CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMK Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester I





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SMK
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas /Semester           : X  / I
Materi Pokok              :
Alokasi waktu             : 8 x 45 menit (4 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, reponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secera efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

1.2     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.2     Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, reponsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.1     Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator :
-       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi dengan   menggunakan bahasa Indonesia secara santun.
-       Menyampaikan secara lisan dan tulis kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar dalam teks laporan hasil observasi dengan tahapan yang benar: pertanyaan klarifikasi, deskripsi bagian, tujuan, fungsi, kegunaaan, dan lain-lain.
-       Menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi untuk menceritakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar.
3.2     Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan.

Insdikator :
-          Menggunakan dengan pemarkah spasial, penambahan, perbandingan, waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab akibat sederhana dalam teks laporan hsil observasi.
-          Membuat kata dan kelompok kata mengenal fakta (deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
-          Membedakan lafal baku dan tak baku kata-kata yang berkaitan dengan teks laporan hasil observasi. 

C.    Tujuan Pembelajaran

1.    Setelah membaca teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat mengidentifikasi teks laporan hasil observasi dengan baik dan benar.
2.    Setelah membaca teks laporan observasi, peserta didik dapat menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
3.    Setelah membaca teks laporan observasi, peserta didik dapat menggunakan pemarkah spasial, penambahan, perbandingan, waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab akibat sederhana dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
4.    Setelah membaca teks laporan observasi, peserta didik dapat menggunakan kata dan kelompok kata mengenal fakta (deskriptif dan klarifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi dengan benar.
5.    Setelah membaca teks laporan observasi, peserta didik dapat membedakan lafal baku dan tak baku kata-kata yang berkaitan dengan teks laporan hasil observasi dengan benar.

D.    Materi Pembelajaran


1.    Teks laporan hasil observasi
 teks laporan ( yang dalam bahasa inggris disebut report ) berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi. Teks laporan adalah teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.
2.    Struktur teks laporan
a. pernyataan umum atau klasifikasi
b. anggota atau aspek yang dilaporkan.
3.    Mengamati teks laporan yang ideal
4.    Memahami kalimat definisi dalam teks laporan
Kalimat definisi adalah kalimat yang berisi tentang suatu pengertian.

E.     Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Metode           : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan

F.     Langkah-Langkah  Pembelajaran

Pertemuan pertama
Pendahuluan (10 menit)
1.      Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.      Siswa membaca Puisi yang berjudul “ Burung – Burung Enggan Bernyanyi Lagi.”
4.      Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri atas lima kelompok, masing-masing terdiri dari lima peserta didik.
5.      Tukar pendapat tentang teks hasil laporan hasil observasi.
6.      Mengekspresikan rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia setelah mengindetifikasi teks laporan hasil observasi.
7.      Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.

Inti (70 menit)
  1. Mengamati contoh teks laporan hasil observasi.
  2. Menanya tentang teks laporan hasil observasi.
  3. Mendiskusikan struktur laporan hasil obeservasi.
  4. Menyampaikan dan menjelaskan hasil teks laporan hasil observasi dalam diskusi kelas.
  5. Memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.

Penutup (10 menit)
  1. Membuat rangkuman.
  2. Melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
  3. Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan kedua, yaitu menentukan struktur teks laporan hasil observasi.
  4. Mencatat bahwa pada pertemuan kedua akan didiskusikan hasil temuan dari tiap kelompok.
  5. Diakhiri dengan mengucapkan salam.

Pertemuan kedua

Pendahuluan (10 menit)
1.         Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.         Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri atas lima kelompok.
3.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran .
4.         Tukar pendapat tentang struktur teks laporan.
5.         Mengekspresikan rasa syukur atas keberadaan bahasa Indonesia setelelah mengindetifikasi struktur teks laporan.
6.         Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan.

Inti (70 menit)
  1. Mengamati contoh struktur teks laporan.
  2. Menanya tentang struktur teks laporan.
  3. Mendiskusikan struktur teks laporan observasi.
  4. Menyampaikan dan menjelaskan struktur teks laporan dalam diskusi kelas.
  5. Memberi tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.

Penutup (10 menit)
  1. Membuat rangkuman.
  2. Melakukan refleksi, misalnya mereviu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
  3. Mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan ketiga, yaitu mengamati teks laporan yang ideal.
  4. Mencatat bahwa pada pertemuan ketiga akan didiskusikan hasil temuan dari tiap peserta didik.
  5. Diakhiri dengan mengucapkan salam.

Pertemuan Ketiga

Pendahuluan (10 menit)
1.    Salah satu siswa memimpin doa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.    Tanya jawab tentang bacaan  sistem peredaran manusia”.

Inti (70 menit)
1.    Siswa mengamati (membaca) contoh teks pendek yang berjudul “Sistem Peredaran Manusia”.
2.    Siswa menjawab pertanyaan yang terkait dengan teks.
3.    Siswa mendiskusikan teks tentang sistem peredaran manusia.
4.    Siswa mendiskusikan perbedaan antara sistem peredaran darah manusia dan binatang.
5.    Menyampaikan hasil diskusi kelompok.
6.    Memberikan tanggapan baik berupa pertanyaan, sanggahan atau dukungan secara santun.
7.    Penguatan dari guru.

Penutup (10 menit)
1.    Siswa dan guru membuat simpulan
2.    Guru melakukan refleksi, misalnya merevieu bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut.
3.    Siswa mencatat informasi tentang tugas untuk pertemuan yang keempat, mencari teks bertema binatang menyusui.
4.    Diakhiri dengan mengucapkan salam.

Pertemuan Keempat

Pendahuluan:10 menit
1.  Salah satu siswa memimpin doa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.   Menyampaikan tujuan pembelajaran
3.  Tanya jawab tentang binatang menyusui.

Inti (70 menit)
1.    Mengamati (membaca) teks laporan tentang harimau.
2.    Mengidentifikasi binatang mamalia pemakan daging dan pemakan tumbuhan.
3.    Mengklasifikasi binatang mamalia pemakan daging dan tumbuhan.
4.    Mendeskripsikan binatang mamalia yang berkaitan dengan sifatnya.
5.    Memberikan tanggapan baik berupa pertanyaan atau dukungan secara santun.
6.    Penguatan dari guru.

Penutup (10 menit)
1.    Membuat rangkuman teks binatang mamalia
2.    Melakukan refleksi, misalnya menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
3.    Seorang siswa memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

G.    Media dan Sumber Belajar

Media                 : Beragam contoh teks laporan
Sumber belajar   : 1.Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia, halaman 4—6
 2. Kamus Besar Bahasa Indonesia
 3. Pengalaman peserta didik dan guru


H.    Penilaian


Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Observasi


·         Tes Tulis










·         Tes Praktik


·         Lembar pengamatan sikap dan rubrik
·         Tes uraian










·         Tes tulis

·         Temukan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”!
·         Jelaskan kata-kata sulit yang terdapat dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”!
·         Amatilah benda mati dan benda hidup yang ada di sekitar kalian. Apakah benda mati dan benda hidup saling bergantung? Berilah penjelasan singkat.

·         Menulis tes laporan, rubrik penilaian

Contoh Instrumen

Lembar Pengamatan Sikap    

No
Aspek
Skor
Catatan
1
2
3
1

2
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia









·   Skor 3 jika memeneuhi 3 kriteria
·   Skor 2 jika hanya memenuhi 2 kriteria
·   Skor 1 jika hanya memenuhi 1 kriteria

Rubrik Penilaian Sikap

No
Aspek
Deskripsi
1





2
Rasa syukur kepada Tuhan atas keberadaan bahasa Indonesia


Kesantunan dalam menggunakan bahasa Indonesia
·      Menunjukkan ekspresi atau ungkapan senang, kagum
·      Menunjukkan sikap yakin dan bangga terhadap keberadaan bahasa Indonesia
·      Selalu menggunakan bahas Indonesia secara tertib

·      Kalimat yang digunakan komunikatif
·      Diksi yang digunakan dalam diskusi menggunakan kata-kata halus seperti tolong, harap, menutut pendapat saya, dsb.
·      Sebelum member tanggapan/menyela terlebih dahulu meminta kesempatan kepada ketua kelompok/moderator




Rubrik Penilaian Teks Laporan Hasil Observasi

No
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1
2

3


4


5
Ketepatan judul
Kelengkapan isi

Keterpaduan teks laporan observasi

Kesalahan struktur kalimat teks laporan observasi
Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca
Apakah judul sesuai dengan isi?
Apakah teks memuat seluruh struktur isi laporan observasi (judul, struktur)?
Apakah antara paragraph satu dengan paragraph berikutnya berkaitan, ditandai oleh keterkaitan isi?
Apakah tidak ada kesalahan dalam struktur kalimat teks laporan observasi?

Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca?





Mengetahui,                                                        Garut, November 2013      
Kepala SMK                      






















Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMK Mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester I"

Post a Comment