bag 5

Lampiran 2

Lembar Penilaian Antar Teman

Nama Peserta Didik : …………………
Kelas                                    : ………………
Materi Pokok                       : …………………..
Tanggal                    : ………………….
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 = selalu
3 = sering
2 = jarang
1 = tidak pernah

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
4
3
2
1
2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




..
……………………………………………………..




Jumlah



























Lampiran 3

Lembar Pengamatan Sikap

Nama Peserta Didik : …………………
Kelas                                    : ………………
Materi Pokok                       : …………………..
Tanggal                    : ………………….

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
Menghormati orang yang lebih tua
4
3
2
1

2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain





3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat





4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman





5
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain





Jumlah

























Lampiran 4

Lembar Penilaian Diri

Nama Peserta Didik : …………………
Kelas                                    : ………………
Materi Pokok                       : …………………..
Tanggal                    : ………………….

PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari

No
KD/Pernyataan
Tanggapan
Verifikasi Guru
TP
KD
SR
SL
ya
tidak
1
Saya menyontek pada saat mengerjakan Ulangan







2
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas






3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang






4
Saya berani mengakui kesalahan yang dilakukan






5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain







Keterangan :
SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
TP = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penyekoran:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan















Lampiran 5
Format Kisi-kisi Penyusunan Soal

Kode Paket: ....

 



                                                                                                                        Jakarta,  ............., 20….

Mapel                                : .................................................      Penyusun:   1. ..............ttd...............
Kode                             : .......................                                                       2................ttd...............
Bentuk Soal                 : ........................                                       
Tahun Pelajaran          : ........................                                    Penelaah  :  ............ttd.................         
                                   

Standar Kompetensi Lulusan:

Menggunakan alat-alat ukur

Buku Sumber:

Proses Pengetahuan
Tingkat Kesukaran:

Fakta

Sangat Mudah


Penerapan

Mudah


Interpretasi

Sedang


Pemecahan Masalah

Sukar


Penalaran


Rumusan Butir Soal:
              
         
               Mikrometer                                      Jangka Sorong
                                     Gb. 1
Hasil pengukuran menggunakan alat ukur Mikrometer dan jangka sorong  pada gb.1 adalah:
    1. 3,33 mm      dan   23,70 mm     
    2. 3,83 mm      dan   25,70 mm                  
    3. 3,37 mm      dan   25,53 mm                 
    4. 4,37 mm      dan   25,70 mm              
    5. 4,87 mm      dan   25,70 mm                 


Kemampuan Yang Diujikan:

Menjelaskan hasil pengukuran dengan alat-alat ukur



Materi Pokok:

Penggunaan alat ukur mekanik




Indikator Soal:

Disajikan  gambar pengukuran, siswa dapat menentukan  hasil pengukuran dengan alat ukur

Nomor Soal
1

Kunci Jawaban  
B

Pembahasan:
Mikrometer       :    3mm + 0,50  mm + 0,33 mm = 3,83 mm
Jangka Sorong :    25 mm + 0,70 mm  = 25,70mm














Lampiran 6

 

Lembar Penilaian

TES Praktik/PROYEK















 



Nomor Peserta         :

Nama Peserta          :                                                                                              


 
No
 
Komponen/Sub komponen Penilaian
Skor
Max
Pencapaian Kompetensi
Tidak
Ya
0
1
2
3
4
1
2
3
4
5
6
7
8
I
Persiapan Kerja
8





1.1.Pengecekan kelengkapan peralatan






1.2.Pengecekan spesifikasi peralatan






Skor Komponen :



II
Proses (Sistematika & Cara Kerja)
4





2.1. Layer, folder, lay out, skala













Skor Komponen :



III
Hasil Kerja
16





3.1 Gambar Auto Cad






3.1.1 Skala Gambar






3.1.2 Ketebalan garis ( line weight )






         Dan tipe garis ( line type )






3.1.3 Kelengkapan gambar






3.1.4 Etiket gambar




















Skor Komponen :



IV

Sikap Kerja
8





4.1 Penggunaan alat






4.2 Keselamatan kerja






Skor Komponen :



V
Waktu
4





5.1 Waktu penyelesaian






Skor Komponen :




Keterangan :
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari sub komponen penilaian
           







Perhitungan nilai praktik/proyek (NP) :


Prosentase Bobot Komponen Penilaian
Nilai Praktik
(NP)

Persiapan
Proses
Sikap Kerja
Hasil
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)
5
30
10
40
15

Skor Max
6
3
12
6
3
Skor Komponen





 NK






Keterangan:
·       Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
·       NK = Nilai Komponen, Skor Komponen dibagi Skor Max dikali bobot
·       NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen(NK)
·       Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.



                                                                                   ……………,  ………………. 2014

Penilai 1/ Penilai 2 *)





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi Peser Didik SMK Bag 5"

Post a Comment