KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARSANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA BIDANG MAKANAN



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BIDANG KEAHLIAN                        : PARIWISATA
PROGRAM KEAHLIAN        : TATA  BOGA
PAKET KEAHLIAN               : JASA  BOGA
MATA PELAJARAN             : SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN  KERJA BIDANG MAKANAN

KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.    Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya

1.1.     Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan kerja sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1.      Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai aspek terkait dengan pemahaman sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja
2.2.      Menunjukkan perilaku amaliah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pekerjaan
2.3.      Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi kesehatan dan keselamatan kerja. 
3.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

3.1.     Mendeskripsikan peranan, ruang lingkup dan menerapkan prosedur  hygiene dan sanitasi bidang makanan.
3.2.     Menganalisis jenis-jenis , struktur dan perkembangbiakan mikroorganisme di bidang makanan.
3.3.     Menganalisis resiko hygiene terkait kerusakan makanan
3.4.     Menganalisis resiko hygiene terkait keracunan makanan di tempat kerja.
3.5.     Memahami  bakteri penyebab keracunan makanan.
3.6.     Menerapkan  personal hygiene bidang makanan.
3.7.     menerapkan peraturan hygiene dapur.
3.8.     Menentukan kesadahan air.
3.9.     Memahami  bahan pengotor, bahan pembersih , dan bahan saniter.
3.10.  Menganalisis  pembersihan dan sanitasi peralatan dan ruang.
3.11.  Membedakan  sampah
3.12.  Mendeskripsikan keselamatan dan kecelakaan kerja
3.13.  Memahami api dan kebakaran
3.14.  Memahami alat pelindung kerja
3.15.  Memahami kesehatan kerja
3.16.  Memahami penyakit akibat kerja
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


4.1.     Menilai penerapan prosedur hygiene dan sanitasi makanan
4.2.     Melakukan penanganan makanan untuk mencegah perkembangbiakan mikroorganisme yang merugikan
4.3.     Menilai kerusakan makanan
4.4.     Mengevalusi kasus keracunan makanan
4.5.     Menyimpulkan bakteri yang menjadi penyebab terjadinya keracunan  makanan
4.6.     Mengevaluasi penerapan personal hygiene saat mengolah dan melayani makan
4.7.     Mengevaluasi penerapan hygiene dapur melalui  pengamatan atau data
4.8.     Melakukan proses pengurangan kesadahan air.
4.9.     Merencanakan kebutuhan  bahan pembersih dan bahan saniter.
4.10.  Membersihkan  dan mensanitasi peralatan dan  ruang kerja.
4.11.  Melakukan penanganan sampah.
4.12.  Melakukan identifikasi resiko bahaya  untuk mengurangi kecelakaan kerja dan memberi pertolongan pertama pada kecelakaan.
4.13.  Menangani kebakaran.
4.14.  Menggunakan alat pelindung diri saat melakukan pekerjaan.
4.15.  Mengecek kesehatan lingkungan kerja.
4.16.  Mengevaluasi kasus penyakit akibat kerja.















KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

MATA  PELAJARAN :   PENGETAHUAN  BAHAN  MAKANAN

KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.    Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya

1.1.       Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan kerja sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1.      Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam memenemukan dan memahami karakteristik dan jenis-jenis bahan makanan
2.2.      Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pengamatan sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3.      Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi pemilihan bahan makanan untuk pengolahan makanan pada situasi kerja
3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

3.1.      Mendeskripsikan bahan makanan dari  daging dan hasil olahnya
3.2.      Mendeskripsikan bahan makanan dari  unggas  hasil olahnya
3.3.      Mendeskripsikan bahan makanan dari  ikan dan hasil laut ( fish and sea food )
3.4.      Mendeskripsikan bahan makanan dari  susu  dan hasil olahnya
3.5.      Mendeskripsikan bahan makanan dari  telur dan hasil olahnya
3.6.      Menganalisis lemak dan minyak
3.7.      Mendeskripsikan  bahan makanan dari serealia (gandum dan beras) dan hasil olahnya
3.8.      Mendeskripsikan bahan makanan dari kacang-kacangan dan hasil olahnya
3.9.      Mendeskripsikan bahan makanan dari sayuran dan buah-buahan
3.10.   Membedakan  bumbu dan rempah
3.11.   Mendeskripsikan bahan makanan tambahan 
3.12.   Mendeskripsikan bahan minuman (kopi, teh, coklat)
3.13.   Mendeskripsikan bahan makanan dari  gula dan hasil olahnya
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1.       Menilai  mutu daging dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.2.       Menilai  mutu unggas dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.3.       Menilai mutu ikan dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.4.       Menilai  mutu susu dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.5.       Menilai  mutu telur dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan.
4.6.       Mengevaluasi perubahan sifat-sifat lemak dan minyak  akibat pengolahan.
4.7.       Mengevaluasi  perubahan sifat-sifat bahan makanan dari serealia  akibat pengolahan.
4.8.       Menilai mutu kacang-kacangan dan hasil olahnya.
4.9.       Mengevaluasi perubahan sifat sayuran dan buah-buahan  akibat perlakukan saat penyiapan bahan dan proses  pengolahan.
4.10.     Mengecek bumbu dan  rempahyang terdapat pada makanan berdasarkan hasil identifikasi  prganoleptik  (bentuk  rasa, bau, warna).
4.11.     Mengevaluasi sifat-sifat bahan makanan tambahan.
4.12.     Mengevaluasi perubahan sifat kopi, teh, coklat akibat proses pengolahan.
4.13.Mengevaluasi perubahan sifat-sifat gula saat pengolahan.




















KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA  PELAJARAN BOGA  DASAR

KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.      Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya
1.1.    Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan dasar mengolah makanan dan kue sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1.   Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menerapkan teknik pengolahan makanan
2.2.   Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3.   Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja

3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.   Membedakan  peralatan pengolah makanan (alat masak dan pesawat masak)
3.2.   Menjelaskan  berbagai penanganan dasar pengolahan makanan
3.3.   Menganalisis  potongan bahan makanan
3.4.   Menentukan  teknik pengolahan makanan
3.5.   Menganalisis garnish makanan dan minuman berdasarkan  jenis dan karakteristiknya
3.6.   Mendeskripsikan  jenis, karakteristik   bahan, dan alat  yang digunakan untuk alas dari lipatan daun.
3.7.   Mendeskripsikan   jenis, karakteristik   bahan, dan alat  yang digunakan untuk wadah dari sayuran dan buah.
3.8.   Menganalisis bumbu dasar dan turunannya pada  masakan Indonesia secara organoleptik
3.9.   Menganalisis berbagai  sambal pada makanan Indonesia secara organoleptik
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1.   Mengoperasikan peralatan pengolah makanan (pesawat masak)
4.2.   Melakukan penanganan dasar pengolahan makanan
4.3.   Membuat potongan bahan makanan
4.4.   Melakukan berbagai  teknik  pengolahan makanan
4.5.   Membuat garnish makanan dan minuman
4.6.   Membuat  alas hidangan dari lipatan daun
4.7.   Membuat  wadah hidangan dari sayuran dan buah
4.8.   Membuat bumbu dasar dan turunannya untuk masakan Indonesia
4.9.   Membuat sambal pada masakan Indonesia








































KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA  PELAJARAN  ILMU  GIZI

KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.      Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya

1.1.    Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan dasar merancang dan mengolah makanan dan kue sesuai kebutuhan tubuh sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1.   Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu  dalam pembelajaran merancang dan mengolah makanan yang diperlukan tubuh
2.2.   Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3.   Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
3.     Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.      Mendeskrisikan zat gizi  sumber zat energi/tenaga (karbohidrat dan lemak) yang diperlukan tubuh.
3.2.      Mendeskrisikan zat gizi  sumber zat pembangun yang diperlukan tubuh.
3.3.      Mendeskrisikan zat gizi  sumber mineral sebagai zat pengatur yang diperlukan tubuh.
3.4.      Mendeskrisikan zat gizi  sumber vitamin sebagai zat pengatur yang diperlukan tubuh.
3.5.      Menjelaskan Daftar Komposisi Bahan Makanan dan Daftar Bahan Makanan Penukar.
3.6.      Menjelaskan Daftar Angka Kecukupan  Gizi (AKG).
3.7.      Menjelaskan menu seimbang.
3.8.      Menyusun dan menganalisis  rancangan menu  seimbang untuk bayi dan balita setelah diolah
3.9.      Menyusun dan menganalisis rancanganmenu  seimbang untuk remaja setelah diolah
3.10.   Menyusun dan menganalisis rancanganmenu seimbang untuk dewasa setelah diolah
3.11.   Menyusun dan menganalisis rancanganmenu seimbang untuk manula setelah diolah
3.12. Menyusun dan menganalisis rancanganmenu seimbang untuk wanita hamil dan menyusui setelah diolah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1.    Mengevaluasi kasus kekurangan  sumber zat gizi penghasil tenaga berdasarkan data
4.2.    Mengevaluasi kasus kekurangan  sumber zat gizi pembangun berdasarkan data
4.3.    Mengevaluasi kasus kekurangan   zat gizi sumber mineral berdasarkan data
4.4.    Mengevaluasi kasus kekurangan  zat gizi sumber vitamin berdasarkan data
4.5.    Menggunakan Daftar Komposisi Bahan Makanan dan Daftar Bahan Makanan Penukar untuk menghitung zat gizi
4.6.    Menggunakan Angka Kecukupan Gizi untuk menghitung kecukupan zat gizi
4.7.    Mengevaluasi menu berdasarkan prinsip menu seimbang
4.8.    Mengolah  dan menyajikan menu seimbang bayi dan balita.
4.9.    Mengolah  dan menyajikan menu seimbang remaja.
4.10.  Mengolah  dan menyajikan menu seimbang untuk dewasa.
4.11.  Mengolah  dan menyajikan menu seimbang untuk manula.
4.12.  Mengolah  dan menyajikan menu seimbang wanita hamil dan menyusui.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASARSANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA BIDANG MAKANAN"

Post a Comment