CONTOH RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN [RPK] LATIHAN PRAMUKA





              CONTOH RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN (RPK)
LATIHAN PRAMUKA


Satuan Pendidikan   SMP Merah Putih
Kelas/Semester       VII/1
Golongan               : Penggalang Ramu
Alokasi Waktu         2 x 40 menit

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU):  
1.    Menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang.
2.    Mengucapkan  Salam Pramuka,  Motto, dan menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
3.     Menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih.

A.  Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK):  
1.    Mengucapkan isi Dasa Dharma dan Tri Satya dengan hafal dan lancar.
  1. Mengucapkan salam Pramukadan motto Gerakan Pramuka.
  2. Menjelaskan maksud serta penggunaan salam.
  3. Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
  4. Menjelaskansejarah bendera kebangsaan Indonesia.
  5. Menjelaskan cara menggunakan bendera kebangsaan Indonesia.
  6. Menjelaskanmakna  kiasan warna merah putih pada bendera Indonesia.

B.  Indikator
1.     Mengucapkan isi Tri satya tanpa menggunakan teks (hafal).
2.     Menunjukkan contoh pengamalan isi Tri Satyadalam kehidupan sehari-hari.
3.     Mengucapkan isi Dasa Darma tanpa menggunakan teks (hafal).
4.     Menunjukkan contoh pengamalan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari.
5.     Mengucapkan salam pramuka.
6.     Menjelaskan motto Gerakan Pramuka.
7.     Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
8.     Menceritakan sejarah bendera Indonesia.
9.     Menjelaskan makna warna merah putih pada bendera Indonesia.
10.  Menjelaskan cara menggunakan bendera.

C.   Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan, kerja kelompok, dan praktik, peserta didik dapat:
1.     Menjelaskan isi Tri satya, Dasa Dharma, dan Pancasila
2.     Menunjukkan contoh pengamalan isi Tri Satya, Dasa Dharma, dan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Mengucapkan salam pramuka, motto Gerakan Pramuka, dan penggunaannya.
4.     Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.
5.     Menceritakan sejarah, makna warna bendera Indonesia, dan cara menggunakan bendera.

D.    Materi Ajar
1.  Pengenalan Kode Kehormatan Pramuka.
Kode Kehormatan adalah suatu norma atau nilai-nilai luhur dalam kehidupan para anggota Pramuka yang merupakan ukuran atau Standar tingkah laku anggota GerakanPramuka.
Kode kehormata digolongan penggalang ada 2, yaitu: Janji yang berupa Tri Satya dan ketentuan Moral (darma) berupa Dasa Darma.
2.  Contoh-contoh penerapan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari.
3.  Salam Pramuka, motto, lambing Gerakan Pramuka.
4.  Bendera Kebangsaan Indonesia:
a.   Sejarah bendera Indonesia
b.   Makna warna bendera
c.   Cara penggunaan bendera.

E.   Metode Pembelajaran
1.  Informasi
2.  Diskusi
3.  Game

D.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.      Upacara penggalang dan mengecek kehadiran, serta kesiapan peserta didik untuk mengikuti latihan.
b.     Menyampaikan tujuan kegiatan latihan pada pertemuan hari itu.
2.   Kegiatan inti (Waktu: 50 menit)
a.      Peserta didik membaca teks Tri Satya dan Dasa Dharma.
b.     Melakukan tanya jawab tentang makna isi dari Tri Satya dan Dasa Dharma, contoh-contoh pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari.
c.      Membentuk kelompok yang terdiri atas 10 orang anggota.
d.     Setiap anggota memilih  nomor dari Tri Satya dan Dasa Dharma untuk dihafal selama 10 menit.
e.      Meminta setiap regu berbaris dengan ketua regu di depan barisan, dan diberi garis start. Jika pembina membunyikan peluit maka anggota regu yang berada di paling depan berlari menuju garis finish dan mengucapkan isi dasa darma yang pertama kemudian kembali ke barisannya, langsung disusul barisan yang menempati urut kedua mengucapkan isi Dasa dharma yang kedua, dan seterusnya. Regu yang paling cepat selesai dan tidak salah dalam pengucapan akan memenangkan lomba.
f.       Melakukan hal yang sama (lomba menghafal) untuk kode kehormatan Tri Satya.
g.     Peserta didik mendengarkan kalimat salam pramuka, dan motto Gerakan Pramuka.
h.     Tanya jawab tenatang makna dan penggunaan salam.
i.       Peserta didik secara berpasangan bergantian mengucapkan salam dan motto Gerakan Pramuka. Pengucapan secara bergantian dilakukan berulang-ulang hingga hafal.
j.       Peserta didik  secara berkelompok diminta mengamati lambang Gerakan Pramuka,
k.      Mendiskusikan makna kiasan lambang dan menuliskannya di bawah gambar lambang Gerakan Pramuka.
l.       Peserta didik menempelkan gambar lambang dan hasil rumusan makna kiasan lambang Gerakan Pramuka di dinding kelas atau di tempat yang dapat dipajangkan hasil kerja mereka.
m.    Meminta peserta didik mengamati bendera merah putih, kemudian membaca teks tentang sejarah bendera kebangsaan Indonesia.
n.     Diskusi tentang makna warna merah putih dan sejarah bendera dan menemukan nilai-nilai di balik sejarah tersebut.
o.     Peserta didik difasilitasi pembina untuk mempraktikkan cara penggunaan bendera merah putih, antara lain cara penggunaan dalam memasang, melepas, dan menyimpan bendera.
p.     Pembina mengklarifikasi aktifitas siswa dan memberi penguatan.

3. Kegiatan Penutup (Waktu : 15 menit)
a.  Pembina dan peserta didik menyimpulkan materi latihan hari itu.
b.  Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang renungan/refleksi manfaat  yang telah diperoleh pada kegiatan latihan hari itu.
c.   Pembina melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan secara lisan, yaitu mengucapkan Ttri Satya dan Dasa Dharma tanpa bantuan teks.
d.  Menugaskan peserta didik untuk menulisTri satya dan Dasa darmapada selembar kertas dan ditempel di dinding kamar untuk mengingatkan.
e.  Pembina memberi  pesan moral untuk tetap menjunjung tinggi kode etik Penggalang.
f.   Upacara penutupan.

E.     Sumber Belajar
1.    Buku Saku Pramuka
2.    Lingkungan/lapangan
3.    Pluit.
4.    Teks Dasa Dharma dan Tri Satya.
5.    Gambar lambang Gerakan pramuka.
6.    Bendera merah putih.
7.    Teks sejarah bendera merah putih.

F.   Penilaian
Penilaian sikap selama proses latihan
Penilaian Kinerja
Tes Uraian


Menyetujui :                                                  Nabire, ..............2014
Ka. MABIGUS                                                 Pembina Gugus Depan



___________                                             _____________






























Lampiran
1.  Penilaian Sikap.
Rubrik  Penilaian Sikap
No.
Nama Peserta didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Kedisiplinan
Keaktifan
Kerjasama
























Keterangan:          

Aspek Kedisiplinan
Skor    3 =  mengerjakan tugas sesuai prosedur dan tepat waktu
          2  =  mengerjakan tugas sesuai prosedur/tepat waktu
          1  =  tidak mengerjakan tugas sesuai prosedur dan tidak tepat waktu     
Aspek  Keaktifan
Skor    3   =     melakukan pengamatan, pencatatan dan  urun pendapat/solusi   
          2   =     melakukan pengamatan/pencatatan/urun pendapat atau solusi  
1   = tidak melakukan pengamatan, pencatatan dan tidak urun pendapat/solusi

Aspek Kerjasama:                                                  
Skor    3 =melakukan pengamatan, pencatatan dan penyelesaian tugas secara bersama
          2=melakukan pengamatan/pencatatan/penyelesaian tugas secara bersama
Predikat Nilai
Nilai
Predikat
4
SB
3.66
3.33
B
3
2.66
2.33
C
2
1.66
1.33
K
1

          1=melakukan pengamatan/pencatatan/penyelesaian tugas secara individual

Skor Maksimum  adalah 3 x 3 = 9





2.  Penilaian Kinerja

Rubrik Penilaian Kinerja Mengucapkan Kode Etik Penggalang

No.
Nama Peserta didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ketepatan isi Dasa Dharma
Ketepatan isi Tri Satya
Keberanian
Nada dan suara


























Keterangan:               
Ketepatan Isi Dasa Dharma
Skor 3 =Mengucapkan seluruh isi Dasa Dharma dengan benar
         2=Mengucapkan sebagian lebih isi Dasa Dharma
         1=Mengucapkan kurang dari separuh isi Dasa Dharma.

Ketepatan Isi Tri Satya
Skor 3 =Mengucapkan seluruh isi Tri Satya dengan benar
         2=Mengucapkan dua  isi Tri Satya
         1=Mengucapkan satu atau saalah semu dari separuh isi Tri Satya

Keberanian:                                                   
Skor  3 =Berani menatap teman dan percaya diri
               2 =Berani menatap teman tetapi kurang percaya diri
               1 =Tidak berani menatap teman dan tidak percaya diri

Nada dan suara                                             
Skor  3    =Jelas, tegas, dan keras
               2 =Jelas, tegas, tetapi suara kurang keras/lemah             
               1 =Kurang jelas, tidak tegas, dan suara lemah

Predikat Nilai
Nilai
Predikat
4
A
3.66
A-
3.33
B+
3
B
2.66
B-
2.33
C+
2
C
1.66
C-
1.33
D+
1
D

 
Skor Maksimum  adalah 3 x 4 = 12




3.  Tes lisan:
Ucapkan isi Dasa Dharma tanpa bantuan teks! (skor 10)
Ucapkan isi Tri Satya tanpa bantuan teks. (Skor 3)

Predikat Nilai
Nilai
Predikat
4
A
3.66
A-
3.33
B+
3
B
2.66
B-
2.33
C+
2
C
1.66
C-
1.33
D+
1
D

Skor Maksimum  adalah 13










Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CONTOH RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN [RPK] LATIHAN PRAMUKA"

Post a Comment