|
Sintaks Problem based learning
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomunikasi-kan
|
|
Mengorientasi peserta didik pada masalah
|
· Mengamati teks anekdot yang diberikan guru terkait
dengan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis,
respon, dan coda)
dan kaidah kebahasaan teks anekdot
|
·
Mengajukan pertanyaan tentang
pengertian teks anekdot, struktur teks anekdot, kaidah kebahasaan teks
anekdot, dan hubungan antara isi teks anekdot dengan bahasa yang komunikatif
|
|
|
|
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
|
|
|
·
Mencari informasi tentang pengertian
teks anekdot, struktur teks anekdot, kaidah kebahasaan teks anekdot
· Diskusi kelompok untuk mencari informasi mengenai struktur isi teks
anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dan hubungan antara
isi teks anekdot dengan bahasa yang komunikatif
|
|
|
Membimbing
Penyelidikan Mandiri
|
|
|
Latihan mengerjakan tugas identifikasi struktur teks
dan kaidah kebahasaan dengan dibimbing guru
|
Mengolah data
hasil data diskusi dan data yang diperoleh dari
latihan mengerjakan tugas; serta menyimpulkan data terkait dengan pertanyaan
yang diajukan
|
|
Mengembangkan
dan Menyajikan Karya
|
|
|
|
|
Mempresentasikan data hasil kesimpulan sesuai dengan
pertanyaan yang diajukan
|
Analisis
dan Evaluasi
|
|
|
|
|
Menganalisis dan mengevaluasi hasil presentasi setiap kelompok
|
Sintak
Discovery
Learning
|
Langkah/Kegiatan Pembelajaran
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomunika-sikan
|
|
Stimulation
(Pemberian
Stimulus)
|
mendiskusikan dampak dari kecerobohan dalam melakukan
pengukuran,misalnya tidak tepat dan tidak teliti pada saat melakukan
pengamatan.
|
|
|
|
|
Problem Satatement
(Identifikasi
Masalah)
|
Kelompok
mendikusikan rumusan masalah, tujuan dan langkah kerja yang dilakukan
|
Mendiskusikan cara mengukur yang tepat dan teliti
|
|
|
|
Data Callecting
(Mengumpul-kan Data)
|
|
|
Mencoba menggunakan alat ukur
Praktik,pengukuran massa jenis batu kerikil
|
|
|
Data Processing
(Mengolah
Data)
|
|
|
|
Mengolah data, membuat grafik, dan persamaan regresi,
|
|
Verification
(Menguji
Hasil)
|
|
|
|
mengitung kesalahan pengukuran
|
|
Generalization
(Menyimpulkan)
|
|
|
|
Menyusun kesimpulan percobaan
|
Membuat laporan tertulis
|
Langkah/Kegiatan
Pembelajaran
|
|||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan
data/informasi
|
Mengasosiasi
|
Mengomuni-kasikan
|
|
Essential question
|
Mengamati fenomena sosial yang terjadi
di masyarakat
|
Mengidentifikasi masalah untuk
memperoleh masalah yang pokok sebagai landasan untuk melakukan penelitian
sosial dan kemudian dikembangkan menjadi rumusan masalah
|
|
|
|
Designing Project Plan
|
|
|
Menyusun rancangan penilitian sosial.
Menyusun intrumen penelitian
|
|
|
Creating Schedule
|
|
|
Membuat jadwal penelitian (rencana, pelaksanaan, dan
pelaporan)
|
|
|
Monitor the progress
|
|
|
Pengumpulan data penelitian
Guru memonitor aktivitas peserta didik selama proses
penelitian
|
|
|
Assess the outcome
|
|
|
|
Analisis data penelitian
Guru melakukan evaluasi tentang apa yang telah dilakukan oleh peserta
didik
|
|
Evaluate the experiment
|
|
|
|
Membuat kesimpulan dan laporan hasil penelitian tentang
fenomena sosial
|
Mempresentasikan hasil penelitian
tentang fenomena sosial
Melakukan refleksi bersama guru dg
peserta didik
|
Belum ada tanggapan untuk "Contoh Sintak Model Pembelajaran dan Aktivitas Pembelajaran (5M)"
Post a Comment