LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGELOLAAN USAHA JASA BOGA SENI MENJUAL



SENI MENJUAL

1.    DESKRIPSI
            Seni menjual adalah suatu seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia membelibarang atau jasa yang ditawarkan.
Bagi  penjual mempelajari dan memiliki ilmu menjual mereka akan lebih mudah untuk memulai usahanya sampai puncak keberhasilannya.
Penjual yang baik terlebih dahulu :
1.    Mengenali dan mengetahui keadaan dirinya menyangkut keadaan fisik, misalnya :
·       Penglihatan
·       Pendengaran
·       Nada suara
·       Gaya bicara
·       Penampilan
2.    Mengenali termasuk tipe manusia yang bagaimana saya ini :
·      Orang yang selalu bergembira atau sebaliknya
·      Orang yang lekas marah atau sebaliknya
·      Orang yang suka bergaul atau sebaliknya
·      Orang yang lekas bosan atau sebaliknya
3.    Memiliki pengetahuan tentang barang yang akan dijual secara mendalam tentang kualitasnya, kekuatannya dan cara penggunaannya.
4.    Memiliki pengetahuan tentang calonpembeli. Hal yang paling penting bagi seorang penjual adalah harus mengetahui siapa calon pembeli, bagaimana sifatnya, karakternya. Sebagai seorang penjual harus dapat mengenal segala hal yang berkaiatan dengan ribuan orang yang berbeda-beda kemauannya.
Cara mengadakan kontak dengan pembeli :
·      Datang sendiri memperkenalkan diri
·      Dengan perantara orang lain
·      Dengan perantara surat
·      Dengan perantara telepon
·      Dengan melalui organisasi/ perkumpulan
Cara menghadapi pembeli :
·      Ciptakan suasana yang menyenangkan
·      Buatlah suasana persahabatan yang intim
·      Besarkan perasaan hati pembeli agar merasa dirinya paling penting
Mengadakan pendekatan kepada pembeli :
·      Memberi salam
·      Menunggu sejenak
·      Pendekatan dagang
·      Menaruh perhatian
Teknik mendorong untuk membeli :
Penjual harus mengetahui dasar-dasar kejiwaan diantara mereka tergantung pada faktor pendapatan, status,pendidikan dan sebagainya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjualan :
·      Jangan membicarakan soal politik atau agama ketika sedang melakukan pembicaraan dagang
·      Jangan masuk kantor sambil merokok
·      Jangan mengetuk pintu keras-keras
·      Jangan ngobrol terlalu lama
·      Untuk barang mahal jangan sebut harga terlebih dahulu sebelum mengemukakan kualitasnya. Untuk barang murah sebutkan harganya lebih dahulu sebelum mengemukakan kualitas barang.
Contoh cara memberi perhatian yang wajar dengan mengajukan beberapa pertanyaan misalnya di toko sepatu :
·      Ada yang bisa kami bantu Bu / Pak
·      Silahkan lihat-lihat
·      Biasa menggunakan ukuran berapa
·      Tersedia 4 warna sesuai contoh
·      Boleh dicoba
·      Sempit atau tidak
·      Coba dua-duanya dikenakan
·      Silahkan dicoba untuk berjalan
Cara pendekatan terhadap pembeli :
·      Dengan memberi salam
Sebagai kalimat pembuka untuk mendekati pembeli sewaktu masuk ke dalam toko ucapkan “Selamat pagi, selamat siang atau selamat sore “ Pak /Bu
·      Dengan menunggu sejenak
Setelah teguran yang pertama, tunggulah dalam waktu 4 detik, jangan terus bertanya tapi tunggu reaksi pembeli.
·      Dengan memberikan pelayanan
Dalamhal ini mencoba membantu apa yang dikehendaki pembeli dan jangan tergesa-gesa. Cara ini hanya dapat dijalankan apabila pembeli telah memikirkan sejenak atau melihat-lihat dari mimiknya ia mengharapkan bantuan kita.

Teknik mengendalikan keberatan pembeli
Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penjual :
·      Mengetahui dulu berupa apa saja keberatannya , apakah keberatannya masalah harga atau kualitasnya. Kalau sudah jelas baru penjual menceritakan jalan keluarnya.
·      Dengarlah baik-baik segala keberatannya dan jangan memotong pembicaraan . Jauhkan dari pertengkaran walaupun calon pembeli mencela dagangan.
·      Ulangi kebaratan calon pembeli itu secara perlahan-lahan. Tapi yakin bahwa segala keberatannya dapat diatasi. Tugas penjual di sini adalah membantu calon pembeli dan mengarahkan dia menuju titik klimak yang memuaskan.
Cara berbicara melalui telepon
·      Penerima
Seabagai penerima telepon , begitu mengangkat telepon bergeringlangsung memeperkenalkan diri kemudqain mengucapkan salam sesuai waktu misalnya “233071 Merdeka Catering selamat pagi “Maksud dari memperkenalkan diri ialah supaya penelepon langsung mengathui apa benar nomor yang dikehendakinya.
Penelepon sebelum menyampaikan maksudnya hendaknya menjawab ucapan salam misalnya “ PT sari Pangan” bagian marketing selamat pagi.
·      Penelepon
“Selamat pagi “ dapatkah saya berbicara dengan ibu Omas Maswati ?
Yang harus dilakukan oleh penerima telepon
1.      Mencatat
·      Nama penelepon
·      Nomor telepon / alamat
·      Untuk siapa pesan ditujukan
Pesan harus dicatat dengan cermat baik tanggal maupun waktunya.
2.      Mengulang pesan yang telah dicatat
3.      Penelepon jangan lupa mengucapkan terima kasih. Nada suara hendaknya mengandung keramahan dan nada ingin membantu.
LEMBAR  KERJA
Anda bekerja di toko Kue Merdeka 121 dan ditugaskan di bagian pemasaran dan pramuniaga toko. Seni menjual bagaimana yang anda terapkan ?
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Bagaimana cara anda menjawab telepon dari konsumen yang akan memesan kue



2.
Bagaimana cara memberikan perhatian yang wajar kepada tamu yang berkunjung ke toko kue anda



3.
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan penjualan





4.
Bagaimana cara mengahadapi pembeli






5.
Bagaimana mengadakan pendekatan kepada pembeli






2.    INDIKATOR PENCAPAIAN
Setelah peserta didik mempelajari ubit ini diharapkandapat :
1.    Mengetahui cara menerima telepon
2.    Menerangkan kembali cara memberikan perhatian yang wajar kepada tamu yang berkunjung ke toko.
3.    Menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan penjualan
4.    Memperagakan cara mengahdapi pembeli
5.    Menyebutkan cara mengadakan pendekatan kepada pembeli

3.    SELF ASSESMENT
Berilah nilai dengan skala  10  -  100
No
Indikator Pencapaian
Score
1.
Cara menjawab telepon

2.
Cara memberikan perhatian yang wajar kepada tamu

3.
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan penjualan

4.
Cara menghadapi pembeli

5.
Cara mengadakan pendekatan kepada pembeli

Jumlah







Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PENGELOLAAN USAHA JASA BOGA SENI MENJUAL"

Post a Comment