|
PEMERINTAH
KABUPATEN GARUT
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3
Jl. Merdeka
No. 121 Telp : (0262) 233071 Fax : (0262) 233171
Website : www.smkn3garut.net
Email :
info@smkn3garut.net
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK Negeri
3 Garut
Program Studi
Keahlian : Tata
Boga
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran :
Boga Dasar (C2-Peminatan)
Materi
Pelajaran : Teknik Pengolahan Makanan (Teknik Panas Kering)
Waktu : 2 x Pertemuan ( @ 7 x 45 Menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan mensyukuri ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual dan prosedural dalam
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalardan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengolah
dan menyajikan makanan Indonesia
sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya
2.1. Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengolah
dan menyajikan makanan.
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur,disiplin,tanggung jawab,
peduli,santun,ramah lingkungan, gotong royong ) dalam melakukan pembelajaran
sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3. Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam pembelajaran sehari-hari
sebagai wujud implementasi
sikap kerja
3.4 Menentukan teknik pengolahan makanan
4.4 Melalukan
berbagai teknik pengolahan makanan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
|
Menunjukkan sikap taat menjalankan ajaran agama
|
2.2.1
|
Menunjukkan sikap Teliti
dan cermat dalam melalukan teknik pengolahan makanan
|
2.2.2
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melalukan teknik pengolahan makanan
|
2.2.3
|
Menunjukkan sikap kreatif dalam melalukan teknik pengolahan makanan
|
2.2.4
|
Menunjukkan
sikap dapat bekerjasama dalam melalukan teknik pengolahan makanan
|
3.4.1
|
Menjelaskan pengertian teknik pengolahan makanan
panas kering
|
3.4.2
|
Menjelaskan jenis-jenis teknik pengolahan makanan panas kering
|
3.4.3
|
Menyebutkan bahan dan alat yang digunakan untuk melakukan teknik
pengolahan makanan panas kering
|
3.4.4
|
Menjelaskan cara melakukan berbagai teknik pengolahan makanan panas kering
|
4.4.1
|
Melakukan berbagai teknik pengolahan makanan panas kering
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
kegiatan diskusi dan mencoba melalui kerjasama, toleransi, dan tanggung jawab , siswa dapat :
1.
Menjelaskan 1 pengertian teknik pengolahan makanan dengan percaya diri
2.
Menjelaskan 2 jenis teknik pengolahan makanan dengan percaya diri
3.
Menentukan teknik pengolahan makanan sesuai dengan
nama jenis hidangan dengan percaya diri
4.
Menjelaskan 1 pengertian teknik pengolahan makanan panas kering dengan percaya
diri
5.
Menjelaskan 1 fungsi teknik pengolahan makan panas kering dengan percaya diri
6.
Menjelaskan 6 jenis teknik pengolahan makanan panas kering dengan percaya diri
7.
Menjelaskan karateristik masing-masing teknik pengolahan makanan panas kering dengan
percaya diri
8.
Menjelaskan 4 hal yang harus diperhatikan didalam teknik-teknik pengolahan makanan panas kering dengan percaya diri
9.
Melakukan 5 teknik
pengolahan makanan panas kering
E. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian teknik pengolahan makanan
2.
Jenis-jenis teknik pengolahan makanan
3.
Pengertian teknik pengolahan makanan panas kering
4.
Fungsi pengolahan makanan panas kering
5.
Karakteristik jenis tehnik pengolahan makanan panas kering
6.
Hal-hal yang harus diperhatikan didalam teknik-teknik pengolahan makanan panas kering
F. Kegiatan Pembelajaran
Peretemuan 1
Kegiatan
|
Metode Pembelajaran Inquiry
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru
mengucapkan salam pada siswa
2.
Guru
meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas (melatih siswa untuk lingkungan
bersih/disiplin)
3.
Guru
meminta salah satu dari siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing
4.
Guru
mengabsen kehadiran siswa (diberi pesan moral : bersyukur masih bisa hadir di
sekolah)
5.
Sebagai
appersepsi, guru mengajukan pertanyaan materi yang sudah dipelajari, tentang teknik pengolahan makanan
6.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, siswa menyimak dan mencatatnya
7.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan, yaitu menggunakan model pembelajaran Inquiry.
|
10
Menit
|
|
Inti
|
Orientasi Masalah
Pengumpulan data dan verivikasi
Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi
Analisis proses inquiry
|
1. Mengamati
a. Guru Memberikan pertanyaan tentang
jenis-jenis pengolahan makanan panas kering.
b. Siswa menyimak pertanyaan yang diberikan
guru tentang jenis-jenis pengolahan makanan panas kering
dan mengamati vidio tentang berbagai jenis-jenis tehnik pengolahan makanan
panas kering.
c. Siswa membahas hasil tayangan vidio tentang
teknik-teknik
pengolahan makanan panas kering.
2. Menanya
a. Siswa pada masing-masing kelompok membuat
daftar pertanyaan yang terkait dan hal-hal yang masih belum dipahami dalam
tanyangan vidio
b. Setiap pertanyaan dari setiap kelompok
diminta untuk dituliskan pada secarik kertas untuk didiskusikan dalam
kelompok
3. Mengumpulkan
Data
a. Siswa yang sudah terbagi dalam kelompok
mendiskusikan :
·
Pengertian
teknik pengolahan makanan panas kering
· Fungsi pengolahan makanan panas kering
·
Bahan dan alat yang digunakan untuk melakukan teknik pengolahan
makanan panas kering
·
Cara melakukan teknik pengolahan makanan panas kering
b. Siswa melakukan diskusi untuk mengumpulkan
data terkait dengan tugas kelompok yang dibuat, lalu melakukan analisis dari pertanyaan-pertanyaan yang sudah
dibuatnya
c. Siswa mencatat data hasil diskusi kelompok
d. Selama kegiatan berlangsung guru melakukan
pengamatan sikap terkait dengan kedisiplinan, tanggungjawab, kerjasama dan
prakarsa siswa, serta mencatat semua hal/persitiwa yang terjadi di kelas .
4. Mengoasosiasi
a. Setiap kelompok melakukan analisis hasil
diskusi kelompok tentang teknik pengolahan makanan panas kering
b. Setiap kelompok menyimpulkan hasil diskusi
kelompok tentang teknik pengolahan makanan panas kering sebelum dipresentasikan
5. Mengkomunikasikan
a. Semua kelompok mempersiapkan, bahan hasil
diskusi untuk dipresentasikan
b. Guru mengingatkan aturan yang harus dipatuhi
oleh masing-masing kelompok saat presentasi
dilakukan dan mengingatkan pentingnya toleransi, peduli dan sikap santun saat
menjawab dan mengajukan pertanyaan
c. Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya, kelompok lain memberi masukan hasil kerja kelompok yang
presentasi.
d. Guru menyimak presentasi dari masing-masing
kelompok sambil menilai hasil kerja siswa
e. Guru memberi umpan balik dan penguatan
materi di akhir diskusi
f. Peserta didik melakukan analisis proses
inquiry yang telah dilakukan dan memperbaiki hasil diskusi kelompok
berdasarkan masukan dari kelompok lain dan umpan balik dari gurunya.
|
295
Menit
|
|
Penutup
|
|
1.
Guru memberikan penguatan dari hasil pembelajaran.
2.
Guru
memberi refleksi terhadap proses hasil pembelajaran
3.
Guru
bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan hasil diskusi
4.
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
5.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok yaitu membuat perencanaan praktik melakukan teknik
pengolahan makanan panas kering
6.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
10 Menit
|
PERTEMUAN KE 2 :
Kegiatan
|
Metode Pembelajaran Project Based Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru
mengucapkan salam pada siswa
2.
Guru
meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas (melatih siswa untuk
lingkungan bersih/disiplin)
3.
Guru
meminta salah satu dari siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing
4.
Guru
mengabsen kehadiran siswa (diberi pesan moral : bersyukur masih bisa hadir di
sekolah)
5.
Sebagai
appersepsi, guru mengajukan pertanyaan materi yang sudah dipelajari, tentang teknik pengolahan makanan panas kering
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, siswa
menyimak dan mencatatnya
7. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan.
|
|
Inti
|
Orientasi Masalah
Pengumpulan data dan verivikasi
Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi
Analisis proses
|
1.
Mengamati
a.
Guru
Memberikan pertanyaan tentang
· Kriteria hasil dari teknik
pengolahan makanan panas kering
·
Proses
selama pembuatan berbagai teknik
pengolahan makanan
b.
Siswa
menyimak pertanyaan yang diberikan guru tentang kriteria hasil dan proses teknik
pengolahan makanan panas kering.
c.
Siswa
melakukan 5 teknik pengolahan makanan panas kering dan memperhatikan tentang kriteria hasil dan proses dalam teknik pengolahan
makanan panas kering
2.
Menanya
a.
Siswa
pada masing-masing kelompok
membuat daftar pertanyaan yang terkait dan hal-hal yang masih belum dipahami selama
dalam melakukan 5 teknik pengoalan makanan panas kering
b.
Setiap
pertanyaan dari setiap kelompok diminta untuk dituliskan pada secarik kertas
untuk didiskusikan dalam kelompok
3.
Mengumpulkan Data
a. Siswa
menyiapkan alat dan bahan untuk melakukan teknik
pengolahan makanan panas kering
b. Siswa yang sudah terbagi dalam kelompok
melakukan 5 teknik pengolahan makanan panas kering
· Baking
· Roasting
· Sauteing
· Grilling
· Deep Frying
c. Siswa membuat
catatan-catatan dari hasil melakukan teknik pengolahan makanan panas
kering
4.
Mengasosiasi
a. Siswa
mengevaluasi hasil praktik melakukan teknik
pengolahan makanan panas kering
b. Siswa
menyiapkan materi untuk presentasi dari hasil evaluasi
5. Mengkomunikasikan
Siswa mengkomunikasikan
hasil praktiknya melakukan teknik
pengolahan makanan panas kering
|
295 Menit
|
Penutup
|
|
1. Guru
memberikan penguatan dari hasil pembelajaran pada pertemuan itu
2. Guru memberi refleksi terhadap proses hasil
pembelajaran
3. Guru bersama-sama dengan siswa membuat
rangkuman atau kesimpulan hasil diskusi
4. Guru memberi umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
5. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan
salam .
|
10 Menit
|
G. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat :
LCD Proyektor, Laptop
Bahan :
Media :
Vidio dan gambar tehnik-tehnik pengolahan makanan
Sumber :
·
Prihastuti Ekawatiningsih,dkk
2008 Restaurant Jilid I.Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku Resep Masakan Indonesia
H.
Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis / Teknik Penilaian
No
|
Aspek
|
Jenis/Teknik
|
Instrumen
|
1.
|
Sikap
|
Non tes
·
Observasi
·
Jurnal
|
· Observasi
· Form
Jurnal
|
2.
|
Pengetahuan
|
Test
·
Tertulis
Non Test
·
Penugasan
|
· Soal
Test tertulis
· Lembar
Tugas
· Lembar
Penilaian Tugas
|
3.
|
Keterampilan
|
Non Test
·
Portofolio
·
Project Work
Test
·
Tertulis
|
· Lembar
Penilaian Portofolio
· Lembar
Penilaian Project Work
· Soal
Test Tertulis
|
2.
Instrumen
penilaian dan penskoran
a.
Observasi Penilaian
sikap (Terlampir)
b.
Rubrik
Penilaian Sikap (Terlampir)
c.
Lembar Penilaian
Diskusi (Terlampir)
d.
Lembar Penilaian
Presentasi (Terlampir)
e.
Jurnal (Terlampir)
f.
Lembar Penilaian Praktik (Terlampir)
g.
Kriteria
Penilaian Tes Praktik (Terlampir)
Soal Tes Tertulis untuk Pengetahuan
1.
JeJelaskan 1 pengertian teknik pengolahan makanan panas kering !
2.
Sebutkan 6 jenis teknik pengolahan makanan panas kering !
3.
Jelaskan karateristik masing-masing teknik pengolahan makanan panas kering !
4.
Jelaskan prinsip yang harus diperhatikan pada teknik
pengolahan Sauting (To Saute )
5.
Jelaskan ciri-ciri makanan yang dihasilkan dari teknik pengolahan
Deep Frying !
Soal Tes Tertulis untuk Keterampilan
Jelaskan 3 teknik
pengolahan makanan panas kering
Pedoman Penskoran
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jelaskan 1 pengertian tehnik pengolahan makanan panas kering
|
Pengertian tehnik pengolahan
makanan panas kering adalah penghantaran panas kering pada
makanan melalui udara panas, metal panas, radiasi atau lemak panas.
|
5
|
2
|
Jelaskan 6 jenis tehnik pengolahan
makanan panas basah
|
1.
Baking
2.
Roasting
3.
Gilling
4.
Frying
5.
Sauting
|
5
|
3
|
Jelaskan karateristik masing-masing teknik
pengolahan makanan panas basah
|
1.
Baking
Tehnik memasak makanan dengan menggunakan panas udara yang
mengitarinya.
2.
Roasting
Tehnik memasak makanan di atas rak dan langsung di atas api.
3.
Grilling
Tehnik memasak yang dikerjakan di atas grill yang diletakkan di
atas sumber panas.
4.
Deep Frying
Tehnik memasak dengan menggunakan minyak yang
banyak
5.
Sauting
Tehnik memasak secara cepat dengan sedikit
minyak.
|
20
|
4
|
Jelaskan prinsip yang
harus diperhatikan pada teknik pengolahan Sauting (To Saute )
|
Prinsip
yang harus diperhatikan pada teknik Sauting adalah :
a. Bahan makanan dipotong tipis dan
rapi.
b. Gunakan mentega atau minyak dan
biarkan sampai memanas.
c. Masukkan bahan makanan jika minyak
sudah benar-benar panas.
d. Tumis bumbu hingga beraroma harum
e. Makanan matang dengan merata,
untuk itu harus di bolak-balik secara cepat.
|
10
|
5
|
Jelaskan ciri-ciri makanan yang dihasilkan dari teknik pengolahan
Deep Frying !
|
Ciri-ciri
makanan yang dihasilkan dari pengolahan Deep Frying adalah :
a. Hanya sedikit lemak yang terhisap
oleh makanan.
b. Makanan hanya kehilangan sedikit
cairan, kecuali jika terlalu masak.
c. Memiliki warna kuning emas yang
menarik.
d. Tidak ada aroma tambahan lemak
yang dipakai untuk menggoreng pada makanan.
|
10
|
Soal Tes Tertulis untuk Keterampilan
No
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
6
|
Jelaskan
langkah-langkah teknik pengolahan makanan panas kering
1. Sauting : daging ayam
2. Deep Frying
3. Grilling
|
1. Sauting
·
Panaskan wajan, tuangi sedikit minyak
·
Masukkan daging ayam yang sudah dipotong tipis dan diberi bumbu
·
Balik daging, angkat setelah kedua sisi daging matang.
2. Deep Frying
·
Gunakan minyak dengan titik asap tinggi
·
Sebelum memasukkan bahan makanan pastikan terlebih dahulu suhu sudah
mencapai temperatur yang ditetapkan.
·
Masak dahulu bahan makanan yang memerlukan waktu pengolahan yang lama
·
Tiriskan bahan makanan yang telah matang dari minyak sebelum disajikan
.
3. Grilling
·
Bahan makanan dipotong terlebih dahulu menjadi bagian-bagian
kecil sebelum dipanggang.
·
Temperatur diatur dengan cara menggerakkan makanan ke tempat yang
lebih panas dari panggangan.
·
Bahan makanan yang diolah akan menimbulkan aroma yang khas dari lemak.
|
50
|
∑ Skor perolehan
Nilai = X
100
Skor
Maksimal (100)
Belum ada tanggapan untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP] SMK Negeri 3 Garut Kelas X Semester I Thn 2014 BOGA DASAR Teknik Pengolahan Makanan [Teknik Panas Kering]"
Post a Comment