RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP] SMK Negeri 3 Garut kls XI Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Pembuatan Salad Indonesia




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan
:
SMK Negeri 3 Garut
Kelas/Semester
:
XI / 1
Mata Pelajaran
:
Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia
Materi Pokok
:
Pembuatan Salad Indonesia
Pertemuan ke
:
1 - 3
Alokasi Waktu
:
7 × 45 menit x 3

A.      KOMPETENSI INTI :
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1.       Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengolah dan menyajikan makanan Indonesia sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.1.       Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengolah dan menyajikan makanan Indonesia.
2.2.       Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,  ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap professional.
2.3.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja.
3.1.   Mendeskripsikan salad Indonesia.
4.1.   Membuat Salad Indonesia
                    
C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.1.1
Menunjukkan rasa syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui pengembangan berbagai keterampilan mengolah dan menyajikan makanan Indonesia sebagai tindakan pengamalan menurut agama yang dianutnya.
2.1.1
Tekun saat belajar materi salad Indonesia
2.1.2
Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan pada saat kegiatan berlangsung
2.1.3
Bekerjasama dalam mempelajari materi salad Indonesia
2.1.4
Menunjukkan sikap kreatif dalam mempelajari materi salad Indonesia
2.1.5
Menunjukkan disiplin pada saat praktik
3.1.1
Menjelaskan pengertian salad Indonesia.
3.1.2
Menjelaskan fungsi salad Indonesia.
3.1.3
Mengidentifikasi jenis-jenis salad Indonesia.
3.1.4
Mengidentifikasi saus untuk salad Indonesia.
3.1.5
Menjelaskan kriteria salad Indonesia
4.1.1
Menyiapkan bahan yang digunakan membuat salad Indonesia.
4.1.2
Menyiapkan peralatan yang digunakan membuat salad Indonesia.
4.1.3
Membuat salad Indonesia sesuai dengan kriteria hasil dan aspek higienis
4.1.4
Menyajikan salad Indonesia sesuai standar porsi, suhu penyajian dan alat hidang

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1.
Mendefinisikan 1  salad Indonesia dengan percaya diri.
2.
Menjelaskan fungsi 4 salad Indonesia dengan jujur .
3.
Mengidentifikasi jenis-jenis salad Indonesia teliti.
4.
Mengidentifikasi jenis saus untuk salad Indonesia.
5.
Menjelaskan 3 kriteria salad Indonesia
6.
Mengidentifikasi 3 bahan yang digunakan membuat salad Indonesia.
7.
Mengidentifikasi peralatan yang digunakan membuat salad Indonesia.
8
Menjelaskan cara membuat salad Indonesia dengan percaya diri
9.
Membuat salad Indonesia   sesuai  kriteria hasil dengan teliti
9.
Menyajikan salad Indonesia dengan kreatif




E.     MATERI PEMBELAJARAN

1.
Pengertian salad Indonesia.
2.
Fungsi salad Indonesia.
3.
Jenis-jenis salad Indonesia.
4.
Saus untuk salad Indonesia.
5.
Kriteria salad Indonesia
6.
Bahan untuk membuat salad Indonesia.
7.
Peralatan yang digunakan membuat salad Indonesia.
8.
Membuat salad Indonesia
9.
Menyajikan salad Indonesia

F.     MODEL / METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis  Project Based Learning.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Petemuan ke I
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.       Mengawali pembelajaran dengan berdoa dan memberi salam.
b.      Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses Kegiatan Belajar Mengajar  (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan
c.       Memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik
d.      Memotifasi peserta didik untuk lebih fokus dan semangat dalam mengikuti pembelajaran
e.       Menginformasikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai
f.       Menyampaikan cakupan materi secara garis besar.
20 menit
Inti
Mengamati
a.     Siswa mengamati foto/ film/ gambar atau membaca tentang macam-macam salad Indonesia

Menanya
a.    Guru menanyakan tentang materi dan video yang sudah diperlihatkan kepada siswa
b.    Siswa bertanya tentang materi yang sudah disampaikan terkait dengan pengertian salad, jenis-jenis, saus, bahan dan alat yang digunakan, cara pembuatan, kriteria hasil dan penyimpanan salad Indonesia serta apakah ada perbedaan dari masing-masing saus dan salad Indonesia tersebut.
 Mengumpulkan Data
    a.           Diskusi kelompok dengan menggunakan berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang diajukan terkait dengan salad Indonesia.
   b.           Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
    c.           Siswa terbagi dalam 4 kelompok kerja.
   d.           Masing-masing kelompok  membuat daftar pertanyaan yang terkait dengan apa saja yang telah diamati dalam tayangan video
    e.           Setiap pertanyan dari setiap kelompok diminta untuk dituliskan pada secarik kertas untuk didiskusikan dalam kelompok

Mengasosiasikan/mengolah informasi
a.    Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
b.    Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan
c.    Membahas studi kasus terkait materi.

Mengkomunikasikan
a.     Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
b.     Guru memberikan penjelasan singkat untuk penguatan sekaligus memberi kesimpulan


320 menit
Penutup
1.    Guru memberikan penguatan dari hasil pembelajaran pada pertemuan itu
2.    Guru  memberi refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran
3.    Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan hasil diskusi
4.    Guru memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
5.    Guru  menyampaikan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok, yaitu mencari resep salad yang menggunakan saos kacang dan kelapa.
6.    Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

20 menit
TOTAL
360








Petemuan ke 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru  mengucapkan salam pada siswa.
2.    Guru  meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas .
3.    Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
4.    Guru mengabsen kehadiran siswa
5.    Sebagai appersepsi, guru mengajukan pertanyaan materi yang sudah dipelajari yang terkait dengan materi yang akan dipelajari.
6.    Guru  menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
7.    Guru  mengkondisikan kelas dan siswa untuk menyiapkan alat dan bahan untuk praktik membuat salad dengan saos kacang dan kelapa
20 menit
Inti
Mengamati
Setiap kelompok mengamati lembar kerja.

Menanya
·      Masing-masing kelompok saling berdiskusi berkaitan dengan salad dengan langkah kerja yang ada di lembar kerja (saos kacang dan kelapa)

Mengumpulkan Data
·      Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk menmbuat salad dengan saos kacang dan kelapa sesuai dengan lembar kerja
·      Siswa  membuat dan menyajikan salad dengan saos kacang dan kelapa dengan lembar kerja

Mengasosiasi
·      Masing-masing kelompok menganalisis hasil masakannya
·      Kelompok menyiapkan hasil analisisnya untuk dipresentasikan

Mengkomunikasikan
·       Mempresentasikan hasil masakan dengan saos/bumbu kelapa yang sudah dibuat dengan cara menunjukkan hasil masakan yang dibuat

320 menit
Penutup
1.     Guru memberikan penguatan dari hasil pembelajaran pada pertemuan itu
2.     Guru  bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan hasil praktik.
3.     Guru  memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.     Guru  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok untuk pertemuan berikutnya, yaitu membuat perencanaan membuat salad yang menggunakan saos kecap dan cuka.
5.     Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
20 menit
TOTAL


Petemuan ke 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru  mengucapkan salam pada siswa.
2.      Guru  meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas .
3.      Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
4.      Guru mengabsen kehadiran siswa
5.      Sebagai appersepsi, guru mengajukan pertanyaan materi yang sudah dipelajari yang terkait dengan materi yang akan dipelajari.
6.      Guru  menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
7.      Guru  mengkondisikan kelas dan siswa untuk  membuat perencanaan salad dengan saos kecap, cuka dan gula
20 menit
Inti
1.    Mengamati :
Setiap kelompok mengamati lembar kerja

2.     Menanya
·   Masing-masing kelompok saling berdiskusi berkaitan dengan salad dengan langkah kerja yang ada di lembar kerja (saos kecap dan cuka)
·   Membuat pertanyaan untuk mencari tahu penyelesaian masalah.

3.    Mengumpulkan data
·      Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat salad dengan saos kecap, gula dan cuka sesuai dengan lembar kerja

·      Siswa  membuat salad dengan saos kecap, gula dan cuka dengan lembar kerja
·      Siswa menyajikan salad Indonesia
·      Siswa membedakan

4.    Mengasosiasi
·      Masing-masing kelompok menganalisis hasil masakannya
·      Kelompok menyiapkan hasil analisisnya untuk dipresentasikan

5.   Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil masakan dengan saos/bumbu kelapa yang sudah dibuat dengan cara menunjukkan hasil masakan yang dibuat

320  menit
Penutup
1.   Guru  bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan hasil diskusi.
2.   Guru  memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.   Guru juga menginformasikan setelah praktek siswa akan melaksanakan ulangan harian.
4.   Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

20 menit
TOTAL
360

H.      ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media             : Power Point, video, gambar.
2.      Alat                :
a.    Alat tulis-menulis : LCD, White Board, Boardmarker, Kertas
b.    Alat Pengolahan  besar : kompor refrigerator
c.    Alat pengolahan kecil : kom, pisau, telenan, parutan kelapa
d.   Alat hidang : dessert  plate, dinner plate.
e.    Bahan :
3.      Sumber belajar           :
-        Restoran, Prihastuti Ekawatiningsih, direktorat pembinaan sekolah menengah dan kejuruan 2008.
-        Modul Membuat Salad Indonesia






I.         PENILAIAN HASIL BELAJAR
NO.
ASPEK
JENIS/TEKNIK
INSTRUMEN
1.
Sikap
Non tes :
·   Observasi
·   Jurnal

·    Observasi
·    Form jurnal
2.
Pengetahuan
Tes
·   Tertulis
·  Soal tes tertulis

Non Tes
·  Penugasan
Lembar tugas
Lembar penilaian tugas
3.
Ketrampilan
Non Tes
·   Unjuk kerja

Tes
·   Tes tertulis

·  Lembar penilaian unjuk kerja


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran                        :  P2 Makanan Indonesia
Kelas/Semester                        :  XI / 1
Tahun Pelajaran                       :  2014/2015
Waktu Pengamatan                 :
Materi Pelajaran                      :  Salad Indonesia

FORMAT PENILAIAN SIKAP






















NO
NAMA
SIKAP YANG DIAMATI
DISIPLIN
KERJASAMA
KREATIVITAS
TANGGUNG
JAWAB
TEKUN
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1





















2





















3





















4





















5





















6





















7





















8





















9





















10





















11





















12





















13





















14





















15





















16





















17






















RUBRIK PENILAIAN SIKAP

NO
ASPEK
KRITERIA PENILAIAN

1.
DISIPLIN
1.    Hadir di kelas tepat waktu
2.    Mengikuti tatap muka dari awal hingga akhir
3.    Rapih berpakaian sesuai ketentuan yang berlaku
4.    Mengumpulkan tugas tepat waktu


4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
2.
KERJASAMA
1.    Tidak mendominasi di dalam kelas
2.    Menerima pendapat orang lain
3.    Berbagi informasi dengan teman lain
4.    Bersikap toleran kepada teman lain


4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
3.
KREATIVITAS
1.    Mengajukan saran/gagasan dalam kelas/kelompok
2.    Mengajukan pernyataan yang mersangkut paut dengan materi
3.    Kreatif dalam belajar
4.    Memberikan respon perkembangan kelompok


4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
4.
TANGGUNG JAWAB
1.    Melakukan tugas
2.    Komitmen terhadap tugas
3.    Konsekwen terhadap tindakan yang dilakukan
4.    Peduli terhadap tugas


4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi
5
TEKUN
1.    Menyukai tantangan
2.    Giat dalam belajar dan bekerja
3.    Tidak mudah menyerah
4.    Berusaha menjadi lebih baik


4 = Jika 4 kriteria terpenuhi
3 = Jika 3 kriteria terpenuhi
2 = Jika 2 kriteria terpenuhi
1 = Jika 1 kriteria terpenuhi







FORMAT JURNAL PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran
: Pengolahan dan Penyajian  Makanan Indonesia
Kelas / Semester
: XI/ 1


No
Hari /Tanggal
Nama Siswa
HASIL PENGAMATAN

Keterangan

Sikap Positif
Sikap Negatif

















































































































































Keterangan ;
Diisi oleh guru mata pelajaran mengenai kejadian atau sikap yang baik dan tidak baik yang ditunjukkan oleh siswa selama kegiatan belajar di sekolah.




LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN PRAKTIK

Mata Pelajaran            : Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia
Kelas/Semester            : XI/ 1
Tahun Pelajaran           : 2014/2015
Waktu Pengamatan     :

NO
NAMA SISWA
Komponen/Sub komponen yang dinilai
NILAI AKHIR
Persiapan alat
Persiapan  bahan
Proses
Hasil
Sikap kerja
Waktu
1








2








3
















































































































































































 

KRITERIA PENILAIAN
tes Praktik/unjuk kerja

NO
KOMPONEN/SUBKOMPONEN PENILAIAN
INDIKATOR
SKOR
1
2
3
4
I.
Persiapan Kerja
1.1  Menyiapkan peralatan
Lengkap sesuai
4
Peralatan kurang 2 macam
3
Peralatan kurang 3 macam
2
Peralatan kurang 4 macam
1
Tidak melakukan persiapan alat
0
1.2 Menyiapkan Bahan
Lengkap sesuai
4
Bahan kurang 1
3
Bahan kurang 2
2
Bahan kurang 3
1
Tidak melakukan persiapan bahan                    0Ti
0
II
Proses (Sistematika dan CaraKerja)

Teknik  penggunaan alat benar, penanganan bahan benar sistimatika benar dan menerapkan K3 selama bekerja
4
Satu indikator tidak terpenuhi
3
Dua indikator tidak terpenuhi
2
Tiga indikator tidak terpenuhi
1
Tidak melakukan seluruh kriteria yang ditentukan
0
III
Hasil Kerja

Sangat Baik
4


Baik
3
Cukup Baik
2
Kurang Baik
1
Tidak Baik
0
IV
Sikap Kerja
4.1 Penggunaan alat
Semua kriteria persyaratan terpenuhi
4
Satu persyaratan tidak terpenuhi
3
Dua persyaratan tidak terpenuhi
2
Lebih dari dua persyaratan tidak terpenuhi
1
Tidak sesuai dengan persyaratan
0
4.2 Keselamatan kerja
Semua kriteria persyaratan terpenuhi
4
Satu persyaratan tidak terpenuhi
3
Dua persyaratan tidak terpenuhi
2
Lebih dari dua persyaratan tidak terpenuhi
1
Tidak sesuai dengan persyaratan
0
V
Waktu
5.1 Waktu penyelesaian
 25% lebih cepat
4
 15% lebih cepat
3
Tepat Waktu
2
Tidak selesai tepat  waktu
1
Tidak  selesai
0

SOAL TES TERTULIS PENGETAHUAN

NO
SOAL
JAWABAN
SKOR
1.
Jelaskan pengertian salad Indonesia dengan teliti.
Salad Indonesia, yaitu hidangan yang segar rasanya, dapat terbuat dari sayur-sayuran atau buah-buahan yang dipotong-potong dan kemudian diberi saus atau dressing dengan ciri khas menggunakan bumbu Indonesia.

30
2.
Sebutkan macam-macam saos / bumbu salad

1.    Saos kacang
2.    Saos kelapa
3.    Saos kecap
4.    Saos cuka

10
3.
Tentukan salad yang diketahui dengan saos/bumbu yang digunakan
1.    Saos kacang : gado-gado, pecel, lotek, karedok.
2.    Saos kelapa : urapan, terancam, docang
3.    Saos kecap : ketoprak, tahu telur atau tahu campur, tahu kupat

30
4.
Jelaskan 3 kriteria salad Indonesia
Kombinasi warna bahan menarik, segar, saus tepat dan mencukupi.
20
5.
Sebutkan bahan yang digunakan membuat salad Indonesia.
Sayuran,  buah-buahan, bumbu
10
TOTAL

100











SOAL  TES TERTULIS UNTUK  KETERAMPILAN

N0
SOAL
JAWABAN
SKOR

1
Bahan dan alat apa saja yang biasa digunakan untuk membuat salad dengan saos kacang

 Bahan :
1.    Sayur-sayuran
2.    Lauk nabati (tahu, tempe)
3.    Telur
4.    Kerupuk
5.    Saos kacang
 Alat :
1.    Panci
2.    Wajan lengkap
3.    Blender/cobek lengkap
4.    Sendok kayu/sendok sayur
5.    Peniris
20
2
Bagaimana teknik pembuatan saos kacang
·      Kacang disangrai/digoreng, dikupas kulitnya, haluskan, sisihkan
·      Buat santan sedang
·      Bumbu yang lain dihaluskan kecuali gula merah
·      Kacang, bumbu lain dan santan dimasukkan dalam panci, rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk sampai cukup kental
·      Hidangkan
30
3
Bagaimana kriteria hasil yang baik dari saos/bumbu kacang

1.    Warna coklat
2.    Rasa agak manis, agak pedas
3.    Tekstur cukup kental (masih bisa dituang)
30
4
Jelaskan cara penyimpanan saos kacang dan saos yang lain
Dalam keadaan dingin dimasukkan dalam wadah yang bertutup rapat kemudian dimasukkan dalam refrigerator
20
Jumlah
100

Skor Akhir     :          Jumlah skor diperoleh  X 100
                               Skor maksimal


Mengetahui
Kepala Sekolah



Dra. Hj. Yetti Maryeti , MM
NIP. 195603171982032004


Guru Mata Pelajaran




Imas Ida Farida, S.Pd
NIP 197406202007012006


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP] SMK Negeri 3 Garut kls XI Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Pembuatan Salad Indonesia"

Post a Comment