PEDOMAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMK BAGIAN 3




CARA PENGISIAN RAPOR SMK

1.    Nama peserta didik di halaman judul, data Satuan Pendidikan di lembar 1, dan data peserta didik di lembar 2 diisi dengan lengkap.
2.    Lembar 2 yang berisi data peserta didik, dilengkapi dengan pas  foto peserta didik terbaru berukuran 3 x 4.
3.    Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:
a.   Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b.   Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mata pelajaran yang berupa angka (berdasarkan perhitungan skala 1 s.d 4) dan Kode Huruf (predikat).
c.   Hasil penilaian yang dilakukan oleh guru (dengan nilai s.d 100) dikonversikan untuk mendapatkan angka rapor 1 – 4, dengan perhitungan konversi nilai sebagai berikut:
INTERVAL
HASIL KONVERSI
PREDIKAT
96– 100
4.00
A
91– 95
3.67
A-
86–90
3.33
B+
81– 85
3.00
B
75–80
2.67
B-
70– 74
2.33
C+
65– 69
2.00
C
60–64
1.67
C-
55– 59
1.33
D+
<54
1.00
D
d.   Kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2), dalam kolom Mapel diisi dengan menggunakan nilai kualitatif:Sangat Baik (SB),  Baik (B),  Cukup (C), dan Kurang (K).      
e.   Kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1 dan KI-2) antarmapel diisi oleh wali kelas dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui rapat bersama dengan guru mata pelajaran.
f.    Kolom peminatan diisi Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam, atau Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, atau Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya.
     Nomor 1 – 4 diisi mata pelajaran yang sesuai dengan kelompok peminatan yang dipilih. Nomor 5 – 6 diisi mata pelajaran lintas minat atau pendalaman.  




CONTOH PENGISIAN
Nama Sekolah                :  SMK Pakubuwono                Kelas                           :  X
Alamat                             :  Kebayoran Baru                   Semester                    :  1 (Satu)
                                            Jakarta Selatan
Nama                               :  Budi                                     Tahun Pelajaran        :  2013-2014
Nomor Induk/NISN        :  000085

CAPAIAN        
No.
Mapel
Pengetahuan
(KI-3)
Keterampilan
(KI-4)
Sikap Sosial dan Spiritual
Angka
Predikat
Angka
Predikat
DalamMapel
Antarmapel
1 - 4

1 - 4

SB/ B/ C/ K

Kelompok A  (Wajib)

Peserta didik  menunjukkan sikap sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap jujur dan kerjasama, namun masih perlu ditingkat-kan lagi sikap percaya diri.
1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
(Nama guru : Achmad Syukur, S,Ag)
4.00
A
3.67
A-
SB
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Nama guru: Drs. Widodo
3.67
A-
3.33
B+
B
3
Bahasa Indonesia
Nama guru: Indrawati, S.Pd,
4.00
A
4.00
A
SB
4
Matematika
Nama guru: Irawan, MPd
3.67
A-
3.00
B
B
5
Sejarah Indonesia
Nama guru: Ana Rosida, S.Pd, MM
3.00
B
3.33
B+
B
6
Bahasa Inggris
Nama guru: Safrida, S.Pd
3.67
A-
3.67
A-
SB
Kelompok B (Wajib)
1
Seni Budaya
Nama guru: Alia, S.Pd
3.33
B+
3.00
B
B
2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
Nama guru: Indra S, MPd
4.00
A

4.00
A

SB
3
Prakarya dan Kewirausahaan
Nama guru: Drs. Rizki
2.67
B-
2.33
C+
B
Kelompok C: Teknik mesin
I
Dasar Bidang Keahlian
1
Fisika
Nama guru: Tuti, MPd
3.67
A-
3.00
B
B
2
Kimia
Nama guru: Putri, SPd
3.33
B+
2.67
B-
B
3
Gambar Teknik
Nama guru: Leonardo, MPd
4.00
A
3.33
B+
SB
II
Dasar Program Keahlian
1
Teknologi  Dasar Mesin
Nama guru: Herman, MPd
3.67
A-
3.33
B+
B
2
Pekerjaan Dasar Teknik Mesin
Nama guru: Ridwan, S.Pd
3.00
B
3.00
B
B
3
Teknik Listrik Dasar Mesin
Nama guru: Mansur, MPd
3.67
A-
4.00
A
SB
III
Paket Keahlian: Teknik Pemesinan
1
Pekerjaan Teknologi Dasar
4.00
A
3.33
B+
SB













g.   Kegiatan ekstra kurikuler diisi dengan nilai kualitatif (SB = sangat baik,B = baik,C = cukup, dan K = kurang) dilengkapi dengan keterangan masing-masing kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstra kurikuler.
  Contoh:
Kegiatan Ekstra Kurikuler
Deskrpsi
1.     Praja Muda Karana (Pramuka)
Sangat Baik. Juara LT I tingkat Provinsi
2.     Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Baik, aktif dalam setiap kegiatan
h.   Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekapitulasi ketidakhadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) dari wali kelas.
Contoh:
Ketidakhadiran
Sakit
: 1  hari
Izin             
: --- hari
Tanpa Keterangan  
: --- hari


i.    Lembar catatan DESKRIPSI kompetensi mata pelajaran diisi dengan:
a.   Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.
b.   Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap Spiritual dan Sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.


Contoh Pengisian:
No.
Mata Pelajaran
Kompetensi
Catatan
Kelompok A (Wajib)
1.
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pengetahuan
Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama sangat baik dalam memahami makna mujahadah an-nafs. Terus berlatih agar lebih baik dalam kompetensi yang lain.


Keterampilan
Sudah terampil dalam hafalan surat-surat yang ditentukan, namun masih perlu banyak berlatih dalam hafalan Q.S.An-Nur(24):2.


Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah konsisten menunjukkan sikap  beriman, bertaqwa, jujur, dan kontrol diri.
Kelompok B (Wajib)
1.
...............


2.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan


Pengetahuan
Sudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali  peranaktivitasfisikdalam pencegahanpenyakitdanpengurangan biayaperawatankesehatan. Perlu lebih tekun dalam memahami peranaktivitasfisikdalam pencegahanpenyakitdanpengurangan biayaperawatankesehatan.



Keterampilan
Sudah menguasai keterampilan permainan dan atletik, terutama mempraktikkan teknik dasar atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya. Dapat diikutsertakan dalam lomba OOSN tingkat kota.


Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah menunjukkan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. Perlu terus dikembangkan sikap sportif dalam bermain danmenghargai perbedaan
dst
.....


Kelompok C (Peminatan)
1
Teknologi Dasar Mesin
Pengetahuan
Sudah memahami konsep pemesinan, namun kurang memahami proses-proses mesin konversi energi. Perlu melakukan pengamatan untuk meningkatkan pemahaman keterkaitan konsep motor bakar terhadap proses konversi energi. 


Keterampilan
Sudah memiliki kompetensi keterampilan dasar otomotif, namun kurang memperhatikan aspek keselamatan kerja. Perlu lebih teliti memperhatikan aspek keselamatan kerja dalam melakukan kegiatan praktik baik di dalam maupun di luar bengkel.


Sikap Spiritual dan Sosial
Sudah menunjukkan kepedulian terhadap masalah sepeda motor dan berperilaku ilmiah (tekun, teliti, jujur menyajikan data dan fakta), namun kurang percaya diri  dalam  mengajukan pertanyaan dan berargumentasi secara lisan. Perlu berlatih meningkatkan kepercayaan diri untuk berani berargumentasi secara lisan.

j.    Pegisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 2 (dua) sama dengan pengisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 1 (satu).
k.   Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan karakteristik Satuan Pendidikan.

              Contoh :
            Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut:
a.  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran yang diikuti.
b.  Tidak terdapat 3 mata pelajaran atau lebih, pada kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan/atau sikap yang belum tuntas/belum baik pada semester kedua.
c.   Ketidakhadiran peserta didik tanpa keterangan maksimal 15% dari jumlah hari efektif.
4.    Keterangan pindah keluar Satuan Pendidikan diisi dengan:
a.   Tanggal ditetapkannya keluar dari Satuan Pendidikan.
b.   Kelas yang ditinggalkan pada saat keluar dari Satuan Pendidikan.
c.   Alasan keluar dari Satuan Pendidikan.
d.   Waktu penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
e.   Pengesahan kepindahan keluar Satuan Pendidikan dikuatkan dengan tanda tangan orang tua/wali peserta didik.
5.    Keterangan pindah masuk Satuan Pendidikan diisi dengan:
a.   Nama peserta didik yang masuk diisi lengkap.
b.   Identitas peserta didik ditulis apabila pindah masuk ke sekolah baru (mutasi dari luar ke dalam Satuan Pendidikan).
c.   Waktu penandatanganan pengesahan oleh Kepala Sekolah dan tanda tangan kepala sekolah dibubuhi stempel.
6.    Catatan prestasi yang pernah dicapai diisi dengan:
a.  Identitas peserta didik.
b.  Catatan prestasi yang menonjol pada bidang kurikuler (akademik), ekstra kurikuler (nonakademik), dan catatan khusus lainnya yang berhubungan dengan sikap serta hal-hal selain kurikuler dan ekstra kurikuler (misalnya memenangkan kejuaraan dalam ajang pencarian bakat, dan sebagainya).


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " PEDOMAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK SMK BAGIAN 3"

Post a Comment