|
|
PK Guru Kelas/Mata Pelajaran
Sumber :
- Peraturan Menteri Pendidikan nasional16/2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
·
BSNP versi 6.0. 11/2008 Kerangka Indikator untuk
Pelaporan Pencapaian Standar Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik
dan Kompetensi Guru.
·
Permenegpan dan RB 16/2009 tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Kompetensi
|
Cara menilai
|
Pedagogik
|
|
1.
Menguasai
karakteristik peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
2.
Menguasasi
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
3.
Pengembangan
kurikulum.
|
Pengamatan
|
4.
Kegiatan
pembelajaran yang mendidik.
|
Pengamatan
|
5.
Pengembangan
potensi peserta didik.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
6.
Komunikasi
dengan peserta didik.
|
Pengamatan
|
7.
Penilaian
dan evaluasi.
|
Pengamatan
|
Kepribadian
|
|
8.
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
9.
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
10.
Etos
Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
Sosial
|
|
11.
Bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
|
Pengamatan & Pemantauan
|
12.
Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan
masyarakat.
|
Pemantauan
|
Profesional
|
|
13.
Penguasaan
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu.
|
Pengamatan
|
14.
Mengembangkan
Keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.
|
Pemantauan
|
Keterangan
Pengamatan : adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru
melalui diskusi sebelum pengamatan, pengamatan selama pelaksanaan proses
pembelajaran, dan diskusi setelah pengamatan.
Pemantauan : adalah
kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui
pemeriksaan dokumen, wawancara dengan guru yang dinilai, dan/atau wawancara
dengan warga sekolah.
|
PENILAIAN KINERJA GURU KELAS / GURU MATA PELAJARAN
Nama Guru : ____________________________________________
NIP/Nomor Seri Karpeg : ____________________ /_______________________
Pangkat
/Golongan Ruang : ____________________ /_______________________
Terhitung Mulai Tanggal
NUPTK/NRG : ____________________________________________
Nama sekolah dan alamat : ____________________________________________
____________________________________________
di sekolah ini : ____________________________________________
Bulan Tahun
Periode penilaian : ____________________________________________
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal,
bulan, tahun)
PERSETUJUAN
(Persetujuan ini harus ditandatangani oleh penilai dan guru yang
dinilai)
|
|||
Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah
membaca dan mamahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju.
|
|||
Nama guru
|
|
Nama penilai
|
|
Tanda tangan
|
|
Tanda tangan
|
|
Tanggal
|
__bulan____ tahun_____
|
|
|
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru
dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di
kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua
peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah
agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru
memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat
mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak
termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 1
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase
= (total skor/12) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 1
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi
2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
|||
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
|||
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
||||
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
||||
Indikator
|
Skor
|
|||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
||
1. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran
sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran
dan aktivitas yang bervariasi.
|
0
|
1
|
2
|
|
2. Guru
selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi
pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan
tingkat pemahaman tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
|
3. Guru
dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya,
baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
|
4. Guru
menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
|
5. Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan
memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
|
6. Guru
memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi
pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan
pembelajaran berikutnya.
|
0
|
1
|
2
|
|
Total
skor untuk kompetensi 2
|
|
|||
Skor maksimum
kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
|
12
|
|||
Persentase = (total
skor/12) × 100%
|
|
|||
Nilai
untuk kompetensi 2
(0%
< X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% <
X ≤ 100% = 4)
|
|
|||
Kompetensi
3 : Pengembangan kurikulum
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru
dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas
materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang
ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b)
tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks
kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 3
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2
|
8
|
||
Persentase
= (total skor/8) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi
4 : Kegiatan
Pembelajaran yang Mendidik
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Penilaian untuk Kompetensi 4 :
Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah
disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan
bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses
belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik
merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses
pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya:
dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak
setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban
yang benar.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru
melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup
untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru
mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan
kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara
produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8.
Guru
mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi
kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9.
Guru
memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya,
mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru mengatur pelaksanaan
aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar
peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru menggunakan alat bantu
mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 4
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
22
|
||
Persentase = (total skor/22 ) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% <
X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan
potensi
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru
menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap
setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta
didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya
kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan
memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan
kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru
memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara
belajarnya masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru
memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk
memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 5
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 5 = jumlah
indikator × 2
|
14
|
||
Persentase
= (total skor/14 ) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 5
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi
6 : Komunikasi dengan peserta didik
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang diperlukan:
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
|
1.
Guru
menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta
didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik
untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta
didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir,
sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik
antar pesertadidik.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik
baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta
didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru
memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara
lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 6
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator ×2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/12 ) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 6
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% <
X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi
7 : Penilaian dan evaluasi
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Setelah
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan
Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
|
1.
Guru
menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai
kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain
penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta
implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi
pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar
yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta
didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk
meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan,
jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran
yang akan dilakukan selanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 7
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 7 = jumlah
indikator × 2
|
10
|
||
Persentase
= (total skor/ 10) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 7
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………..
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
|
1.
Guru
menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi
dan etika bagi semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa
memperhatikan perbedaan yang ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan
keberadaan masing-masing.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya:
budaya, suku, agama).
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 8
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 8 = jumlah indikator × 2
|
10
|
||
Persentase
= (total skor/10) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 8
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi 9 : Menunjukkan pribadi yang
dewasa dan teladan
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru
bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap
semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka
untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh
peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 9
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 9 = jumlah indikator × 2
|
10
|
||
Persentase
= (total skor/ 10) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 9
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi 10 : Etos kerja, tanggung jawab
yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………..
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, dan rasa bangga menjadi
guru
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan
melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru
piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di
luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan
dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan,
termasuk proses pembelajaran di kelas.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan
tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang
produktif terkait dengan tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai
prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
8.
Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 10
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 10 = jumlah indikator × 2
|
16
|
||
Persentase
= (total skor/ 16) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 10
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………..
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru
memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan perhatian dan
bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif),
serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal
terkait dengan pekerjaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya
hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta didik yang pandai, kaya,
berasal dari daerah yang sama dengan guru).
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 11
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 11 = jumlah indikator × 2
|
6
|
||
Persentase
= (total skor/ 6) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 11
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi 12 : Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru
menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik
kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara
guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan
oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan
masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 12
|
|
||
Skor maksimum kompetensi 12 =
jumlah indikator × 2
|
6
|
||
Persentase = (total skor/ 6) ×
100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 12
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% <
X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi 13 : Penguasaan
materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu
Nama Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Sebelum
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Selama
Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
Penguasaan materi struktur
konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1.
Guru
melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata
pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang
dianggap sulit, melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan
memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi
informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta didik untuk
memahami konsep materi pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 13
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 13 = jumlah
indikator × 2
|
6
|
||
Persentase
= (total skor/ 6) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 13
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
Kompetensi
14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan
reflektif
Nama
Guru :
………………………………………………………………………………………………………………
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………...
Pemantauan
Tanggal
|
|
Dokumen
dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Catatan dan Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
|
Penilaian untuk Kompetensi
14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi seluruhnya
|
|
1.
Guru
melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru
memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil
penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru
memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan,
penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru
melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah
(misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru
dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 14
|
|
||
Skor
maksimum kompetensi 14 = jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase
= (total skor/ 12) × 100%
|
|
||
Nilai untuk kompetensi 14
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% <
X ≤ 50% = 2;
50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
|
|
a.
Nama : …………………………………............................
b.
N I P : …………………………………............................
c.
Tempat/Tanggal Lahir : ……………………………/.…............................
e.
TMT sebagai guru : …………………………………............................
Telp / Fax :
…………………………………….........................
Provinsi : ……………………………………......................... (
Periode penilaian
(16)
………………………....
sampai ……………………..........
(tanggal, bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun)
|
Formatif
|
|
Tahun
……………..
|
Sumatif
|
|
||
Kemajuan
|
|
NO
|
K O M P E T E N S I
|
NILAI *)
|
A.
Pedagogik
|
||
1.
|
Menguasai karakteristik peserta
didik
|
|
2.
|
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
|
|
3.
|
Pengembangan kurikulum
|
|
4.
|
Kegiatan pembelajaran yang
mendidik
|
|
5.
|
Pengembangan potensi peserta
didik
|
|
6.
|
Komunikasi dengan peserta didik
|
|
7.
|
Penilaian dan evaluasi
|
|
B.
Kepribadian
|
||
8.
|
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
|
|
9.
|
Menunjukkan pribadi yang dewasa
dan teladan
|
|
10.
|
Etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru
|
|
C. Sosial
|
||
11.
|
Bersikap inklusif, bertindak
obyektif, serta tidak diskriminatif
|
|
12.
|
Komunikasi dengan sesama guru,
tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat
|
|
D.
Profesional
|
||
13.
|
Penguasaan materi, struktur,
konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|
14.
|
Mengembangkan keprofesionalan
melalui tindakan yang reflektif
|
|
Jumlah (Hasil penilaian
kinerja guru)
|
|
*) Nilai diisi berdasarkan laporan dan evaluasi
PK Guru. Nilai minimum per kompetensi = 1 dan nilai maksimum = 4
|
………………………………….., …………........
|
Guru
yang Dinilai
Penilai
Kepala Sekolah
(...........................) . (............................) . (.............................)
|
|
a.
Nama :
……………………………………………………………………
N I P :
……………………………………………………………………
Tempat/Tanggal Lahir : ……………….…………………/.…............................
Pangkat/Jabatan/Golongan : ……………………....…………/….............................
TMT sebagai guru
: ………………………………………..............................
Masa Kerja : ……........ Tahun ....…..Bulan
Jenis Kelamin :
L / P
Pendidikan Terakhir/Spesialisasi : …………………………/….………...............................
Program Keahlian yang diampu : ……………………………….………..............................
b.
Nama Instansi/Sekolah : …………………………….…………..............................
Telp / Fax : …………………………….…………..............................
Kelurahan :
…………………………….…………..............................
Kecamatan : …………………………….…………..............................
Kabupaten/kota : …………………………….…………..............................
Provinsi : ………………………………………..............................
|
|
||||
|
|
||||
|
|
||||
Angka Kredit satu tahun = (AKK
– AKPKB – AKP) x (JM/JWM) x NPK
|
|
||||
|
…………………………………..,
………………..
|
||||
Guru yang dinilai
|
Penilai
|
Kepala Sekolah
|
|||
(……………………………………....)
|
(……………………………………....)
|
(………………………………………....)
|
|||
Belum ada tanggapan untuk "Lembar pernyataan kompetensi, indikator, dan cara menilai PK Guru Kelas/Mata Pelajaran"
Post a Comment