BAB I PENDAHULUAN PROGRAM KERJA BENGKEL/ RESTORAN SMK NEGERI 3 GARUT TAHUN PEMBELAJARAN 2014 - 2015



BAB I
PENDAHULUAN

            Sekolah adalah lembaga pendidikan yang mempunyai peran dan tugas untuk membentuk intelektual, kepribadian dan perilaku peserta didik dan secara umum untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
            Keberhasilan untuk menciptakan mutu sekolah yang baik dan sekolah yang unggul tentu saja tidak terlepas dari sektor sarana dan prasarana. Agar sektor sarana dan prasarana  di Bengkel / Restoran bias berjalan sesuai dengan diharapkan , maka perlu disusun program sarana dan prasarana sebagai pedoman pelaksanaan.

1.1         DASAR  PEMIKIARAN
Hakikat Pembangunan nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, pembangunan yang dilaksanakan pemerintah bersama dengan rakyat mencakup pendidikan politik, ekonomi dan social budaya dalam rangka menyikapi gejala social yang dilematis terutama yang berkaitan dengan :
a.       Persoalan nasional yang dihadapi masyarakat Indonesia dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia yakni sistem pendidikan yang selama ini belum dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing sejalan dengan perkembangan peradaban dunia. Sementara perkembangan peradaban dunia dewasa ini ditandai dengan munculnya era globalisasi , yaitu masa yang penuh harapan, tantangan dan ketidak pastian serta persaingan yang semakin ketat dalam bidang ekonomi dan pemanfaatan teknologi, sedangkan untuk dapat bertahan dan mampu memenangkan persaingan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang handal.
b.      Permasalahan yang dihadapi pemerintah dan rakyat Indonesia adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia.
Berkaitan dengan permasalahan tersebut, salah satu langkah yang dapat ditempuh dalam rangka mengantisipasi dan menanggulangi adalah melalui penyelenggaraan pendidikan yang efisien dan efektif , diantaranya memberikan pendidikan dan pelatihan praktek di bengkel / dapur bagi siswa.


Pembelajaran Jasa Boga dengan menggunakan alat-alat dapur berarti mempelajari gejala-gejala (fenomena) yang terjadi pada teknologi yang berkembang pada saat ini, dalam pembelajarannya diharapkan siswa tidak hanya sekedar menghafalkan fakta-fakta , konsep-konsep, prinsip-prinsip dan teori tetapi juga harus mengembangkan kompetensinya. Pengetahuan yang hanya sekedar dihafalkan akan cepat hilang dari ingatan, akan tetapi dengan kompetensi diperoleh diharapkan akan menjadi keterampilan yang dapat dimanfaatkan sepanjang masa.
Dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran di bengkel / restoran diharapkan kegiatan pembelajaran mata pelajaran Jasa Boga menjadi lebih bermakna. Sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan dan pada akhirnya materi serta hasilnya dapat langsung digunakan secara praktis dalam kehidupan masyarakat.

1.2         MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Maksud
Maksud menyusun laporan kerja bengkel / Restoran SMK Negeri 3 Garut adalah :
a.       Memberikan gambaran secara garis besar mengenai program pembelajaran di bengkel / Restoran SMK Negeri 3 Garut.
b.      Memberikan gambaran mengenai sasaran yang harus dicapai dalam proses pembelajaran dengan dukungan anggaran yang disediakan.
c.       Agar program bengkel / Restoran sejalan dengan program kurikulum, program sekolah dan program pemerintah serta kebutuhan masyarakat.
d.      Agar setiap unsur sekolah mengetahui dan memahami segala kegiatan pembelajaran di bengkel / Restoran yang akan dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2014-2015.
e.       Untuk dijadikan pegangan dan pedoman bagi setiap personil yang mengelola bengkel / Restoran tentang tugas yang harus dilaksanakan dalam rangka menunjang proses pembelajaran.

2.      Tujuan
Tujuan penyusunan program kerja bengkel / Restoran SMK Negeri 3 Garut adalah :
a.       Memberikan pedoman dan arahan yang baku kepada semua personil yang mengelola bengkel / Restoran SMK Negeri 3 Garur berkaitan dengan peningkatan pembelajaran di laboratorium.
b.      Memperlancar dan meningkatkan mekanisme kinerja setiap personil yang mengelola vebgkel / Restoran SMK Negeri 3 Garut , demi terselanggaranya proses pembelajaran secara efisien guna memperoleh hasil yang optimal.
c.       Memberikan pelayanan yang optimal kepada guru  dan siswa guna peningkatan kualitas pendidikan di SMK Negeri 3 Garut , melalui Visi dan Misi yang telah dirumuskan sekolah yaitu :
VISI
Menjadi lembaga pendidikan menengah kejuruan untuk mencapai Sumber daya Manusia yang pandai, terampil dan mandiri , berwawasan industri dan enterpreuner yang menitik beratkan kepada pengembangan potensi diri untuk meraih keahlian dan kompetsnsi serta menjadi insan cerdas, kreatif dan inovatif serta mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional pada tahun 2025.

MISI
1.      Menggali dan mengembangkan potensi yang terpendam dalam diri masing-masing peserta didik, sehingga memperoleh keahlian dan kompetensinya;
2.      Memotivasi dan memfasilitasi peserta didik untuk menjadi insane cerdas, kreatif, inovatif dan kompetitif serta percaya diri untuk menuju sukses dalam berikhtiar untuk menempuh kehidupan.
3.      Mampu memanfaatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.
4.      Mempunyai daya saing yang tinggi dalam bidang keahlian dan kompetensi yang dimilikinya di tingkat nasional maupun tingkat internasioanl.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BAB I PENDAHULUAN PROGRAM KERJA BENGKEL/ RESTORAN SMK NEGERI 3 GARUT TAHUN PEMBELAJARAN 2014 - 2015 "

Post a Comment