KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN IPA TERAPAN



                   SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (MAK)

BIDANG KEAHLIAN  PARIWISATA
MATA PELAJARAN DASAR BIDANG KEAHLIAN PARIWISATA

                                                KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

                                                       MATA PELAJARAN  IPA TERAPAN

KELAS X                                   
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya diaturoleh Sang Pencipta
1.2    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua unsur di dalamnya
2.   Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung-jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1       Memahami besaran pokok dan turunannya
3.2       Mendeskripsikan jenis, bagian-bagian , fungsi , dan cara menggunakan  berbagai  alat ukur
3.3       Memahami hukum newton dan konsep gaya
3.4       Memahami elatisitas dan tegangan permukaan
3.5       Memahami konsep usaha,  energi, dan daya
3.6       Memahami suhu, kalor, perpindahan kalor
3.7       Menganalisis materi dan perubahannya
3.8       Menganalisis jenis dan sifat dari berbagai wujud zat
3.9       Memahami struktur atom,  dan sifat-sifat periodik unsur dan konfigurasi elektron
3.10     Memahami unsur, senyawa dan campuran
3.11     Mendeskripsikan ikatan ion dan kovalen
3.12     Mendeskripsikan larutan ,  kelarutan dan konsentrasi
3.13     Mendeskripsikan asam, basa dan garam
3.14     Mendeskripsikan struktur, fungsi,  penyusun dan  komposisi bahan kimia utama sel
3.15     Mendeskripsikan jenis, fungsi, dan cara kerja  enzyme dan hormone
3.16     Mendeskripsikan difusi dan osmosis
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1       Mengukur besaran dan konversinya
4.2       Menggunakan alat ukur
4.3       Menggunakan hukum newton untuk menyajikan gerak sentrifugal, dan gaya gesekan
4.4       Mengukur  elastisitas bahan yang digunakan
4.5       Menggunakan konsep usaha dan energy untuk memecahkan kasus gerak
4.6       Menalar terjadinya proses perambatan panas dengan menggunakan konsep suhu, kalor dan perambatan panas
4.7       Menggunakan  konsep perubahan materi untuk pemecahan masalah kehidupan
4.8       Mengklasifikasi  bahan berdasarkan  sifat-sifat wujudnya
4.9       Menalar terjadinya kasus-kasus terbentuknya senyawa dengan menggunakan  konsep atom
4.10    Menalar kasus-kasus  yang terjadi sehari-hari berdasarkan konsep  senyawa dan campuran
4.11    Menalar pembentukan senyawa dengan menggunakan konsep ikatan ion dan ikatan kovalen
4.12    Membuat larutan pada  konsentrasi tertentu
4.13    Menalar proses kejadian di alam akibat  pengaruh  asam, basa dan garam
4.14    Mengidentifikasi perbedaan komponen sel (hewan, tumbuhan)
4.15    Menalar terjadinya kasus sehari-hari  terkait dengan sifat dan kerja enzym
4.16    Menalar  peristiwa difusi dan osmosis yang terjadi sehari-hari













KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN  IPA TERAPAN

KELAS:  XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1     Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya diaturoleh Sang Pencipta
1.2     Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua unsur di dalamnya
2.   Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan diskusi
2.2      Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah 
3.1       Memahami  jenis , besaran, dan peralatan kelistrikan
3.2       Memahami  jenis, sifat-sifat, dan aplikasi cermin dan lensa
3.3       Memahami  tentang reaksi kimia dan faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia
3.4       Mendeskripsikan tentang oksidasi dan reduksi terkait dengan pengertian, sifat-sifat, dan jenis
3.5       Memahami  sistem koloid (emulsi, koloid dan suspensi)
3.6       Mendeskripsikan tentang senyawa organik
3.7       Memahami  jenis dan sifat senyawa alkohol
3.8       Memahami jenis, sifat-sifat, dan komponen karbohidrat
3.9       Mendeskripsikan jenis, sifat-sifat, dan komponen protein
3.10     Memahami jenis, sifat-sifat, dan komponen lemak
3.11     Mendeskripsikan zat kimia di sekitar  (udara dan air)
3.12     Mendeskripsikan jenis, sifat,dan  fungsi berbagai polimer
3.13     Memahami  jenis, sifat-sifat dan kegunaan pigmen
3.14     Mendeskripsikan komponen ekosistem, pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1     Menghitung besaran dan daya listrik dari peralatan yang digunakan
4.2     Membuat  alat sederhana dengan menggunakan konsep cermin dan lensa
4.3     Menalar kasus-kasus terjadinya reaksi kimia dalam kehidupan dengan menggunakan konsep  reaksi
4.4     Menalar terjadinya  berbagai peristiwa oksidasi dan reduksi
4.5     Membuat berbagai system koloid (emulsi, koloiddan suspense)
4.6     Memilih senyawa organic berdasarkan  hasil identifikasi sifat-sifatnya
4.7     Menyimpan senyawa alcohol berdasarkan sifat-sifatnya
4.8     Memilih senyawa karbohidrat berdasarkan jenis dan sifat-sifatnya
4.9     Menalar terjadinya peristiwa kerusakan makanan,  susut kain, dan penggunaannya pada kosmetik berdasarkan sifat-sifat protein
4.10     Memilih jenis lemak berdasarkan sifat-sifatnya
4.11     Menalar terjadinya peristiwa sehari-hari terkait dengan  bahan kimia di sekitar
4.12     Memilih bahan polimer berdasarkan hasil identifikasi sifat-sifatnya
4.13     Membuat pigmen dari bahan alami
4.14     Melakukan penanganan limbah yang ada di lingkungan


















KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

MATA PELAJARAN  PENGANTAR PARIWISATA

KELAS:  X

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.3    Menghayati karuniaTuhan Yang MahaEsa, melaluipemahaman selukbelukpariwisata dan mampu  menjaga, melestarikan keutuhan jiwa raga manusia sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya
2.   Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1    Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai aspek terkait dengan pariwisata
2.2    Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramahlingkungan, gotongroyong)  dalam melakukan pengamatan kondisi kepariwisataan sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3    Menunjukan perilaku cinta damai dan toleransi dalam membangun kerjasama sebagai wujud tanggungjawab dalam implementasi sikap kerja untuk melestarikan pariwisata
3.     Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1    Mendeskripsikan pengertian,  istilah dan sejarah pariwisata
3.2    Mendeskripsikan jenis dan ciri produk serta objek wisata
3.3    Mendeskripsikan skema , unsur  industri pariwisata
3.4    Mendeskripsikan jenis dan ruang lingkup karir pada industri pariwisata
3.5    Menjelaskan usaha-usaha jasa wisata
3.6    Menjelaskan usaha-usaha sarana usaha
3.7    Mendeskripsikan usaha-usaha daya tarik wisata
3.8    Mendeskripsikan dampak dan kondisi industri  pariwisata
3.9    Mendeskripsikan modal dasar pengembangan industri pariwisata
3.10  Mendeskrispkan organisasi kepariwisataan (internasional, regional dan nasional)
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1     Membandingkan sejarah wisata di berbagai  wilayah terkait dengan pengembangan pariwisatanya
4.2     Mengevaluasi berbagai objek wisata yang ada di Indonesia
4.3     Menentukan kebutuhan unsur industri pariwisata pada suatu objek wisata
4.4     Menganalisis jenis dan ruang lingkup karir pada industri pariwisata berdasarkan daerah pengembangan wisata
4.5     Membedakan karakteristik berbagai usaha jasa wisata
4.6     Membedakan karakteristik berbagai usaha sarana wisata
4.7     Membedakan karakteristik berbagai usaha daya tarik wisata
4.8     Menganalisis dampak negatif dan positif industri pariwisata di suatu daerah
4.9     Mengevaluasi berbagai potensi wisata suatu wilayah untuk pengembangan industri pariwisata
4.10   Membandingkan berbagai organisasi kepariwisataan






































KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN  PENGANTAR PARIWISATA

KELAS  XI

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Menghayati karunia Tuhan Yang MahaEsa, melalui pemahaman seluk beluk pariwisata dan mampu  menjaga, melestarikan keutuhan jiwa raga manusia sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya
2.   Menghayati dan mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
1.1  Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai aspek terkait dengan pariwisata
1.2    Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotongroyong)  dalam melakukan pengamatan kondisi kepariwisataan sebagai bagian dari sikap ilmiah
1.3    Menunjukan perilaku cinta damai dan toleransi dalam membangun kerjasama sebagai wujud tanggungjawab dalam implementasi sikap kerja untuk melestarikan pariwisata
3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1      Memahami  pemangku kepentingan dan kebijakan terkait dengan industri pariwisata
3.2      Mendeskripsikan hubungan ekonomi, kebudayaan dan politik terkait dengan pariwisata
3.3      Menjelaskan berbagai daya tarik  daerah  tujuan  pariwisata
3.4      Mengidentifikasi motivasi , tujuan perjalanan dan jenis wisata
3.5      Memahami jenis dan karakteristik wisatawan nusantara dan domestik
3.6      Memahami pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan siklus keluarga saat perjalanan wisata
3.7      Mendeskripsikan dokumen Perjalanan Wisata
3.8      Mendeskrispkan persiapan perjalanan wisata
3.9      Mendeskripsikan publisitas pariwisata
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
3.1      Mengevaluasi berbagai kebijakan kepariwisataan sebagai dasar pengembangan industry pariwisata di daerahnya
3.2      Mengevaluasi kebudayaan , ekonomi di suatu daerah pariwisata untuk pengembangan wisata
3.3      Merencanakan pengembangan  daya tarik wisata  berdasarkan potensi  daerah
3.4      Menggunakan  motivasi dan tujuan suatu perjalanan wisata untuk pengembangan wisata
3.5      Menyusun rencana promosi objek wisata berdasarkan jenis dan karakteristik wisatawan
3.6      Mengevaluasi  berbagai pola pengeluaran wisatawan berdasarkan  data wisatawan di  suatu wilayah
3.7      Menyiapkan  berbagai  dokumen perjalanan wisata
3.8      Menyusun rencana persiapan perjalanan wisata
3.9      Merencanakan publisitas pariwisata































MATA  PELAJARAN DASAR PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA
PAKET KEAHLIAN JASA BOGA
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN  SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN  KERJA
KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.     Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya

1.1. Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan kerja sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai aspek terkait dengan pemahaman sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja
2.2. Menunjukkan perilaku amaliah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pekerjaan
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi kesehatan dan keselamatan kerja. 
3.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

3.1. Mendeskripsikan peranan, ruang lingkup dan persyaratan  hygiene dan sanitasi bidang makanan
3.2. Mendeskripsikan jenis-jenis , struktur dan perkembangbiakan mikroorganisme
3.3. Menganalisis resiko hygiene (keracunan dan kerusakan makanan) di tempat kerja
3.4. memahami  mikroorganisme penyebab keracunan makanan
3.5. Memahami  bahan pembersih dan bahan saniterr
3.6. Memahami  cara membersihkan dan mensanitasii peralatan dan ruang
3.7. Menjelaskan keselamatan kerja meliputi keselamatan dan kecelakaan kerja;  api dan kebakaran ; dan alat pelindung kerja
3.8. Mendeskripsikan  kesehatan kerja meliputi persyaratan ruang dan alat kerja dan penyakit akibat kerja
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1. Menilai penerapan hygiene perorangan (personal hygiene) di dapur dan ruang pelayanan makanan
4.2. Melakukan penanganan makanan untuk mencegah perkembangbiakan mikroorganisme yang merugikan
4.3. Menilai kerusakan makanan
4.4. Menyimpulkan faktor penyebab keracunan  makanan
4.5. Merencanakan kebutuhan  bahan pembersih dan bahan saniter
4.6. Membersihkan  dan mensanitasi peralatan dan  ruang kerja
4.7. Melakukan identifikasi resiko bahaya  untuk mengurangi resiko bahaya (kecelakaan kerja).
4.8. Menilai kesehatan area kerja
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA  PELAJARAN PENGETAHUAN  BAHAN  MAKANAN
KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.    Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya

1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui menjaga dan melestarikan keutuhan jiwa, raga manusia serta lingkungan kerja sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam memenemukan dan memahami karakteristik dan jenis-jenis bahan makanan
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pengamatan sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi pemilihan bahan makanan untuk pengolahan makanan pada situasi kerja
3.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

3.1. Mendeskripsikan bahan makanan dari  daging dan hasil olahnya
3.2. Mendeskripsikan bahan makanan dari  unggas  hasil olahnya
3.3. Mendeskripsikan bahan makanan dari  ikan dan hasil laut ( fish and sea food )
3.4. Mendeskripsikan bahan makanan dari  susu  dan hasil olahnya
3.5. Mendeskripsikan bahan makanan dari  telur dan hasil olahnya
3.6. Mendeskripsikan lemak dan minyak
3.7. Mendeskripsikan  bahan makanan dari serealia (gandum dan beras) dan hasil olahnya
3.8. Mendeskripsikan bahan makanan dari kacang-kacangan dan hasil olahnya
3.9. Mendeskripsikan bahan makanan dari sayuran dan buah-buahan
3.10.  Mendeskripsikan  bumbu dan rempah
3.11.  Mendeskripsikan bahan makanan tambahan 
3.12.  Mendeskripsikan bahan minuman (kopi, teh, coklat)
3.13.  Mendeskripsikan bahan makanan dari  gula dan hasil olah nya
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1. Mengevaluasi  mutu daging dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan
4.2. Mengevaluasi  mutu unggas dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan
4.3. Mengevaluasi  mutu ikan dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan
4.4. Mengevaluasi  mutu susu dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan
4.5.  Mengevaluasi  mutu telur dan hasil olahnya serta perubahannya setelah pengolahan
4.6. Mengevaluasi perubahan sifat-sifat lemak dan minyak  akibat pengolahan
4.7. Menalar perubahan sifat-sifat bahan makanan dari serealia  akibat pengolahan
4.8. Membedakan karakteristik jenis kacang-kacangan dan hasil olahnya
4.9.   Mengevaluasi perubahan sifat sayuran dan buah-buahan  akibat perlakukan saat penyiapan bahan dan proses  pengolahan
4.10.  Mengevaluasi bumbu dan  rempah berdasarkan hasil identifikasi bentuk  rasa, bau, warna
4.11.  Mengevaluasi sifat-sifat bahan makanan tambahan
4.12.  Mengevaluasi perubahan sifat kopi, teh, coklat akibat proses pengolahan
4.13.Mengevaluasi perubahan sifat-sifat gula saat pengolahan



















KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA  PELAJARAN BOGA  DASAR
KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.      Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan dasar mengolah makanan dan kue sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan, menerapkan teknik pengolahan makanan
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
2.4. Menghadapi
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.     Mendeskripsikan peralatan pengolah makanan (alat masak dan pesawat masak)
3.2.     Menjelaskan  berbagai penanganan dasar pengolahan makanan
3.3.     Mendeskripsikan potongan bahan makanan
3.4.     Menjelaskan berbagai teknik pengolahan makanan
3.5.     Menganalisis garnish makanan dan minuman berdasarkan  jenis dan karakteristiknya
3.6.     Mendeskripsikan  jenis, karakteristik   bahan, dan alat  yang digunakan untuk alas dari lipatan daun.
3.7.     Mendeskripsikan   jenis, karakteristik   bahan, dan alat  yang digunakan untuk wadah dari sayuran dan buah.
3.8.     Menganalisis bumbu dasar dan turunannya pada  masakan Indonesia
3.9.     Menganalisis berbagai  sambal pada makanan Indonesia
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1.     Mengoperasikan peralatan pengolah makanan (pesawat masak)
4.2.     Melakukan penanganan dasar pengolahan makanan
4.3.     Membuat potongan bahan makanan
4.4.     Melakukan berbagai  teknik  pengolahan makanan
4.5.     Membuat garnish makanan dan minuman
4.6.     Membuat  alas hidangan dari lipatan daun
4.7.     Membuat  wadah hidangan dari sayuran dan buah
4.8.     Membuat bumbu dasar dan turunannya untuk masakan Indonesia
4.9.     Membuat sambal pada masakan Indonesia


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA  PELAJARAN  ILMU  GIZI
KELAS X
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR

1.      Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang dianutnya

1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan dasar merancang dan mengolah makanan dan kue sesuai kebutuhan tubuh sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu  dalam pembelajaran merancang dan mengolah makanan yang diperlukan tubuh
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dalam pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.   Mendeskrisikan zat gizi  sumber zat energi/tenaga (karbohidrat dan lemak) yang diperlukan tubuh
3.2.   Mendeskrisikan zat gizi  sumber zat pembangun yang diperlukan tubuh
3.3.   Mendeskrisikan zat gizi  sumber mineral sebagai zat pengatur yang diperlukan tubuh
3.4.   Mendeskrisikan zat gizi  sumber vitamin sebagai zat pengatur yang diperlukan tubuh
3.5.   Menginterpretasikan Daftar Komposisi Bahan Makanan
3.6.   Menjelaskan Daftar Angka Kecukupan  Gizi (AKG)
3.7.   Menjelaskan menu seimbang
3.8.   Menyusun menu  untuk bayi dan balita
3.9.   Menyusun menu  untuk remaja
3.10. Menyusun menu untuk dewasa dan manula
3.11. Menyusun menu untuk wanita hamil dan menyusui
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1. Mengevaluasi kasus kekurangan  sumber zat gizi penghasil tenaga berdasarkan data
4.2. Mengevaluasi kasus kekurangan  sumber zat gizi pembangun berdasarkan data
4.3. Mengevaluasi kasus kekurangan   zat gizi sumber mineral berdasarkan data
4.4. Mengevaluasi kasus kekurangan  zat gizi sumber vitamin berdasarkan data
4.5. Menggunakan Daftar Komposisi Bahan Makanan untuk menghitung zat gizi
4.6. Menggunakan Angka Kecukupan Gizi untuk menghitung kecukupan zat gizi
4.7. Mengevaluasi menu berdasarkan prinsip menu seimbang
4.8. Mengevaluasi rancangan menu seimbang bayi dan balita setelah diolah
4.9. Mengevaluasi rancangan menu seimbang remaja setelah diolah
4.10.  Mengevaluasi rancangan menu seimbang manula setelah diolah
4.11.  Mengevaluasi rancangan menu seimbang wanita hamil dan menyusui setelah diolah








































MATA  PELAJARAN  PAKET KEAHLIAN JASA BOGA
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA  PELAJARAN TATA  HIDANG
KELAS XI
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1    Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan pelayanan   makan dan minum  sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran melayani makan dan minum 
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari profesional
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja

3.       Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.   Mendeskripsikan rancangan menu (menu planning)
3.2.   Memilih peralatan makan dan minum ; alat hidang serta lenan
3.3.   Membedakan lipatan serbet
3.4.   Menganalisis  penataan meja (table set-up)
3.5.   Menjelaskan jenis ,karakteristik , dan persyaratan petugas pelayanan makan dan minum
3.6.   Menentukan pelayanan makan dan minum di restoran

4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1.   Menilai  rancangan menu (menu planning) berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan menu
4.2.   Menyiapkan peralatan makan dan minum; alat serta lenan berdasarkan menu
4.3.   Membuat lipatan serbet
4.4.   Menata meja (table set-up)
4.5.   Menyusun persyaratan kebutuhan  petugas pelayanan
4.6.   Melayani makan dan minum di restoran






KELAS XII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
 1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.2    Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan pelayanan   makan dan minum  sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
 2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.4. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran melayani makan dan minum 
2.5. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari profesional
2.6. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
 3.      Memahami, menerapkan , menganalisis  dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.   Menentukan penataan meja prasmanan (buffet)
3.2.   Mengevaluasi  layanan makan minum di kamar
3.3.    Membedakan berbagai minuman non alcohol
3.4.   Menganalisis minuman panas
3.5.   Menganalisis minuman dingin
 4.      Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1. Menata meja prasmanan (buffet)
4.2.    Melayani pesanan makan minum di kamar
4.3.   Membuat minuman non alkohol
4.4.   Membuat minuman panas
4.5.   Membuat minuman dingin












KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN PENGOLAHAN  DAN  PENYAJIAN MAKANAN  KONTINENTAL

KELAS XI
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
     1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengolah dan menyajikan makanan continental  sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
     2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengolah dan menyajikan makanan kontinental
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari profesional
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
     3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1. Mendeskripsikan ruang lingkup,  pola susunan menu dan karakteristik makanan kontinental
3.2. Menganalisis kaldu   (stock )
3.3. Membedakan saus (sauce) dan turunannya
3.4. Menganalisis makanan pembuka (appetizer)
3.5. Menganalisis  salad
3.6. Mendeskripsikan Sandwich
3.7. Mendeskripsikan hidangan dari sayuran dan telur
3.8. Mendeskripsikan hidangan dari pasta
3.9.     Mendeskripsikan hidangan dari unggas
3.10.  Mendeskripsikan hidangan dari daging
3.11.  Mendeskripsikan hidangan dari  sea food
3.12.  Menganalisis makanan penutup (dessert)
  4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1.   Mengklasifikasi berbagai menu makanan continental berdasarkan karakteristiknya
4.2.   Membuat kaldu  (stock)
4.3.   Membuat Saus (sauce) turunannya
4.4.   Membuat makanan pembuka 
4.5.   Menyiapkan salad
4.6.   Membuat Sandwiches
4.7.   Membuat hidangan dari sayuran dan telur
4.8.   Membuat hidangan dari pasta
4.9.   Membuat hidangan dari unggas
4.10. Membuat hidangan dari daging
4.11. Membuat  hidangan dari sea food
4.12. Membuat  makanan penutup (dessert ) 




KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA  PELAJARAN PENGOLAHAN  DAN  PENYAJIAN MAKANAN  INDONESIA
KELAS XI
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
     1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengolah dan menyajikan makanan Indonesia  sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
     2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengolah dan menyajikan makanan Indonesia
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap profesional
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.   Mendeskripsikan salad Indonesia
3.2.   Menjelaskan  pengertian, jenis, karakteristik sup Indonesia
3.3.   Menjelaskan  pengertian, jenis, karakteristik soto Indonesia
3.4.   Membedakan hidangan dari nasi 
3.5.   Mendeskripsikan hidangan dari mie

  4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

4.1.     Membuat  salad Indonesia
4.2.     Membuat  sup Indonesia
4.3.     Membuat soto Indonesia
4.4.     Membuat hidangan dari nasi
4.5.     Membuat hidangan mie






KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENGOLAHAN  DAN  PENYAJIAN MAKANAN  INDONESIA
KELAS XII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
     1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengolah dan menyajikan makanan Indonesia  sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
     2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengolah dan menyajikan makanan Indonesia
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap profesional
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
     3.    Memahami, menerapkan , menganalisis  dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1.   Menganalisis makanan sepinggan
3.2.   Menganalisis lauk pauk masakan Indonesia
3.3.   Membedakan hidangan sayur Indonesia
3.4.   Mendeskripsikan makanan penutup Indonesia
3.5.   Menyusun set menu makanan Indonesia

   4.        Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1.   Membuat makanan sepinggan
4.2.   Membuat lauk- pauk  masakan Indonesia
4.3.   Membuat hidangan sayur  Indonesia
4.4.   Membuat makanan  penutup Indonesia
4.5.   Membuat set menu makanan Indonesia









KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN HIDANGAN  KESEMPATAN KHUSUS DAN FUSION FOOD
KELAS XII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
     1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengolah dan menyajikan hidangan untuk kesempatan khusus dan fusion food  sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
     2.  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengolah dan menyajikan hidangan untuk kesempatan khusus dan fusion food 
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap profesional
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
3.     Memahami, menerapkan , menganalisis  dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
4.1      Mendeskripsikan hidangan untuk kesempatan khusus
4.2      Menganalisis hidangan kesempatan khusus untuk acara keagamaan
4.3      Menganalisis hidangan kesempatan khusus untuk acara adat istiadat
4.4      Menganalisis hidangan kesempatan khusus untuk acara perkawinan
4.5      Memahami pengertian, latar belakang, contoh, dan karakteristik makanan fusion (fusion food)
4.6      Mengevaluasi makanan pembuka dengan teknik fusion (fusion food)
4.7      Mengevaluasi makanan utama (main course) dengan teknik fusion (fusion food)
4.8      Mengevaluasi makanan penutup dengan teknik fusion (fusion food)
4.9      Mengevaluasi kue dengan teknik fusion

 4.      Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1.     Membandingkan karakteristik berbagai hidangan kesempatan khusus di berbagai wilayah Indonesia
4.2.     Membuat hidangan kesempatan  khusus untuk acara keagamaan
4.3.     Membuat makanan kesempatan khusus untuk acara adat
4.4.     membuat  hidangan khusus untuk acara perkawinan
4.5.     Merancang makanan dengan teknik  fusion (fusion food)
4.6.     Membuat  makanan pembuka dengan teknik fusion
4.7.     Membuat  makanan utama (main course) dengan teknik fusion
4.8.     Membuat  makanan penutup  dengan teknik fusion
4.9.     Merancang resep kue dengan teknik fusion
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENGELOLAAN USAHA BOGA
KELAS XII
KOMPETENSI  INTI
KOMPETENSI  DASAR
 1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1.   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengelola usaha boga sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
 2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengelola usaha boga
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap profesional
2.3. Menunjukan perilaku cinta damai  dan toleransi dalam membangun kerjasama dan tanggungjawab dalam  implementasi sikap kerja
3.    Memahami, menerapkan , menganalisis  dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
3.1. Menganalisis berbagai  usaha  boga
3.2. Menganalisis produk makanan di pasaran
3.3. Memahami promosi dan pemasaran produk boga
3.4. Mendeskripsikan tujuan, prosedur, metode, persyaratan petugas, dan administrasi  pembelian bahan makanan
3.5. Mendeskripsikan tujuan, prosedur, persyaratan petugas , dan administrasi   penerimaan dan penyimpanan bahan makanan
3.6. Menjelaskan jumlah produk, system produksi dan kebutuhan tenaga kerja
3.7. Memahami pengemasan produk jasa boga
3.8. Menjelaskan cara menghitung berbagai biaya produksi, harga jual dan titik impas makanan
3.9. Merencanakan usaha jasa boga
 4.    Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
4.1.   Menentukan jenis usaha boga yang dapat dikembangkan berdasarkan data tentang kebutuhan konsumen
4.2.   Menentukan produk makanan yang akan dijual
4.3.   Merencanakan promosi dan pemasaran produk boga
4.4.   Membuat administrasi pembelian bahan makanan
4.5.   Membuat administrasi penerimaan dan penyimpanan bahan makanan
4.6.   Merencanakan   jumlah produk,system produksi dan kebutuhan tenaga kerja usaha boga
4.7.   Melakukan pengemasan produk jasa boga
4.8.   Menghitung harga pokok produksi, harga jual dan titik impas
4.9.   Mengelola usaha jasa Boga


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN IPA TERAPAN"

Post a Comment