CARA
PENGISIAN RAPOR SMK
1.
Nama
peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan data
peserta didik di lembar 2 diisi dengan lengkap.
2.
Lembar 2 yang berisi data peserta didik, dilengkapi dengan pas foto peserta
didik terbaru berukuran 3 x 4.
3.
Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:
a.
Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta
didik.
b.
Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata
pelajaran yang berupa angka (berdasarkan perhitungan skala 1 s.d 4) dan Kode
Huruf (predikat).
c.
Hasil
penilaian yang dilakukan oleh guru (dengan nilai s.d 100) dikonversikan untuk
mendapatkan angka rapor 1 – 4, dengan perhitungan konversi nilai sebagai
berikut:
INTERVAL
|
HASIL KONVERSI
|
PREDIKAT
|
96– 100
|
4.00
|
A
|
91– 95
|
3.67
|
A-
|
86–90
|
3.33
|
B+
|
81– 85
|
3.00
|
B
|
75–80
|
2.67
|
B-
|
70– 74
|
2.33
|
C+
|
65– 69
|
2.00
|
C
|
60–64
|
1.67
|
C-
|
55– 59
|
1.33
|
D+
|
<54
|
1.00
|
D
|
d.
Kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2),
dalam kolom Mapel diisi dengan menggunakan nilai kualitatif:Sangat Baik (SB),
Baik (B), Cukup (C), dan Kurang
(K).
e.
Kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) antarmapel diisi oleh wali kelas dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui rapat bersama dengan guru mata pelajaran.
f.
Kolom
peminatan diisi Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam, atau Peminatan Ilmu-ilmu
Sosial, atau Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya.
Nomor 1 – 4 diisi mata pelajaran yang sesuai dengan kelompok
peminatan yang dipilih. Nomor 5 – 6 diisi mata pelajaran lintas minat atau
pendalaman.
CONTOH PENGISIAN
Nama Sekolah : SMK Pakubuwono Kelas : X
Alamat : Kebayoran
Baru Semester : 1 (Satu)
Jakarta
Selatan
Nama : Budi Tahun Pelajaran :
2013-2014
Nomor Induk/NISN : 000085
CAPAIAN
No.
|
Mapel
|
Pengetahuan
(KI-3)
|
Keterampilan
(KI-4)
|
Sikap Sosial dan Spiritual
|
|||||||
Angka
|
Predikat
|
Angka
|
Predikat
|
DalamMapel
|
Antarmapel
|
||||||
1 - 4
|
|
1 - 4
|
|
SB/ B/ C/ K
|
|
||||||
Kelompok
A (Wajib)
|
Peserta didik
menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap jujur dan
kerjasama, namun masih perlu ditingkat-kan lagi sikap percaya diri.
|
||||||||||
1
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
(Nama guru : Achmad Syukur, S,Ag)
|
4.00
|
A
|
3.67
|
A-
|
SB
|
|||||
2
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Nama guru: Drs. Widodo
|
3.67
|
A-
|
3.33
|
B+
|
B
|
|||||
3
|
Bahasa Indonesia
Nama guru: Indrawati, S.Pd,
|
4.00
|
A
|
4.00
|
A
|
SB
|
|||||
4
|
Matematika
Nama guru: Irawan, MPd
|
3.67
|
A-
|
3.00
|
B
|
B
|
|||||
5
|
Sejarah Indonesia
Nama guru: Ana Rosida, S.Pd, MM
|
3.00
|
B
|
3.33
|
B+
|
B
|
|||||
6
|
Bahasa Inggris
Nama guru: Safrida, S.Pd
|
3.67
|
A-
|
3.67
|
A-
|
SB
|
|||||
Kelompok B (Wajib)
|
|||||||||||
1
|
Seni Budaya
Nama guru: Alia, S.Pd
|
3.33
|
B+
|
3.00
|
B
|
B
|
|||||
2
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
Nama guru: Indra S, MPd
|
4.00
|
A
|
4.00
|
A
|
SB
|
|||||
3
|
Prakarya dan Kewirausahaan
Nama guru: Drs. Rizki
|
2.67
|
B-
|
2.33
|
C+
|
B
|
|||||
Kelompok
C: Teknik mesin
|
|||||||||||
I
|
Dasar Bidang Keahlian
|
||||||||||
1
|
Fisika
Nama guru: Tuti, MPd
|
3.67
|
A-
|
3.00
|
B
|
B
|
|||||
2
|
Kimia
Nama guru: Putri, SPd
|
3.33
|
B+
|
2.67
|
B-
|
B
|
|||||
3
|
Gambar Teknik
Nama guru: Leonardo, MPd
|
4.00
|
A
|
3.33
|
B+
|
SB
|
|||||
II
|
Dasar Program
Keahlian
|
||||||||||
1
|
Teknologi
Dasar Mesin
Nama guru: Herman, MPd
|
3.67
|
A-
|
3.33
|
B+
|
B
|
|||||
2
|
Pekerjaan Dasar Teknik Mesin
Nama guru: Ridwan, S.Pd
|
3.00
|
B
|
3.00
|
B
|
B
|
|||||
3
|
Teknik Listrik Dasar Mesin
Nama guru: Mansur, MPd
|
3.67
|
A-
|
4.00
|
A
|
SB
|
|||||
III
|
Paket Keahlian:
Teknik Pemesinan
|
||||||||||
1
|
Pekerjaan Teknologi
Dasar
|
4.00
|
A
|
3.33
|
B+
|
SB
|
|||||
g.
Kegiatan ekstra kurikuler diisi dengan nilai kualitatif (SB = sangat baik,B = baik,C = cukup, dan K = kurang) dilengkapi
dengan keterangan
masing-masing kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru
pembina/pelatih ekstra kurikuler.
Contoh:
Kegiatan Ekstra
Kurikuler
|
Deskrpsi
|
1.
Praja Muda Karana (Pramuka)
|
Sangat Baik. Juara LT I tingkat Provinsi
|
2.
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
|
Baik, aktif dalam setiap kegiatan
|
h.
Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekapitulasi
ketidakhadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) dari wali kelas.
Contoh:
Ketidakhadiran
|
|
Sakit
|
: 1 hari
|
Izin
|
: --- hari
|
Tanpa Keterangan
|
: --- hari
|
i.
Lembar catatan DESKRIPSI kompetensi mata pelajaran
diisi dengan:
a.
Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta
didik.
b.
Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap
Spiritual dan Sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.
Contoh Pengisian:
No.
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
|
Catatan
|
Kelompok A (Wajib)
|
|||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
Pengetahuan
|
Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah an-nafs. Terus berlatih agar
lebih baik dalam kompetensi yang lain.
|
|
|
Keterampilan
|
Sudah terampil dalam hafalan surat-surat yang
ditentukan, namun masih perlu banyak berlatih dalam hafalan Q.S.An-Nur(24):2.
|
|
|
Sikap Spiritual dan Sosial
|
Sudah konsisten menunjukkan sikap beriman, bertaqwa, jujur, dan kontrol diri.
|
Kelompok B (Wajib)
|
|||
1.
|
...............
|
|
|
2.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Pengetahuan
|
Sudah
memahami semua konsep keterampilan, kecuali peranaktivitasfisikdalam
pencegahanpenyakitdanpengurangan biayaperawatankesehatan. Perlu lebih tekun dalam
memahami peranaktivitasfisikdalam
pencegahanpenyakitdanpengurangan biayaperawatankesehatan.
|
|
|
Keterampilan
|
Sudah menguasai keterampilan permainan dan
atletik, terutama mempraktikkan teknik dasar atletik (jalan cepat, lari,
lompat dan lempar) dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya. Dapat
diikutsertakan dalam lomba OOSN tingkat kota.
|
|
|
Sudah menunjukkan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani,
sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. Perlu terus dikembangkan sikap sportif dalam bermain danmenghargai perbedaan
|
|
dst
|
.....
|
|
|
Kelompok C (Peminatan)
|
|||
1
|
Teknologi Dasar Mesin
|
Pengetahuan
|
Sudah memahami konsep pemesinan, namun kurang memahami proses-proses
mesin konversi energi. Perlu melakukan pengamatan untuk meningkatkan
pemahaman keterkaitan konsep motor bakar terhadap proses konversi
energi.
|
|
|
Keterampilan
|
Sudah memiliki kompetensi keterampilan dasar otomotif, namun kurang
memperhatikan aspek keselamatan kerja. Perlu lebih teliti memperhatikan aspek
keselamatan kerja dalam melakukan kegiatan praktik baik di dalam maupun di
luar bengkel.
|
|
|
Sikap Spiritual dan Sosial
|
Sudah menunjukkan kepedulian terhadap masalah sepeda motor dan
berperilaku ilmiah (tekun, teliti, jujur menyajikan data dan fakta), namun
kurang percaya diri dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi
secara lisan. Perlu berlatih meningkatkan kepercayaan diri untuk berani
berargumentasi secara lisan.
|
j.
Pegisian lembar penilaian laporan Pencapaian
Kompetensi semester 2 (dua) sama dengan pengisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 1 (satu).
k.
Kriteria
kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan karakteristik
Satuan Pendidikan.
Contoh
:
Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi
persyaratan sebagai berikut:
a.
Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang
diikuti.
b.
Tidak terdapat
3 mata pelajaran atau lebih, pada kompetensi pengetahuan, keterampilan,
dan/atau sikap yang belum tuntas/belum baik pada semester kedua.
c.
Ketidakhadiran
peserta didik tanpa keterangan maksimal 15% dari jumlah hari efektif.
4.
Keterangan
pindah keluar Satuan Pendidikan diisi dengan:
a.
Tanggal
ditetapkannya keluar dari Satuan Pendidikan.
b.
Kelas yang
ditinggalkan pada saat keluar dari Satuan Pendidikan.
c.
Alasan
keluar dari Satuan Pendidikan.
d.
Waktu
penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah
dibubuhi stempel.
e.
Pengesahan
kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang
tua/wali peserta didik.
5.
Keterangan
pindah masuk Satuan Pendidikan diisi dengan:
a.
Nama
peserta didik yang masuk diisi lengkap.
b.
Identitas
peserta didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah baru (mutasi dari luar ke
dalam Satuan Pendidikan).
c.
Waktu
penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah
dibubuhi stempel.
6.
Catatan
prestasi yang pernah dicapai diisi dengan:
a. Identitas peserta didik.
b. Catatan prestasi yang menonjol pada bidang
kurikuler (akademik), ekstra kurikuler (nonakademik), dan catatan khusus
lainnya yang berhubungan dengan sikap serta hal-hal selain kurikuler dan ekstra
kurikuler (misalnya memenangkan kejuaraan dalam ajang pencarian bakat, dan
sebagainya).
Belum ada tanggapan untuk " PEDOMAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMK BAGIAN 3"
Post a Comment