KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
BIDANG
KEAHLIAN : PARIWISATA
PROGRAM
KEAHLIAN : TATA BOGA
PAKET
KEAHLIAN : JASA BOGA
MATA PELAJARAN :
SANITASI, HYGIENE
DAN KESELAMATAN KERJA BIDANG
MAKANAN
KELAS
X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1. Menghayati
dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui
menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan kerja
sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
|
||
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1.
Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai aspek
terkait dengan pemahaman sanitasi, hygiene
dan keselamatan kerja
2.2.
Menunjukkan perilaku amaliah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pekerjaan
2.3.
Menunjukan perilaku cinta damai dan toleransi dalam membangun kerjasama dan
tanggungjawab dalam implementasi kesehatan dan keselamatan
kerja.
|
||
|
3.1.
Mendeskripsikan
peranan, ruang lingkup dan menerapkan prosedur hygiene dan
sanitasi bidang makanan.
3.2.
Menganalisis
jenis-jenis , struktur dan perkembangbiakan mikroorganisme di
bidang makanan.
3.3.
Menganalisis
resiko hygiene terkait kerusakan makanan
3.4.
Menganalisis
resiko hygiene terkait keracunan makanan di tempat kerja.
3.5.
Memahami bakteri penyebab keracunan makanan.
3.6.
Menerapkan
personal hygiene bidang
makanan.
3.7.
menerapkan
peraturan hygiene dapur.
3.8.
Menentukan
kesadahan air.
3.9.
Memahami bahan pengotor, bahan pembersih , dan bahan
saniter.
3.10.
Menganalisis pembersihan dan sanitasi peralatan dan
ruang.
3.11.
Membedakan sampah
3.12.
Mendeskripsikan
keselamatan dan kecelakaan kerja
3.13.
Memahami
api dan kebakaran
3.14.
Memahami
alat pelindung kerja
3.15.
Memahami
kesehatan kerja
3.16.
Memahami
penyakit akibat kerja
|
||
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1.
Menilai penerapan prosedur hygiene
dan sanitasi makanan
4.2.
Melakukan
penanganan makanan untuk mencegah perkembangbiakan mikroorganisme yang
merugikan
4.3.
Menilai kerusakan makanan
4.4. Mengevalusi
kasus keracunan makanan
4.5.
Menyimpulkan bakteri yang menjadi
penyebab terjadinya keracunan makanan
4.6. Mengevaluasi penerapan personal hygiene saat mengolah dan melayani
makan
4.7.
Mengevaluasi
penerapan hygiene dapur
melalui pengamatan atau data
4.8. Melakukan
proses pengurangan kesadahan air.
4.9.
Merencanakan
kebutuhan bahan pembersih dan bahan
saniter.
4.10.
Membersihkan dan mensanitasi peralatan dan ruang kerja.
4.11. Melakukan
penanganan sampah.
4.12. Melakukan
identifikasi resiko bahaya untuk
mengurangi kecelakaan kerja dan
memberi pertolongan pertama pada kecelakaan.
4.13. Menangani
kebakaran.
4.14.
Menggunakan alat pelindung diri saat melakukan
pekerjaan.
4.15. Mengecek kesehatan lingkungan kerja.
4.16.
Mengevaluasi
kasus penyakit
akibat kerja.
|
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
MATA
PELAJARAN : PENGETAHUAN
BAHAN MAKANAN
KELAS
X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui
menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan kerja
sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
|
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1. Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam memenemukan dan
memahami karakteristik dan jenis-jenis bahan makanan
2.2. Menunjukkan
perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong) dalam
melakukan pengamatan sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai dan toleransi dalam membangun kerjasama dan
tanggungjawab dalam implementasi pemilihan bahan makanan untuk
pengolahan makanan pada situasi kerja
|
3. Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural
dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
|
3.1.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari daging dan hasil
olahnya
3.2.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari unggas hasil olahnya
3.3.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari ikan dan hasil laut
( fish and sea food )
3.4.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari susu dan hasil olahnya
3.5.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari telur dan hasil
olahnya
3.6.
Menganalisis lemak dan minyak
3.7.
Mendeskripsikan bahan makanan dari serealia (gandum dan
beras) dan hasil olahnya
3.8.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari kacang-kacangan dan hasil olahnya
3.9.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari sayuran dan buah-buahan
3.10.
Membedakan bumbu dan rempah
3.11.
Mendeskripsikan
bahan makanan tambahan
3.12.
Mendeskripsikan
bahan minuman (kopi, teh, coklat)
3.13.
Mendeskripsikan
bahan makanan dari gula dan hasil
olahnya
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1. Menilai
mutu daging dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.2. Menilai
mutu unggas dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.3. Menilai mutu ikan dan hasil olahnya serta
perubahannya setelah pengolahan.
4.4. Menilai
mutu susu dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.5. Menilai
mutu telur dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.6. Mengevaluasi perubahan sifat-sifat
lemak dan minyak akibat pengolahan.
4.7. Mengevaluasi perubahan sifat-sifat bahan makanan dari
serealia akibat pengolahan.
4.8. Menilai mutu kacang-kacangan dan
hasil olahnya.
4.9. Mengevaluasi
perubahan sifat sayuran dan buah-buahan
akibat perlakukan saat penyiapan bahan dan proses pengolahan.
4.10. Mengecek bumbu dan rempahyang terdapat pada makanan berdasarkan
hasil identifikasi prganoleptik
(bentuk rasa, bau,
warna).
4.11. Mengevaluasi
sifat-sifat bahan makanan tambahan.
4.12. Mengevaluasi
perubahan sifat kopi, teh, coklat akibat proses pengolahan.
4.13.Mengevaluasi
perubahan sifat-sifat gula saat pengolahan.
|
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
MATA
PELAJARAN BOGA DASAR
KELAS
X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menghayati
dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui
pengembangan berbagai keterampilan dasar mengolah makanan dan kue sebagai
tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
|
|
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1.
Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menerapkan teknik
pengolahan makanan
2.2.
Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam melakukan pembelajaran
sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3.
Menunjukan perilaku cinta damai dan toleransi dalam membangun kerjasama dan
tanggungjawab dalam implementasi sikap kerja
|
|
|
3.1.
Membedakan
peralatan pengolah makanan (alat masak dan
pesawat masak)
3.2. Menjelaskan berbagai penanganan dasar pengolahan
makanan
3.3. Menganalisis potongan bahan makanan
3.4.
Menentukan teknik pengolahan makanan
3.5.
Menganalisis
garnish makanan dan minuman
berdasarkan jenis dan karakteristiknya
3.6.
Mendeskripsikan jenis, karakteristik bahan, dan alat yang digunakan untuk alas dari lipatan
daun.
3.7. Mendeskripsikan jenis, karakteristik bahan, dan alat yang digunakan untuk wadah dari sayuran dan
buah.
3.8. Menganalisis bumbu dasar dan
turunannya pada masakan
Indonesia secara organoleptik
3.9. Menganalisis berbagai sambal pada makanan Indonesia
secara organoleptik
|
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1. Mengoperasikan peralatan pengolah
makanan (pesawat masak)
4.2. Melakukan penanganan dasar
pengolahan makanan
4.3. Membuat potongan bahan makanan
4.4. Melakukan berbagai teknik
pengolahan makanan
4.5.
Membuat
garnish makanan dan minuman
4.6. Membuat alas hidangan dari lipatan daun
4.7. Membuat wadah hidangan dari sayuran dan buah
4.8. Membuat bumbu dasar dan turunannya
untuk masakan Indonesia
4.9. Membuat sambal pada masakan
Indonesia
|
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
MATA
PELAJARAN ILMU GIZI
KELAS
X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menghayati
dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui
pengembangan berbagai keterampilan dasar merancang dan mengolah makanan dan
kue sesuai kebutuhan tubuh sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang
dianutnya.
|
|
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1.
Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu dalam
pembelajaran merancang dan mengolah makanan yang diperlukan tubuh
2.2.
Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong) dalam melakukan pembelajaran
sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3.
Menunjukan perilaku cinta damai dan toleransi dalam membangun kerjasama dan
tanggungjawab dalam implementasi sikap kerja
|
|
|
3.1.
Mendeskrisikan zat
gizi sumber zat energi/tenaga
(karbohidrat dan lemak) yang diperlukan tubuh.
3.2.
Mendeskrisikan zat
gizi sumber zat pembangun yang diperlukan
tubuh.
3.3.
Mendeskrisikan zat
gizi sumber mineral sebagai zat
pengatur yang diperlukan tubuh.
3.4.
Mendeskrisikan zat
gizi sumber vitamin sebagai zat
pengatur yang diperlukan tubuh.
3.5.
Menjelaskan Daftar
Komposisi Bahan Makanan dan Daftar Bahan Makanan Penukar.
3.6.
Menjelaskan Daftar
Angka Kecukupan Gizi (AKG).
3.7.
Menjelaskan menu seimbang.
3.8.
Menyusun dan menganalisis rancangan menu seimbang untuk bayi dan balita setelah diolah
3.9.
Menyusun dan menganalisis rancanganmenu seimbang untuk remaja setelah diolah
3.10. Menyusun dan menganalisis rancanganmenu seimbang untuk dewasa setelah diolah
3.11. Menyusun dan menganalisis rancanganmenu seimbang untuk manula setelah diolah
|
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
4.1.
Mengevaluasi kasus
kekurangan sumber zat gizi penghasil
tenaga berdasarkan data
4.2.
Mengevaluasi kasus
kekurangan sumber zat gizi pembangun
berdasarkan data
4.3.
Mengevaluasi kasus
kekurangan zat gizi sumber mineral
berdasarkan data
4.4.
Mengevaluasi kasus
kekurangan zat gizi sumber vitamin
berdasarkan data
4.5.
Menggunakan Daftar
Komposisi Bahan Makanan dan Daftar Bahan Makanan Penukar untuk menghitung zat
gizi
4.6.
Menggunakan Angka
Kecukupan Gizi untuk menghitung kecukupan zat gizi
4.7.
Mengevaluasi menu
berdasarkan prinsip menu seimbang
4.8.
Mengolah dan menyajikan menu seimbang bayi dan balita.
4.9.
Mengolah dan menyajikan menu seimbang remaja.
4.10.
Mengolah dan menyajikan menu seimbang untuk dewasa.
4.11.
Mengolah dan menyajikan menu seimbang untuk manula.
4.12.
Mengolah dan menyajikan menu seimbang wanita hamil dan menyusui.
|
Belum ada tanggapan untuk "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARSANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA BIDANG MAKANAN"
Post a Comment