|
PEMERINTAH
KABUPATEN GARUT
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3
Jl. Merdeka
No. 121 Telp : (0262) 233071 Fax : (0262) 233171
Website : www.smkn3garut.net
Email :
info@smkn3garut.net
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMK Negeri 3 Garut
Mata Pelajaran : Boga Dasar
Kelas /Semestar : X /2
Topik : Bumbu Dasar dan Turunannya pada Masakan
Indonesia
Alokasi Waktu : 4 x Pertemuan (7 x @ 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan mensyukuri ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dalam pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalardan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, melalui
pengembangan berbagai keterampilan
mengolah dan menyajikan makanan Indonesia sebagai tindakan pengamalan menurut
agama yang dianutnya.
2.1. Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran mengolah
dan menyajikan makanan.
2.2. Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur,disiplin,tanggung jawab,
peduli,santun,ramah lingkungan, gotong royong ) dalam melakukan pembelajaran
sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap kerja
3.8. Menganalisis bumbu dasar dan turunannya pada masakan
Indonesia
4.8. Membuat bumbu dasar dan turunannya untuk masakan Indonesia
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
|
Menunjukkan
sikap taat menjalankan ajaran agama
|
2.2.1
|
Menunjukkan
sikap rasa ingin tahu dalam membuat bumbu dasar dan turunannya pada masakan
Indonesia
|
2.2.2
|
Menunjukkan
sikap teliti dan cermat dalam membuat bumbu dasar dan turunannya pada masakan
Indonesia
|
2.2.3
|
Menunjukkan
sikap kreatif dalam membuat bumbu dasar dan turunannya pada masakan Indonesia
|
2.2.4
|
Menunjukkan
sikap dapat bekerjasama dalam membuat bumbu dasar dan turunannya pada masakan
Indonesia
|
2.2.5
|
Menunjukkan
sikap tanggungjawab dalam membuat bumbu dasar dan turunannya pada masakan
Indonesia
|
3.8.1
|
Menjelaskan pengertian bumbu dasar pada
masakan Indonesia
|
3.8.2
|
Menjelaskan jenis-jenis bumbu dasar dan
turunannya pada maskan Indonesia
|
3.8.3
|
Menjelaskan fungsi bumbu dasar dan turunannya
pada masakan Indonesia
|
3.8.4
|
Menjelaskan karesteristik bumbu dasar dan
turunan pada masakan Indonesia
|
3.8.5
|
Memilih bahan yang yang baik dalam pembuatan
bumbu dasar dan turunan pada masakan
Indonesia
|
3.8.6
|
Memilih alat yang tepat dalam pembuatan bumbu
dasar dan turunan pada masakan Indonesia
|
3.8.7
|
Menjelaskan penyimpanan bumbu dasar dan
turunannya pada masakan Indonesia
|
4.8.1
|
Menyiapkan bahan untuk pembuatan bumbu dasar
dan turunanya pada masakan Indonesia
|
4.8.2
|
Menyiapkan alat untuk pembuatan bumbu dasar
dan turunannya pada masakan Indonesia
|
4.8.3
|
Membuat bumbu dasar dan turunan pada masakan
Indonesia
|
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses mencari informasi,menanya,berdiskusi dan melaksanakan percobaan, siswa
dapat :
1.
Menjelaskan pengertian bumbu dasar dengan
percaya diri
2.
Menjelaskan 5 jenis-jenis bumbu dasar
dan turunannya dengan percaya diri
3.
Menjelaskan 3 fungsi bumbu dasar dan
turunannya dengan percaya diri
4.
Menjelaskan 3 karesteristik jenis-jenis
bumbu dasar dan turunannya dengan percaya diri
5.
Memilih bahan yang yang baik dalam
pembuatan bumbu dasar dengan percaya diri
6.
Memilih alat yang tepat dalam pembuatan
bumbu dasar percaya diri
7.
Menjelaskan penyimpanan bumbu dasar
dengan percaya diri
8.
Menyiapkan bahan untuk pembuatan bumbu
dasar dan turunannya pada masakan Indonesia
9.
Menyiapkan alat untuk pembuatan bumbu
dasar dan turunannya pada masakan
10. Membuat
bumbu dasar dan turunannya pada masakan
Indonesia
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian bumbu dasar
2.
Jenis-jenis bumbu dasar dan turunannya pada
masakan Indonesia
3.
Fungsi bumbu dasar dan turunannya pada masakan Indonesia
4.
Karesterisrik bumbu dasar dan turunannya
pada masakan Indonesia
5.
Pemilihan bahan yang baik dalam pembuatan bumbu dasar dan
turunannya
6.
Pemilihan alat yang tepat dalam
pembuatan bumbu dasar dan turunannya
7.
Teknik penyimpanan bumbu dasar dan
turunannya
8.
Bahan untuk pembuatan bumbu dasar dan
turunannya pada masakan Indonesia
9.
Alat untuk Pembuatan bumbu dasar dan
turunannya pada masakan Indonesia
10. Pembuatan
bumbu dasar dan turunannya pada masakan
Indonesia
F.
Kegiatan
Pembelajaran
PERTEMUAN
KE 1 :
Kegiatan
|
Metode
Pembelajaran : Inquiry
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru mengucapkan
salam pada siswa.
2.
Guru
meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas .
3.
Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin
berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
4.
Guru mengabsen kehadiran siswa dan menekankan
penting rasa syukur dan pentingnya disiplin
5.
Sebagai appersepsi, guru mengajukan pertanyaan
materi yang akan dipelajari.
6.
Selanjutnya
guru menyampaikan tujuan pembelajaran, siswa menyimak dan mencatatnya.
7.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan siswa.
8.
Guru
mengkondisikan kelas dan siswa untuk diskusi kelompok.
|
25
menit
|
Inti
|
Orientasi
masalah
Mengumpulkan
data dan verifikasi
Pengorganisasian
dan formulasi eksplanasi
Analisis data Inquiry
|
1. Mengamati
a.
Siswa mengamati gambar tentang pembuatan bumbu
dasar pada masakan Indonesia
b.
Siswa membahas hasil pengamatan gambar
2.
Menanya
a.
Siswa masing-masing kelompok membuat daftar pertanyaan yang terkait
dengan apa saja yang telah diamati dalam pengamatan gambar dan hal-hal yang
belum di pahami
b.
Setiap pertanyan dari setiap kelompok diminta
untuk dituliskan pada secarik kertas untuk didiskusikan dalam kelompok
3.
Mengumpulkan
Data
a.
Siswa yang sudah terbagi dalam kelompok
mendiskusikan :
·
Pengertian bumbu dasar
·
Macam-macam bumbu dasar
·
Fungsi bumbu dasar
·
Bahan yang yang baik dalam pembuatan bumbu dasar
·
Alat yang tepat dalam pembuatan bumbu dasar
·
Penyimpanan bumbu dasar
b.
Siswa melakukan diskusi untuk mengumpulkan data
terkait dengan tugas kelompok yang dibuat, lalu melakukan analisis dari
pertanyaan-pertanyaan yang sudah dibuatnya.
c.
Siswa mencatat data hasil diskusi kelompok
d.
Selama kegiatan berlangsung guru melakukan
pengamatan sikap terkait dengan kedisiplinan, tanggungjawab, kerjasama, dan
prakarsa siswa, serta mencatat semua hal /peristiwa yang terjadi di kelas.
4.
Mengasosiasi
a.
Setiap kelompok melakukan analisis hasil diskusi
kelompok tentang bumbu dasar dan
turunannya pada makanan Indonesia
b.
Setiap kelompok mengkoreksi hasil diskusi kelompok bumbu dasar dan
turunannya pada masakan Indonesia
sebelum dipresentasikan di depan kelas
5. Mengkomunikasikan
a.
Semua kelompok mempersiapkan diri untuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
b.
Guru
mengingatkan aturan main yang harus dipatuhi oleh masing-masing
kelompok saat presentasi dilakukan, dan mengingatkan pentingnya toleransi,
peduli, dan sikap santun saat menjawab dan mengajukan pertanyaan`
c.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
d.
Guru menyimak presentasi dari masing-masing
kelompok sambil menilai hasil kerja siswa.
Guru memberi umpan balik dan penguatan
materi di akhir diskusi
|
270 menit
|
Penutup
|
|
1.
Guru
bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan hasil
diskusi.
2.
Guru
memberi refleksi terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
3.
Guru
menyampaikan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok, yaitu
mencari menu masakan Indonesia yang mengunakan bumbu dasar dan turunannya
pertemuan berikutnya.
4.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
20
Menit
|
PERTEMUAN KE 2 :
Kegiatan
|
Metode
Pembelajara Project Based Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru
mengucapkan salam pada siswa.
2.
Guru
meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas .
3.
Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin
berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
4.
Guru mengabsen kehadiran siswa
5.
Sebagai appersepsi, guru mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
6.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan permasalahan atau
tugas pada pertemuan ini.
7.
Guru
mengkondisikan kelas dan siswa untuk menyiapkan alat dan bahan untuk
praktik membuat bumbu dasar putih dan kuning pada masakan Indonesia
|
20 menit
|
Inti
|
Orientasi
masalah
Mengumpulkan
data dan verifikasi
|
1.
Mengamati
a.
Siswa mengamati perencanaan pembuatan bumbu dasar
putih dan kuning pada masak Inonesia
b.
Mengamati alat dan bahan yang dibutuhkan
c.
Mengamati langkah-langkah pembuatan bumbu dasar
putih dan kuning pada masakan
Indonesia
2.
Menanya
Siswa bertanya mengenai
persiapan praktek.
3.
Mengumpulkan
Data
a.
Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat
bumbu dasar putih
b.
Siswa membuat bumbu dasar putih dan kuning.
c.
Siswa membuat catatan-catatan dari hasil membuat
bumbu dasar putih dan kuning
4.
Menalar
a.
Siswa mengevaluasi hasil praktek membuat bumbu
dasar putih dan kuning
b.
Siswa menyiapkan materi untuk presentasi dari
hasil evaluasi
5.
Mengkomunikasikan
· Siswa
mengkomunikasikan hasil prakteknya membuat bumbu dasar putih dan kuning yang
meliputi warna.tekstur, rasa dan karekteristik
|
275 menit
|
Penutup
|
|
1.
Guru memberikan penguatan materi.
2.
Guru
bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan hasil
praktik.
3.
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok, yaitu
membuat perencanaan bumbu dasar merah dan orange.
5.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
20 menit
|
PERTEMUAN KE 3 :
Kegiatan
|
Proses
Pembelajaran Project Based Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru
mengucapkan salam pada siswa.
2.
Guru
meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas .
3.
Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin
berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
4.
Guru mengabsen kehadiran siswa
5.
Sebagai appersepsi, guru mengajukan pertanyaan
terkait dengan materi yang akan dipelajari.
6.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan permasalahan atau
tugas pada pertemuan ini.
7.
Guru
mengkondisikan kelas dan siswa untuk menyiapkan alat dan bahan untuk
praktik membuat bumbu dasar merah dan orange pada masakan Indonesia
|
20
Menit
|
Inti
|
Orientasi
Masalah
Mengumpulkan
masalah dan verifikasi
|
1.
Mengamati
a.
Siswa mengamati perencanaan pembuatan bumbu dasar
merah dan Orange pada masak Inonesia
b.
Mengamati alat dan bahan yang dibutuhkan
c.
Mengamati langkah-langkah pembuatan bumbu dasar
merah dan orange pada masakan Indonesia
2.
Menanya
Siswa bertanya mengenai
persiapan praktek
3.
Mengumpulkan
Data
a.
Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat
bumbu dasar merah dan orange
b.
Siswa membuat bumbu dasar merah dan orange
c.
Siswa membuat catatan-catatan dari hasil membuat
bumbu dasar merah dan orange
4.
Menalar
a.
Siswa mengevaluasi hasil praktek membuat bumbu
dasar kuning
b.
Siswa menyiapkan materi untuk presentasi dari
hasil evaluasi
5.
Mengkomunikasikan
Siswa
mengkomunikasikan hasil prakteknya membuat bumbu dasar kuning yang meliputi
warna,tekstur,karesteristik
|
275 menit
|
Penutup
|
|
1.
Guru memberikan penguatan materi
2.
Guru
bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman atau kesimpulan hasil
praktik.
3.
Guru
memberi umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok, yaitu
membuat perencanaan bumbu dasar hitam
5.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
20 menit
|
PERTEMUAN KE 4 :
Kegiatan
|
Proses
Pembelajaran Project Based Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru
mengucapkan salam pada siswa.
2.
Guru
meminta pada siswa untuk mengecek kebersihan kelas .
3.
Guru meminta salah satu dari siswa untuk memimpin
berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
4.
Guru mengabsen kehadiran siswa
5.
Sebagai appersepsi, guru mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
6.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang
kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk membuat bumbu dasar hitam.
7.
Guru
mengkondisikan kelas dan siswa untuk menyiapkan alat dan bahan untuk
praktik membuat bumbu dasar hitam
|
25 menit
|
Inti
|
Orientasi
Masalah
Mengumpulkan
data dan Verifikasi
|
1. Mengamati
a.
Siswa mengamati perencanaan pembuatan bumbu dasar hitam
b.
Mengamati alat dan bahan yang dibutuhkan
c.
Mengamati langkah-langkah pembuatan bumbu dasar hitam
2.
Menanya
Siswa bertanya mengenai
persiapan praktek
3.
Mengumpulkan
Informasi
a.
Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat
mebuat bumbu dasar hitam
b.
Siswa membuat bumbu dasar hitam
c.
sesuai rencana
d.
Siswa membuat catatan-catatan dari hasil membuat
bumbu dasar hitam
4.
Menalar
a.
Siswa mengevaluasi hasil praktek membuat bumbu
dasar hitam
b.
Siswa menyiapkan materi untuk presentasi dari
hasil evaluasi
5. Mengkomunikasikan
Siswa mengkomunikasikan hasil
prakteknya membuat bumbu dasar merah yang warna,tekstur,rasa dan penyajian
|
200 menit
|
Penutup
|
|
1.
Guru memberi penguatan materi
2.
Guru memberikan tes pada ranah pengetahuan dan
ketrampilan
3.
Guru
merencanakan kegiatan untuk pertemuan berikutnya yaitu materi sambal
pada masakan Indonesia.
4.
Guru juga menginformasikan setelah praktek siswa
akan melaksanakan ulangan harian.
5.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
90 menit
|
G.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
Alat : Alat –alat praktik.
Bahan :
Bumbu dan Rempah
Media :
Gambar bumbu dasar dan turunannya
Power point
Sumber :
·
Prihastuti Ekawatiningsih,dkk 2008
Restaurant Jilid I.Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Buku Resep Masakan Indonesia
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Jenis
/ Teknik Penilaian
NO.
|
ASPEK
|
JENIS/TEKNIK
|
INSTRUMEN
|
1.
|
Sikap
|
Non tes :
·
Observasi
·
Jurnal
|
·
Observasi
·
Form
jurnal
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes
·
Tertulis
Non
Tes
·
Penugasan
|
·
Soal
tes tertulis
·
Lembar
tugas
·
Lembar
penilaian tugas
|
3.
|
Ketrampilan
|
Non Tes
·
Unjuk
kerja
Tes
·
Tes
tertulis
|
·
Lembar
penilaian unjuk kerja
|
2.
Instrumen
penilaian dan penskoran
a.
Observasi Penilaian sikap (Terlampir)
b.
Rubrik Penilaian Sikap
(Terlampir)
c.
Lembar Penilaian Diskusi (Terlampir)
d.
Lembar Penilaian Presentasi (Terlampir)
e.
Jurnal
(Terlampir)
f.
Lembar Penilaian Praktik (Terlampir)
g.
Kriteria Penilaian Tes Praktik (Terlampir)
h.
Penilaian pengetahuan dan Keterampilan (
Test Tertulis Bentuk Essay)
Test Tertulis
No
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor
|
1
|
Indentifikasikan 3 jenis bumbu
dasar pada masakan Indonesia
|
1.bumbu dasar putih
2.bumbu dasar
kuning
3.bumbu dasar
merah
|
5
|
2
|
Jelaskan pengertian bumbu dasar
merah
|
Salah
satu bumbu dasar masakan Indonesia berwarna merah dengan kemposisi bawang merah,bawang
putih, cabe merah
|
25
|
3
|
Indentifikasikan 3 bahan utama
bumbu kuning
|
1.Bawang
merah
2.Bawang
putih
3.Kunyit
|
10
|
4
|
Indentifikasikan
3 menu yang menggunakan bumbu dasar putih
|
1.Opor ayam
2.Terik daging
3.Besengek
daging
|
5
|
5
|
Indentifikasikan 2 turunan bumbu dasar
pada masakan Indonesia
|
1.Bumbu
dasar hitam
2.Bumbu
dasar orange
|
5
|
Jumlah
|
100
|
∑ Skor perolehan
Nilai = X
100
Skor Maksimal (100)
Belum ada tanggapan untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP] SMK Negeri 3 Garut Kelas X Semester 2 Thn 2014 BOGA DASAR Bumbu Dasar dan Turunanya pada Masakan Indonesia"
Post a Comment